web analytics
  

Waspada! Potensi Penipuan Lewat Aplikasi TikTok Cash

Senin, 1 Februari 2021 16:37 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bisnis - Finansial, Waspada! Potensi Penipuan Lewat Aplikasi TikTok Cash, Tiktok Indonesia,TikTok,Konten Tiktok,kreator TikTok,Aplikasi TikTok Cash,Layanan Aplikasi TikTok Cash,Uang Aplikasi TikTok Cash,pengguna TikTok Cash,Klarifikasi TikTok,skema ponzi TikTok Cash,TikTok Cash Penipuan

Logo TikTok [Ilustrasi] (AP)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Masifnya pertumbuhan pengguna TikTok dari tahun ke tahun menimbulkan pertanyaan apakah para kreator konten aktif dapat melakukan monetisasi pada kanal maupun konten video pendek buatannya. Sebagai informasi, monetisasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menjadikan kanal atau konten sebagai sumber penghasilan.

Dikutip dari Republika.co.id, Head of Communications TikTok Indonesia Chatrine Siswoyo beberapa waktu lalu mengatakan, TikTok tidak seperti platform lain yang menyediakan layanan seperti AdSense dan sejenisnya. Namun, tentu tak menutup kemungkinan bagi kreator untuk mendapatkan deals tertentu dengan sebuah produk atau merek dan Tiktok pun dapat menghubungkan antara kedua belah pihak.

"TikTok itu iklannya tidak nempel di video kreator. Iklan itu berdiri sendiri. Kreator langsung kerja sama dengan brand," kata Cathrine.

Andaikan ada jenama yang ingin kerja sama kreator TikTok, menurut Cathrine, pihaknya akan membantu menyambungkan. Dengan begitu, kedua belah pihak dapat berhubungan langsung.

Meskipun TikTok tidak dibangun secara khusus untuk monetisasi dan menyediakan aliran pendapatan bagi para kreator, aplikasi ini sangat ramah komersial dan mendorong penggunanya secara kreatif menggunakan platform tersebut. Dikutip dari Daily Mail UK, James Whatley dari Digitas UK mengatakan bahwa cara tercepat untuk mempromosikan sebuah produk dengan cepat adalah melalui aplikasi video pendek ini.

Menyadari hal ini, TikTok pun meluncurkan TikTok For Business beberapa waktu lalu yang dapat digunakan pelaku bisnis kecil (UMKM) hingga besar untuk mempromosikan produknya melalui program "Back to Business".

"Pekan lalu kami meluncurkan self-serve platform untuk UMKM guna mempromosikan brand-nya di TikTok, mengingat di masa pandemi ini yang paling terdampak adalah UMKM," kata Chatrine.

Cathrine menyebut, sudah banyak pelaku bisnis UMKM yang masuk ke TikTok. Ia berharap, Back to Business TikTok menjadi cara mendukung UMKM untuk menggunakan self platformnya dengan baik.

TikTok Jadi Aplikasi Paling Populer di 2020
Data Agustus 2020, TikTok jadi aplikasi non-game yang paling banyak diunduh di seluruh dunia dengan Indonesia sebagai pengunduh paling banyak selama periode tersebut.

Indonesia mengambil 11% dari total unduhan TikTok di seluruh dunia, dan Brasil berada di posisi kedua dengan 9% dari total unduhan, menurut data dari Sensor Tower, dikutip Selasa.

Total unduhan TikTok berjumlah lebih dari 63,3 juta penginstalan, yang merupakan peningkatan 1,6% dari Agustus 2019. Sementara itu, aplikasi konferensi video Zoom menjadi aplikasi non-game kedua yang paling banyak diinstal di seluruh dunia pada bulan lalu dengan lebih dari 52,2 juta unduhan.

Angka tersebut merupakan 22,2 kali kelipatan jumlah unduhan dibandingkan Agustus 2019. Negara dengan jumlah unduhan Zoom terbesar adalah India dengan 25%, diikuti oleh Amerika Serikat dengan 19,5%. 

Muncul Aplikasi TikTok Cash, Apa Itu?
Di tengah dunia internet memang sangat mempermudah segalanya termasuk mendapatkan uang dengan mudah. Banyak layanan yang menawarkan pekerjaan mudah yang dibayar dengan uang, tapi untuk benar-benar mendapatkannya kita harus teliti apa yang ditawarkan layanan tersebut. Belakangan ini beredar Aplikasi Tiktok Cash Apk yang sedang ramai dibicarakan.

Sekadar informasi, TikTok Cash adalah aplikasi dan website yang menklaim dirinya dapat menghasilkan uang dengan mudah. Dalam laman www.tiktokecash.com, dimuat informasi tentang TikTok Cash. Aplikai ini diklaim merupakan platform streamliner video pendek yang terbesar di dunia-TikTok.

Konon untuk mendapatkan uang melalui TikTok Cash, pengguna harus menjalankan beragam tugas yang disediakan perharinya. Tugas yang diberikan meliputi follow, subscribe, Like dan kemudian Screenshoot hasil tugas untuk mendapatkan uang tersebut. Memang terlihat tidak ada yang mencurigakan. Tentu saja dengan tugas yang sangat mudah tersebut, banyak yang tergiur untuk terus mengerjakan tugas karena memang imbalannya terbilang cukup besar.
  
"Rayakan peningkatan level 1000 anggota setiap hari, seribu hadiah cashback akan diberi! Tempat terbatas, siapa cepat dia dapat! Mulai hari ini, level KARYAWAN yang ditingkatkan ke level PEMIMPIN GRUP, akan dapat 150.000rp cashback segera!
Waktu event 7 hari, hanya 1000 tempat yang dibuka setiap hari! Tanggal Acara: 29 Jan 2021 - 4 Feb 2021," demikian notifikasi yang muncul dari laman www.tiktokecash.com.

Klarifikasi TikTok
Sementara itu, Tiktok melakukan klarifikasi bahwa pihaknya tidak terkait dengan situs web yang menggunakan nama serupa dan meminta uang dengan pelanggan seperti Tiktok e Cash.

"Baru-baru ini, kami mengetahui bahwa ada situs web yang menggunakan nama Tiktok dan meminta uang dari pengguna. Situs web, mitra, dan aktivitas ini sama sekali TIDAK terafiliasi dengan TikTok . Kami tidak akan dan tidak pernah meminta uang dari Anda. Kami mohon untuk berhati-hati terhadap situs ini," demikian bunyi pernyataan TikTok lewat akun Instagram resminya, @tiktokofficialindonesia.

"TikTok berkomitmen untuk melindungi keamanan seluruh pengguna di komunitas kami," tegas pernyataan itersebut.

Sebelumnya, sempat ramai soal situs TikTok Cash yang menawarkan keuntungan uang tunai bagi pengguna. Namun, syaratnya pengguna mesti membayar terlebih dulu biaya keanggotaan sebelum bisa mulai menghasilkan keuntungan. Biaya keanggotaan TikTok Cash ini beragam, mulai dari Rp499.000 hingga jutaan rupiah. Beberapa penguna mengaku uang Rp500 ribu itu bertambah jadi Rp1 juta dalam tiga hari.

Makin tinggi biaya keanggotaan, mereka menjanjikan keuntungan yang makin besar. Keuntungan didapat dengan mengerjakan pekerjaan mudah seperti menonton video dan memberikan like. Bahkan, saat mendaftar pengguna diminta untuk memasukkan nomor telepon dan kode referal dari pengguna sebelumnya.

Sebagian netizen pun ramai mendiskusikan kalau cara ini adalah skema ponzi. Lewat skema ini, mereka yang menjadi upline mendapat keuntungan dari member yang mereka rekrut kemudian. Namun, orang yang terakhir ikut akan menderita kerugian ketika tak ada lagi orang baru yang ikut cara ini.

"Inget ya teman2 sebenernya itu money game/skema ponzi. Jadi yg udah daftar duluan untung, yg ikutan di akhir buntung,"tulis akun @dikatrana.

"Untung banget blm gabung ke tiktokcash," timpal akun @umitasari16.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

terbaru

Kapan THR PNS Cair?

Finansial Selasa, 20 April 2021 | 07:00 WIB

Untuk THR PNS, TNI/Polri, pemerintah bakal mencairkannya pada H-10 Hari Raya Idulfitri tahun ini.

Bisnis - Finansial, Kapan THR PNS Cair? , Tunjangan Hari Raya (THR),THR PNS,THR ASN,Besaran THR Lebaran 2021,Airlangga Hartarto

Kang Yana Dukung KPP Cibeunying Wujudkan ZI-WBK

Finansial Senin, 19 April 2021 | 18:44 WIB

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memberikan dukungannya terkait pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dar...

Bisnis - Finansial, Kang Yana Dukung KPP Cibeunying Wujudkan ZI-WBK, KPP Cibeunying,Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,ZI-WBK

Begini Cara Menghitung THR Pekerja Harian

Finansial Senin, 19 April 2021 | 12:02 WIB

Hari Raya Idulfitri 1442 H tinggal menghitung beberapa minggu lagi. Para pekerja yang sudah bekerja lebih dari 1 bulan...

Bisnis - Finansial, Begini Cara Menghitung THR Pekerja Harian, Cara Menghitung THR Pekerja,Cara Menghitung THR,Cara Menghitung THR Pekerja Harian,Menghitung THR Pekerja Harian,Besaran THR Pekerja Harian,THR Pekerja Harian,THR,Pekerja harian

Harga Emas Antam Bandung Akhir Pekan Ini Rp937.000 per Gram

Finansial Minggu, 18 April 2021 | 11:30 WIB

Harga emas Antam tersebut berlaku di Butik Emas Logam Mulia Antam di Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bandung.

Bisnis - Finansial, Harga Emas Antam Bandung Akhir Pekan Ini Rp937.000 per Gram, Harga emas Antam,Harga emas Antam hari ini,Harga Emas Hari ini,Harga emas Antam Bandung,Emas

Bersama Haji Geyot, bank bjb Kampanyekan Pencegahan Penyebaran Covid-1...

Finansial Sabtu, 17 April 2021 | 15:59 WIB

Pemerintah secara berkesinambungan terus melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui berbagai cara. Baik yang sifat...

Bisnis - Finansial, Bersama Haji Geyot, bank bjb Kampanyekan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Pentingnya Vaksinasi, bank bjb,Vaksinasi Covid-19,Vaksin Covid-19

bank bjb Cabang Cibinong Gelar Webinar “Strategi Berbisnis Online Ala...

Finansial Jumat, 16 April 2021 | 19:29 WIB

bank bjb Cabang Cibinong menggelar webinar bertajuk “Strategi Berbisnis Online Ala Artis Bersama bank bjb”, Rabu 14 Apr...

Bisnis - Finansial, bank bjb Cabang Cibinong Gelar Webinar “Strategi Berbisnis Online Ala Artis Bersama bank bjb”, bank bjb,bank bjb Cabang Cibinong,Strategi Berbisnis Online Ala Artis

Bank BTN Biayai Rumah Prajurit TNI AD

Finansial Jumat, 16 April 2021 | 17:39 WIB

Selain dukungan itu, BTN juga akan melayani kebutuhan perbankan one stop solution bagi TNI AD

Bisnis - Finansial, Bank BTN Biayai Rumah Prajurit TNI AD, Bank BTN,TNI AD

bank bjb Cabang Cianjur Gelar Webinar “BUMDes Sehat Menuju Desa Mandir...

Finansial Jumat, 16 April 2021 | 13:48 WIB

Acara bertajuk “BUMDes Sehat Menuju Desa Mandiri Bersama bank bjb” tersebut berlangsung di ruang Gede Pangrango, aula ka...

Bisnis - Finansial, bank bjb Cabang Cianjur Gelar Webinar “BUMDes Sehat Menuju Desa Mandiri Bersama Bank bjb”, webinar bank bjb,Plt Bupati Cianjur Herman Suherman,bank bjb Cabang Cianjur,Pimpinan Cabang bank bjb Kabupaten Cianjur Erry Rinaldi,BUMDes Cianjur

artikel terkait

dewanpers