web analytics
  

Pengungsi Banjir Puncak Mulai Kembali ke Rumah

Minggu, 24 Januari 2021 13:07 WIB
Umum - Regional, Pengungsi Banjir Puncak Mulai Kembali ke Rumah, Banjir Puncak,korban banjir Puncak,Banjir Puncak Bogor,bencana Bogor

Genangan lumpur dan material banjir di kawasan Komplek Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor, pasca banjir bandang, Selasa (19/1/2021). (Republika/Shabrina Zakaria)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Sebagian besar pengungsi korban banjir Gunung Mas Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, mulai kembali ke rumahnya masing-masing. Saat ini, ada 191 jiwa dari 57 kepala keluarga (KK) yang masih mengungsi di pondokan milik Agro Wisata Gunung Mas.

Camat Cisarua Deni Humaedi mengatakan, dari 1.025 jiwa pengungsi yang tersebar di dalam dan  luar area Gunung Mas Puncak, saat ini hanya tersisa warga yang mengungsi di dalam area Gunung Mas, yakni di pondokan.

“Mayoritas sudah kembali, di luar pada zona bahaya dan warga manula, sakit, atau hamil. Sekarang tidak ada lagi posko pengungsian di luar (area Gunung Mas),” kata Deni kepada Republika, Minggu (24/1/2021).

Deni menjelaskan, petugas gabungan Polsek Cisarua, Taruna Tanggap Bencana (Tagana), beserta relawan mendata para pengungsi, sekaligus mengecek rumah yang ditinggalkan pascabencana. Hal itu dilakukan untuk melaksanakan pergeseran pengungsi ke rumahnya masing-masing.

Posko pengungsian yang berada di luar area Gunung Mas, yakni, Kampung Rawa Dulang, Kampung Cirohani, Kampung Pensiunan dan Kampung Citeko yang masih berada di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua.

“Semalam yang ngungsi ke Kampung Pensiunan pun sudah kembali, dan posko Kampung Pensiunan closed,” ujar Deni.

Di samping itu, Deni menerangkan, petugas gabungan juga melakukan perbaikan instalasi air bersih di pemukiman warga yang saluran airnya mengalami kerusakan berat akibat banjir bandang.

Penormalan saluran sungai juga dikakukan dengan memasang turap, sekaligus membersihkan material longsor dan banjir menggunakan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor.

Meski warga sudah mulai dikembalikan ke rumahnya masing-masing, petugas gabungan tetap mendistribusikan bantuan ke rumah para pengungsi. “Kondisi logistik aman, kami bantu distribusikan logistik ke rumah masing-masing pengungsi,” ujar Deni.

Ketua RT 02/ RW 02 Kampung Gunung Mas, Cecep Supriadi mengatakan, seluruh warga RT 02/ RW 02 yang sempat mengungsi, seluruhnya sudah bisa pulang. Cecep mengatakan, sebelumnya warganya didata terlebih dahulu sebelum bisa kembali ke kediamannya masing-masing.

“Seluruh warga  RT 02/ RW 02 hari ini semuanya sudah bisa pulang. Tapi yang masih ada di wilayah zona merah banjir, karena rumahnya terdampak banjir, masih bertahan di pondok pengungsian,” ujar Cecep.

Sebelumnya, saat mengunjugi warga terdampak bencana di Gunung Mas, Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin mengatakan, kondisi di lokasi bencana banjir bandang semakin terkendali dan kondusif. Sehingga, warga bisa mulai kembali ke rumah secara bertahap.

“Sandang pangan aman, logistik sangat cukup, lokasi juga sudah bersih. Ada beberapa lokasi yang sudah bisa ditinggali kembali dan masyarakat dapat kembali ke rumahnya masing-masing," kata Ade Yasin.

Dia menilai, penanganan bencana di Desa Tugu Selatan kali ini, merupakan penanganan bencana tercepat di Kabupaten Bogor. Di mana, posko pengungsian menerima banyak sekali bantuan. 

Untuk itu, dirinya berterimakasih kepada donatur, relawan, pemerintah, dan perusahaan terkait yang telah menyumbangkan materi dan tenaganya untuk masyarakat Kabupaten Bogor yang terdampak banjir bandang.

“Jadi saya rasa juga terimakasih kepada relawan yang sudah membantu, dan kita sudah cukup ditangani oleh perusahaan, Dinsos, TNI-Polri, saya kira perlahan-lahan yang lain juga untuk kembali ke tempatnya masing-masing,” ujar Ade Yasin.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

8 Napi Lapas Ciamis Positif Covid-19

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 23:04 WIB

Sebanyak 8 tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis terkonfirmasi positif Covid-19.

Umum - Regional, 8 Napi Lapas Ciamis Positif Covid-19, Napi Positif Covid-19,Lapas Ciamis

Rem Blong, Truk Fuso Hantam Mobil di Jalan Kadipaten

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 21:38 WIB

Diduga akibat rem blong, sebuah truk fuso dengan nomor polisi BE-9176-CK menabrak bagian belakang mobil box di Jalan Ray...

Umum - Regional, Rem Blong, Truk Fuso Hantam Mobil di Jalan Kadipaten, Kecelakaan di Tasikmalaya,Truk Fuso,Polsek Kadipaten

Ricky Tommy Jabar Kajari Cianjur, Komaidi Terbang ke Kalimantan

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 21:06 WIB

Pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur dari Komoidi  kepada Ricky Tommy Hasiholan berlangsung penuh persahabatan d...

Umum - Regional, Ricky Tommy Jabar Kajari Cianjur, Komaidi Terbang ke Kalimantan, Kajari Cianjur Ricky Tommy Hasiholan

Plt Bupati Cianjur dan Kapolres Tinjau Korban dan Lokasi Pergeseran Ta...

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 20:44 WIB

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman bersama Kapolres Cianjur AKBP Mochammad Rifai meninjau lokasi bencana pergerakan tana...

Umum - Regional, Plt Bupati Cianjur dan Kapolres Tinjau Korban dan Lokasi Pergeseran Tanah, Pergeseran Tanah di Cianjur,Pergeseran Tanah Desa Batulawang,Plt Bupati Cianjur Herman Suherman,Kapolres Cianjur AKBP Mochammad Rifai

Polisi Buru Pelaku Penipuan Puluhan Ponpes di Tasikmalaya

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 19:57 WIB

Kasus penipuan terhadap puluhan pondok pesantren yang dilakukan oleh tersangka berinisial AA warga Kecamatan Nagreg, Kab...

Umum - Regional, Polisi Buru Pelaku Penipuan Puluhan Ponpes di Tasikmalaya, Penipuan Puluhan Ponpes di Tasikmalaya,Ponpes di Tasikmalaya Kena Tipu,Polresta Tasikmalaya

Ini Penyebab Pergerakan Tanah di Kampung Cigorowong Tasikmalaya

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 19:35 WIB

Tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral...

Umum - Regional, Ini Penyebab Pergerakan Tanah di Kampung Cigorowong Tasikmalaya, Pergerakan Tanah Kota Tasikmalaya,Pergerakan Tanah Kampung Cigorowong,Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)

Seorang Terduga Teroris Ditangkap Tim Densus 88 Antiteror

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 15:54 WIB

Penggrebekan itu berlangsung di sebuah Counter Handphone, tepatnya di Jalan Medokan Sawah 121, Kecamatan Rungkut, Kota S...

Umum - Regional, Seorang Terduga Teroris Ditangkap Tim Densus 88 Antiteror, Teroris,Surabaya,Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror

Pemkab Cianjur Dukung Aparat Hukum Tindak Koruptor Anggaran Dana Desa

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 15:45 WIB

Dukungan pemerintah dinyatakan Plt Bupati Cianjur, H Herman Suherman.

Umum - Regional, Pemkab Cianjur Dukung Aparat Hukum Tindak Koruptor Anggaran Dana Desa, Korupsi,Dana Desa,Cianjur
dewanpers