web analytics
  

Syarat Dapat BLT UMKM 2021, Cek Informasi di eform.bri.co.id

Senin, 25 Januari 2021 16:42 WIB A. Dadan Muhanda
Umum - Nasional, Syarat Dapat BLT UMKM 2021, Cek Informasi di eform.bri.co.id, eform.bri.co.id,blt umkm 2021,BLT UMKM,bantuan langsung tunai,syarat blt umkm 2021,Syarat BLT UMKM,pencairan blt 2021,blt 2021

Ilustrasi--BLT UMKM 2021 (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bagi UMKM sebesar Rp2,4 juta untuk 12 juta pelaku usaha.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, program bantuan ini rencananya bakal dilanjutkan di tahun ini.

Oleh sebab itu, Teten telah mengirim surat kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani terkait usulan dilanjutkannya program Banpres Produktif.

"Per tanggal 14 Desember 2020 kemarin, kami telah berkirim surat dengan Kemenkeu untuk mengusulkan lanjutan program Banpres Produktif. Kami mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 28,8 triliun dan menargetkan 12 juta pelaku UMKM yang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta per usaha mikro," ujar Teten dalam Rapat Kerja Kemenkop UKM dengan Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Kamis (21/1/2021) lalu.

Menurut Teten, apabila pengajuan ini diterima oleh Kemenkeu dan bisa direalisasikan segera, pihaknya akan memprioritaskan penerima BLT dari aspek pemerataan antardaerah dan yang belum menerima bantuan.

Apalagi pada periode pencairan sebelumnya, diakui Teten, masih banyak UMKM yang belum mendapatkan BLT sebesar Rp 2,4 juta. Padahal hingga saat ini sudah ada sebanyak 28 juta UMKM yang mengajukan diri untuk menerima BLT.

Sambil menunggu pencairan BLT UMKM ada baiknya simak informasi pendaftaran dan persyaratan memperoleh bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

Memeriksa dan memastikan data Anda masuk dalam daftar penerima BLT untuk UMKM penting karena sebelumnya Anda sudah melakukan pemenuhan syarat yang diperlukan. Syarat ini kemudian akan diteliti dan menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan penerima BLT yang dimaksud.

Nah, data tersebut kini sudah dapat Anda ketahui dengan memeriksanya secara online. Nantinya berbekal data tersebut Anda bisa melakukan konfirmasi pada bank yang Anda gunakan, dan juga telah bekerja sama dengan pemerintah. Bank yang turut dalam program penyaluran ini antara lain PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) dan juga Bank Syariah Mandiri (BSM).

Cara Cek Penerima BLT UMKM 2021

Untuk Anda yang menggunakan jasa layanan dari Bank Rakyat Indonesia, Anda bisa memeriksanya secara langsung dengan mengunjungi eform.bri.id/bpum. Ketika Anda lolos proses seleksi Anda juga akan menerima pesan singkat atau SMS dari petugas bank tersebut.

Pengecekan pada layanan online bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini.

Lakukan login ke eform.bri.co.id/bpum.

Gunakan nomor kartu identitas (KTP) serta masukkan kode verifikasi yang Anda miliki.

Klik ‘Proses Inquiry’ yang ada pada laman tersebut, lalu akan muncul respon sesuai dengan keikutsertaan Anda pada program BPUM tersebut.

Jika Anda Terdaftar

Jika status Anda terdaftar maka Anda bisa melakukan verifikasi pada bank penyedia, dalam hal ini BRI terdekat dan mendatangi kantor tersebut. Anda cukup membawa identitas diri atau KTP, buku tabungan, kartu ATM, surat pernyataan, surat pernyataan tanggung jawab mutlak, dan/atau kuasa penerima mutlak.

Jika Anda Tidak Terdaftar

Pada kasus ketika Anda tidak terdaftar dalam penerima bantuan langsung tunai untuk UMKM, maka pesan yang akan muncul setelah Anda mengklik ‘Proses Inquiry’ adalah ‘Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM’.

Dalam kasus ini Anda bisa segera mendatangi kantor cabang untuk melakukan konfirmasi, dan kembali melakukan upaya seleksi untuk mendapatkan BLT UMKM yang diadakan oleh pemerintah.

Belakangan diketahui pelaksanaan program tersebut diperpanjang, jadi masih ada harapan untuk mendapatkan bantuan jika Anda mau mencobanya lagi.

Lengkapi Syarat Pendaftaran BLT UMKM, Dapatkan Bantuannya

Syarat yang perlu diajukan antara lain :

- Nomor Induk Kependudukan.

- Nama Lengkap.

- Alamat Tempat Tinggal sesuai dengan KTP.

-Bidang Usaha.

- Nomor Telepon.

Berkas ini diajukan pada pengusul Banpres Produktif Usaha Mikro, untuk kemudian mendapatkan rekomendasi dan diajukan ke bank terkait.

Semoga informasi ini berguna untuk Anda yang tengah mencari kejelasan dan berusaha menjadi penerima BLT program bantuan untuk UMKM yang diadakan pemerintah tersebut. Demikian cara cek penerima BLT UMKM tahun 2021 di eform.bri.co.id.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

1,1 Juta Vaksin AstraZeneca dari GAVI dan WHO Tiba di Indonesia

Nasional Senin, 8 Maret 2021 | 22:24 WIB

Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 asal perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cen...

Umum - Nasional, 1,1 Juta Vaksin AstraZeneca dari GAVI dan WHO Tiba di Indonesia, vaksin AstraZeneca,GAVI,WHO

Demokrat Kubu Moeldoko Bawa AD/ART ke Kemenkumham Besok

Nasional Senin, 8 Maret 2021 | 22:21 WIB

Hencky Luntungan, salah satu penggagas KLB Demokrat Deli Serdang memastikan bakal mendatangi Kementerian Hukum dan HAM (...

Umum - Nasional, Demokrat Kubu Moeldoko Bawa AD/ART ke Kemenkumham Besok, Moeldoko,klb demokrat,kemenkumham

Gatot Nurmantyo Ceritakan Sosok Moeldoko

Nasional Senin, 8 Maret 2021 | 22:14 WIB

Gatot Nurmantyo bongkar sosok Moeldoko hingga berani kudeta Partai Demokrat. Gatot Nurmantyo merupakan Presidium Koalisi...

Umum - Nasional, Gatot Nurmantyo Ceritakan Sosok Moeldoko, Gatot Nurmantyo,Moeldoko,Kudeta Partai Demokrat

4 Kasus Corona B117 Ditemukan di 4 Provinsi

Nasional Senin, 8 Maret 2021 | 20:51 WIB

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi penularan kasus varian baru Covid-19 asal In...

Umum - Nasional, 4 Kasus Corona B117 Ditemukan di 4 Provinsi, Corona B117,Kementerian Kesehatan (Kemenkes),kasus B117

Cara Mudah Cek Kelolosan Prakerja Gelombang 13 Lewat SMS dan www.prake...

Nasional Senin, 8 Maret 2021 | 16:12 WIB

Program Kartu Prakerja Gelombang 13 ditutup pada hari ini, Minggu 7 Maret 2021 pada pukul 12.00 WIB. Lalu bagaimana cara...

Umum - Nasional, Cara Mudah Cek Kelolosan Prakerja Gelombang 13 Lewat SMS dan www.prakerja.go.id, Prakerja gelombang 13,kartu prakerja gelombang 13,syarat kartu prakerja gelombang 13,pendaftaran kartu prakerja gelombang 13,Waktu Pembukaan Prakerja Gelombang 13,www.prakerja.go.id,cara mengecek kelolosan prakerja gelombang 13

Petani Pertanyakan Tujuan Pemerintah Buka Keran Impor Beras

Nasional Senin, 8 Maret 2021 | 14:13 WIB

Rencana pemerintah membuka keran impor beras sebanyak 1 juta ton tahun ini dipertanyakan petani. Pasalnya, sejumlah ind...

Umum - Nasional, Petani Pertanyakan Tujuan Pemerintah Buka Keran Impor Beras, impor beras,petani padi,tujuan impor beras,Pemerintah impor beras

Didatangi AHY, Kemenkumham Janji Telaah Legalitas KLB Demokrat

Nasional Senin, 8 Maret 2021 | 13:47 WIB

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berjanji akan mempelajari semua dokumen yang diserahkan Ketua Umu...

Umum - Nasional, Didatangi AHY, Kemenkumham Janji Telaah Legalitas KLB Demokrat, Kudeta Demokrat,moeldoko kudeta demokrat,klb demokrat,KLB Demokrat Deli Serdang,kemenkumham,Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Pengamat: Moeldoko Bisa Menang Lawan AHY

Nasional Senin, 8 Maret 2021 | 13:27 WIB

Pakar hukum tata negara Refly Harun menilai Moeldoko punya peluang memperoleh legalitas sebagai Ketua Umum Partai Demokr...

Umum - Nasional, Pengamat: Moeldoko Bisa Menang Lawan AHY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY),Moeldoko,Kudeta Demokrat,moeldoko kudeta demokrat,Moeldoko vs AHY
dewanpers