web analytics
  

Nakes Covid-19 Tasikmalaya Diberi Fasilitas Tinggal di Hotel

Kamis, 11 Februari 2021 05:05 WIB Heru Rukanda
Umum - Regional, Nakes Covid-19 Tasikmalaya Diberi Fasilitas Tinggal di Hotel, Hotel tinggal Nakes Tasikmalaya,Covid-19 Tasikmalaya,Berita Tasikmalaya,Hotel isolasi Covid-19 Tasikmalaya,Tasikmalaya,COVID-19

Penyerahan kunci kamar hotel untuk tempat istirahat para tenaga kesehatan yang bertugas di ruang isolasi tersentralistik dari pihak Pemprov Jabar kepada Plt Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf (tengah) di hotel Harmoni, Rabu (10/2/2021). (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Para tenaga kesehatan (nakes) di Kota Tasikmalaya yang merawat pasien-pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di ruang isolasi tersentralistik, mendapat perhatian dari Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Nakes yang sebelumnya tinggal di lingkungan tempat isolasi tersentralistik, kini tinggal di hotel yang sudah disewa oleh pemerintah. Sewa hotel untuk tempat istirahat nakes ini ditandai dengan penyerahan kunci kamar dari pihak Pemprov Jabar kepada Plt Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf.

Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan adanya perhatian dari Provinsi Jabar yang membantu untuk memfasilitasi tempat tinggal untuk para nakes.

"Memang kita juga sangat kesulitan dalam penempatan nakes. Alhamdulillah sekarang difasilitasi oleh Provinsi Jabar untuk tinggal di hotel Harmoni," ujar Yusuf, Rabu (10/2/2021).

Menurutnya, dari dulu memang sudah ada pemikiran agar nakes ini tidak ditempatkan pada satu lokasi dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Wacana itu sudah muncul tapi terbentur dengan keterbatasan biaya.

"Alhamdulillah sekarang Pak Gubernur memberikan peluang untuk 3 bulan ke depan. Namun, kalau kasus Covid-19 tidak mereda mungkin ditambah lagi waktu sewanya," ucapnya.

Ia menuturkan, setidaknya ada 50 kamar yang disediakan untuk para nakes dengan jumlah 100 orang nakes. Semuanya difasilitasi pihak provinsi dan Kota Tasikmalaya hanya sebagai penerima manfaat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada gubernur yang telah membantu dalam penyediaan tempat penginapan untuk tempat tinggal para nakes yang merawat pasien Covid-19 di tempat isolasi tersentralistik. Mudah-mudahan kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya tidak terus bertambah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (kadis) Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, para nakes yang akan tinggal di Hotel Harmoni ini adalah para dokter, perawat dan nakes lainnya dari beberapa tempat ruang isolasi atau karantina tersentralistik ysng yang disiakan pemerintah.

"Jadi nakes yang ditampung di sini itu 100 orang. Ada yang bertugas di RSUD, ruang isolasi di Hotel Crown, dan ruang isolasi lainnya," ujar Uus.

Ia menyebut, sejauh ini memang tidak semua nakes dapat terakomodir dan difasilitasi. Sekira 40% sampai 50% nakes tinggal masih menyatu di lingkungan karantina.

"Kondisi kesehatan nakes harus dijaga karena mereka bertugas di tempat yang penuh risiko terpapar. Ini menjadi perhatian kita," ucapnya.

Manajer Hotel Harmoni Ady Sukma Nugraga mengatakan, dari total 70 kamar hanya 50 kamar yang disewa oleh Pemerintah Jabar. Kamar-kamar yang dipersiapkan ada di lantai satu dan 2.

Pihaknya sengaja memisahkan untuk menjaga ke khawatiran orang umum yang menginap di hotel.

"Kita pisahkan lantai kamarnya dengan umum karena memang kita juga tidak mau mengambil risiko kalau berbaur. Namun, pihaknya percaya jika nakes yang akan menginap sudah steril dan bersih karena dilakukan sterilisasi oleh pihak dinas kesehatan," ujar Ady.

Ia menambahkan, pihaknya juga memprioritaskan protokol kesehatan dengan menyiapkan alat pengukur suhu tubuh, dan saat masuk hotel pun alas kaki para nakes disterilkan dengan disinfektan.

"Kesediaan kami menjadi tempat menginap para nakes ini sebagai dukungan dan membantu pemerintah penanganan Covid-19. Mereka kan garda terdepan," tuturnya.

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

Sepi Peziarah, Omzet Tukang Bunga Tabur Merosot Jelang Ramadan

Regional Minggu, 11 April 2021 | 12:58 WIB

Sepinya peziarah karena banyak orang yang takut beraktivitas ke luar rumah di tengah wabah virus corona.

Umum - Regional, Sepi Peziarah, Omzet Tukang Bunga Tabur Merosot Jelang Ramadan, Omzet Tukang Bunga Tabur,wabah covid-19,tradisi keagamaan,hukum ziarah kubur jelang ramadan,pedagang bunga musiman,peziarah,penjual bunga musiman,Wabah Virus Corona

2 Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil dan Satu Motor di Jalan Bantarsari Kota...

Regional Sabtu, 10 April 2021 | 19:35 WIB

2 Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil dan Satu Motor di Jalan Bantarsari Kota Tasikmalaya

Umum - Regional, 2 Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil dan Satu Motor di Jalan Bantarsari Kota Tasikmalaya, angin kencang Tasikmalaya,hujan lebat tasikmalaya,Pohon Tumbang,Pohon Tumbang Timpa Mobil

Anggota Polisi Polres Purwakarta Sukses Geluti Usaha Ayam Petelur. Om...

Regional Sabtu, 10 April 2021 | 15:02 WIB

Ia mengaku memulai terjun ke dalam usaha ayam petelur sejak 2017 dengan modal awal sebesar Rp15 Juta.

Umum - Regional, Anggota Polisi Polres Purwakarta Sukses Geluti Usaha Ayam Petelur.  Omzetnya 10 juta per Bulan, anggota polisi sukses bisnis ayam petelur,bisnis ayam petelur,Lili Abdulah

Kondisi Terminal Cineam Tasik Memprihatinkan

Regional Sabtu, 10 April 2021 | 14:45 WIB

Padahal, dari terminal ini, berangkat angkutan umum jenis bus jurusan Tasikmalaya-Cineam.

Umum - Regional, Kondisi Terminal Cineam Tasik Memprihatinkan, Terminal Cineam,Terminal cineam tasik memprihatinkan,kondisi terminal cineam,kondisi terminal cineam memprihatinkan

Warga Lansia Purwakarta Mulai Divaksin

Regional Sabtu, 10 April 2021 | 14:27 WIB

Vaksin yang digunakan untuk lansia ialah sinovac dan baru diterima pada 8 April.

Umum - Regional, Warga Lansia Purwakarta Mulai Divaksin, vaksinasi lansia di purwakarta,pemkab purwakarta gelar vaksinasi lansia,Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

Tim Gabungan Satpol PP Purwakarta Sita Miras di Dalam Kafe

Regional Sabtu, 10 April 2021 | 13:47 WIB

Menjelang bulan suci Ramadan tim gabungan terdiri dari Satpol PP, Polres Purwakarta dan TNI melakukan razia minuman kera...

Umum - Regional, Tim Gabungan Satpol PP Purwakarta Sita Miras di Dalam Kafe, razia miras purwakarta,razia miras jelang ramadan,razia miras di kafe purwakarta

Larang Mudik, Ridwan Kamil Ingatkan Kenaikan Kasus Tahun Lalu

Regional Sabtu, 10 April 2021 | 12:04 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, pihaknya sejalan dengan pemerintah pusat dalam urusan larangan mudik.

Umum - Regional, Larang Mudik, Ridwan Kamil Ingatkan Kenaikan Kasus Tahun Lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Larangan Mudik 2021,mudik dilarang,Kenaikan Kasus Covid-19

Munggahan ke Tempat Wisata, Ini Tempatnya

Regional Sabtu, 10 April 2021 | 11:55 WIB

Jika anda mempunyai rencana munggahan bersama keluarga ke tempat wisata sebelum masuknya bulan Ramadhan, di Kabupaten Ta...

Umum - Regional, Munggahan ke Tempat Wisata, Ini Tempatnya, Munggahan ke Tempat Wisata,Munggahan Ramadan,Wisata Tasikmalaya

artikel terkait

dewanpers