web analytics
  

Investasi di Jabar Rp120,4 Triliun, BKPM Puji Ridwan Kamil

Selasa, 26 Januari 2021 21:37 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Investasi di Jabar Rp120,4 Triliun, BKPM Puji Ridwan Kamil, Investasi di Jabar,Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM),Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 secara daring di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (26/1/2021). (Dok Humas Pemprov Jabar)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Provinsi Jawa Barat masih menjadi nomor satu dalam realisasi investasi sepanjang tahun 2020, yakni sebesar Rp120,4 triliun. Secara nasional, realisasi nilai investasi di Indonesia sendiri mencapai Rp826,2 triliun.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, capaian investasi Jabar harus dicontoh oleh provinsi lain.

"Investasi Jabar terbanyak, provinsi lain perlu belajar dari Kang Emil. Apakah karena ada infrastruktur pendukung seperti Pelabuhan Patimban atau apa, sehingga menarik datangnya investor ke Jabar," ucapnya dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 secara daring, Selasa (26/1/2021).

Ia mengatakan pertumbuhan ekonomi sangat bergantung pada investasi dan konsumsi. Saat ini investasi memberikan andil sebesar 30 persen sementara konsumsi sebesar 57 persen, bagi pertumbuhan ekonomi.

Namun demikian investasi akan menjadi pintu masuk untuk peningkatan konsumsi yang masif. Jabar menjadi provinsi dengan nilai investasi terbanyak secara nasional telah memberikan andil bagi pertumbuhan ekonomi.

"Jika ada investasi maka akan ada penyerapan tenaga kerja, memberikan  penghasilan dan kepastian pendapatan, sehingga konsumsi masyarakat meningkat," katanya.

Karena tidak bisa hanya mengandalkan dari lapangan pekerjaan yang disediakan oleh negara, menjadi PNS atau pegawai BUMN, maka perlu peran swasta melalui investasi.

Ia menyebutkan target investasi pada 2020 telah mencapai target. Dari perubahan target menjadi Rp817,2 triliun, BKPM mendapat Rp826,2 triliun atau 101,1 persen dari target.

Berdasarkan catatan BKPM, pada kuartal I/2020 capaian PMA (Penanaman Modal Asing) sebesar Rp98 triliun dan PMDN (Dalam Negeri) Rp112,7 triliun. Kuartal II perolehan PMA dan PMDN turun. Asing Rp97,6 triliun dan dalam negeri Rp94,3 triliun.
 
Lalu periode selanjutnya saat pemerintah mulai mengurangi pembatasan sosial, realisasi naik. PMA lebih tinggi dari PMDN yaitu Rp106,1 triliun dan Rp102,9 triliun.

Kuartal akhir tahun ketika UU Cipta Kerja disahkan dan kepastian adanya vaksin kembali membuat PMA lebih tinggi dari PMDN. Besaran modal asing Rp111,1 triliun dan dalam negeri Rp103,6 triliun.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan ada sejumlah alasan investor yang membuat mereka tertarik untuk berinvestasi di Jabar.

Menurut Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil, investor menganggap infrastuktur di Jabar sangat mendukung terhadap rencana investasi, di mana diakui investor, jika infrastruktur Jabar lebih baik dari provinsi lain.

"Pembangunan Patimban itu viral diantara para pengusaha dunia sehingga banyak yang tertarik masuk Jabar. Ada 13 kota industri baru yang menarik bagi investor di kawasan Rebana," ujarnya.

Hal lain adalah tingkat produktivitas pekerja Jabar jauh lebih tinggi dibandingkan daerah lain. Bahkan pengusaha yang memindahkan perusahaannya ke luar Jabar banyak yang balik lagi.

"Isu upah tidak terlalu menjadi masalah, tetapi produktifitas pekerja lebih penting, " jelasnya.

Ia juga menegaskan tidak membatasi investor dari negara tertentu saja. Semua bisa datang untuk berinvestasi sehingga tidak akan ada negara atau investor yang paling dominan di Jabar.

Investor yang datang juga wajib berkomitmen  untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang. Ia juga tak segan memberikan akses komunikasi secara langsung bagi para investor.

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Yana Ajak Warga Bandung Bentuk Herd Immunity dengan Vaksin

Bandung Jumat, 26 Februari 2021 | 13:32 WIB

Ia menegaskan, vaksin bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga untuk melindungi semua orang.

Bandung Raya - Bandung, Yana Ajak Warga Bandung Bentuk Herd Immunity dengan Vaksin, Vaksinasi Covid-19 Kota Bandung,covid bandung,Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,Herd Immunity

Pemkot Bandung Akan Coba Terapkan Teknologi Pyrolisis

Bandung Jumat, 26 Februari 2021 | 13:02 WIB

Kota berjuluk satria itu memadukan pengelolaan sampah dari mulai pemilahan, pencacahan, hingga menghabisi residunya deng...

Bandung Raya - Bandung, Pemkot Bandung Akan Coba Terapkan Teknologi Pyrolisis, Wali Kota Bandung Oded M. Danial,pola pengelolaan sampah ala Kabupaten Banyumas,metode pyrolisis,Teknologi pyrolisis,Tempat Pengolahan Sampah di Banyumas

Bunuh Majikan, ART di Buahbatu Kesal Sering Dibanding-bandingkan

Bandung Jumat, 26 Februari 2021 | 11:54 WIB

Ratna diketahui membunuh Dewi yang merupakan seorang lansia di Komplek Buana Cigi, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbat...

Bandung Raya - Bandung, Bunuh Majikan, ART di Buahbatu Kesal Sering Dibanding-bandingkan, Pembunuhan lansia,Pembunuhan lansia Buahbatu,Lansia dibunuh Bandung,pembunuhan Bandung,kompleks buana cigi

ART Bunuh Majikannya, Merekayasa Seakan Terjadi Perampokan

Bandung Jumat, 26 Februari 2021 | 11:52 WIB

Ternyata Dewi Romlah (80) tewas dibunuh oleh Asisten Rumah Tangga-nya (ART) sendiri, bernama Ratna (22).

Bandung Raya - Bandung, ART Bunuh Majikannya, Merekayasa Seakan Terjadi Perampokan, Pembunuhan,Lansia,Bandung,ART

ART Bunuh Lansia yang Juga Majikannya di Buahbatu

Bandung Jumat, 26 Februari 2021 | 11:22 WIB

Dalam kasus ini, ternyata Dewi tewas dibunuh oleh Asisten Rumah Tangganya (ART) sendiri, bernama Ratna (22).

Bandung Raya - Bandung, ART Bunuh Lansia yang Juga Majikannya di Buahbatu, pembunuhan Buahbatu,Pembunuhan lansia Buahbatu,berita pembunuhan bandung,pembunuhan Bandung,Lansia dibunuh Bandung

Wilayah Pemadaman Listrik Bandung 26 Februari 2021

Bandung Jumat, 26 Februari 2021 | 09:23 WIB

PLN Distribusi Jawa Barat dalam keterangan resminya mengatakan, pemadaman dilakukan dalam rangka menjaga dan meningkatka...

Bandung Raya - Bandung, Wilayah Pemadaman Listrik Bandung 26 Februari 2021, Pemadaman listrik Bandung,Info pemadaman listrik Bandung,Mati listrik Bandung,jadwal pemadaman listrik Bandung,PLN Bandung,Jadwal Pemadaman listrik PLN Bandung,pemadaman listrik Kota Bandung

Lokasi SIM Keliling Polrestabes Bandung 26 Februari 2021

Bandung Jumat, 26 Februari 2021 | 05:32 WIB

Mobil SIM keliling pertama ada di ITC Kebon Kalapa, Jalan Pungkur. Sedangkan mobil SIM keliling kedua berada di Lucky Sq...

Bandung Raya - Bandung, Lokasi SIM Keliling Polrestabes Bandung 26 Februari 2021, SIM Bandung,perpanjangan sim bandung,Syarat permohonan SIM Bandung,Cara Buat SIM Bandung,SIM Keliling Bandung,Jadwal SIM Keliling Bandung,SIM Online Polrestabes Bandung,SIM Online Keliling Bandung,Lokasi SIM online Bandung

Waktu Imsak-Salat Bandung dan Sekitarnya 26 Februari 2021

Bandung Jumat, 26 Februari 2021 | 04:01 WIB

Waktu Imsak-Salat Bandung dan Sekitarnya 26 Februari 2021

Bandung Raya - Bandung, Waktu Imsak-Salat Bandung dan Sekitarnya 26 Februari 2021, Jadwal Salat Bandung,Waktu salat Bandung,Salat Bandung,jadwal Salat Bandung hari ini,Waktu salat Bandung dan sekitarnya hari ini

artikel terkait

dewanpers