web analytics
  

Kreasi dan Inovasi Mahasiswa Sistem Telekomunikasi pada Masa Pandemi

Sabtu, 23 Januari 2021 23:06 WIB Netizen Devi Anassafila Pratiwi
Netizen, Kreasi dan Inovasi Mahasiswa Sistem Telekomunikasi pada Masa Pandemi, COVID-19,Sistem Telekomunikasi

Ilustrasi telekomunikasi di masa pandemi (Devi)

Devi Anassafila Pratiwi

Mahasiswa Prodi S1 Sistem Telekomunikasi di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, semester 2.

AYOBANDUNG.COM--Wabah Covid-19 tengah menjadi menjadi momok yang menakutkan setiap negara.

Wabah yang mulanya berasal dari Tiongkok tepatnya di Kota Wuhan kini telah menyebar luas di berbagai negara sehingga menjadi sebuah pandemi yang mengglobal.

Setiap negara pasti mengalami dampak yang begitu besar karena adanya wabah ini. Berbagai gejala penderita Covid-19 di antaranya yaitu gejala ringan seperti batuk – batuk, flu, dan sakit tenggorokan sedangkan gejala berat biasanya yaitu dengan demam tinggi, namun kini telah banyak juga ditemukan penderita tanpa gejala yang membuat kita harus tetap berhati - hati.

Wabah ini berupa virus yang dengan cepat mudah menular baik itu melalui udara bahkan dengan sentuhan biasa dengan penderita. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membasimi wabah yang menular ini salah satunya yaitu social distancing.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan perintah untuk social distancing yang dimana kita diharuskan untuk tetap menjaga jarak terutama di tempat keramaian baik itu saat keluar rumah bahkan bertemu dengan orang lain.

Penerapan distancing yang telah dilakukan seperti work at home yaitu bekerja dirumah saja, daring school bagi pelajar dan mahasiswa, dan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, membawa hand sanitizer, bahkan menjaga jarak sekiranya satu cm saat keluar dari rumah.

Pada masa pandemi covid-19 saat ini berbagai aktivitas kegiatan sehari -hari tentunya menjadi terhambat dan lebih banyak dilakukan di rumah saja, baik itu dalam bidang pekerjaan, wirausaha, maupun pendidikan.

Namun tidak memungkinkan bahwa dalam situasi saat ini kita justru tetap dapat melakukan  berbagai kreasi dan inovasi terbaru untuk mengembangkan keterampilan kita terutama memanfaatkan sistem telekomunikasi. Sekarang orang – orang dituntut untuk dapat menguasai dan beradaptasi dengan teknologi guna keberlangsungan segala aktivitas via online saat ini.

Pemikiran yang kretif dan membuat inovasi baru di masa pandemi merupakan sebuah kunci untuk menghasilkan sebuah kreasi yang bermanfaat dan tentunya dapat membantu menghasilkan nilai guna.

Kreatif adalah menciptakan suatu ide atau konsep dengan menarik dalam memecahkan masalah, dengan adanya hasil dari pemikirian kreatif tersebut dapat terbentuk sebuah krativitas yang akan menjadi nilai guna. Sedangkan inovasi adalah menciptakan suatu ide atau gagasan yang baru untuk dikembangkan sehingga dapat menghasilkan sebuah produk ataupun jasa. Kreatif dan inovatif merupakan pelung yang harus kita kembangkang dan implementasi dalam situasi pandemi yang berkepanjangan saat ini.

Di bidang pendidikan, para pelajar maupun mahasiswa dapat memanfaatkan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengembangkan kreativitas dan menemukan inovasi baru. Teknologi informasi merupakan perkembangan sistem informasi dengan menggabungkan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi.

Kini pengaruh perkembangan teknologi semakain pesat terutama di dunia pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komputer di Indonesia insitusi pendidikan sekarang telah berlomba –lomba membangun pengadaan software, jaringan internet, infrastruktur hardware dan yang lain sebagiannya guna memenuhi  metode pembelajaran daring yang dilakukan sekarang agar lebih efektif dan efisien.

Inovasi maupun kreativitas yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah perkembangan antara lain seperti merancang dan membuat sebuah aplikasi database, guna menyimpan data serta informasi akademik, baik informasi kurikulum, penilaian, sistem perkuliahan, manajemen pendidikan, ataupun berbagai materi pembelajaran.

Kemudian inovasi lain yang dapat dilakukan seperti membuat aplikasi pembelajaran yang berbasis portal ataupun web, biasanya terdiri atas aplikasi learning tool.  e-learning merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dengan internet sebagai  media pembelajaran dalam bentuk maya, sehingga pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Tak hanya itu dengan kemajuan teknologi yang begitu canggih para mahasiswa dan pelajar terus mengembangkan kreasi dan inovasinya  seperti yang kita ketahui sekarang telah banyak rancangan robot – robot pintar layaknya seperti manusia yang bisa berperan menggantikan tenaga manusia salah satu robot hasil karya anak bangsa yaitu robot Raisa yang berguna untuk mendeteksi suhu tubuh pasien Covid-19 selain itu robot ini juga memiliki layar monitor yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pasien Covid-19. Dengan adanya robot tersebut dapat membantu tenaga medis dalam penanganan pasien covid di rumah sakit. Robot ini dikendalikan dengan menggunakan WIFI berbasis smartphone.

Selain di dunia pendidikan, kreatif dan inovatif juga dapat di kembangkan di bidang wirausaha. Untuk mewujudkan kewirausahaan yang sukses kita harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan ide- ide baru dan membuat strategi  semenarik mungkin terutama dalam situasi pandemi corona saat ini.  dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bisnis online menjadi solusi yang tepat di saat situasi pandemi sekarang.

Generasi jaman sekarang baik itu orang dewasa, remaja, maupun anak anak tak lagi gagap terhadap teknologi, nah dalam kesempatan ini para pembisnis harus dapat memanfaatkan peluang yang ada. Transaksi jual beli tetap dapat dilakukan tanpa kontak langsung antara penjual dan pembeli.

Bisnis online merupakan sistem atau kegiatan bisnis yang dijalankan dengan mengandalkan internet sebagai media pemasaran. Untuk mewujudkan sebuah bisnis online tentunya kita membutuhkan sebuah aplikasi sederhana yang dapat  dibuat melalui basis portal maupun web yang telah tersedia, namun untuk menambah kesan ketertarikan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan bidang bisnis yang sedang dibuat. Sedangkan untuk membuat dan merancang aplikasi itu tentu membutuhkan ahli teknologi baik itu para mahasiswa ataupun professional yang paham komputasi. 

Berbagai media sosial dapat membantu proses promosi yang digunakan untuk menarik minat pembeli. Para pembeli yang tertarik dapat memanfaatkan aplikasi yang telah dibuat guna mempermudah pelayanan. Beberapa aktivitas bisnis yang dapat dilakukan dengan melalui bisnis online seperti, kegiatan pemasaran, promosi, transaksi, pembayaran, maupun kegiatan lainnya yang memerlukan inovasi dan pengembangan mengandalkan jaringan.

Di masa pandemi Covid-19 pemberlakuan PSBB terus diperpanjang sehingga seluruh aktivitas diluar rumah dihentikan untuk sementara waktu. Kini berbagai aktivitas pun dialikhan dan dilaksanakan secara virtual termasuk aktivitas perekonomian dan hal tersebutlah yang menjadi peluang untuk membuat kreativitas dan inovasi dalam bidang wirausaha.

Walaupun dalam situasi pandemi Covid-19 yang tak ujung usai atau dapat dibilang sebagai bancana nasional saat ini memberi kesempatan bagi mahasiswa teknik sistem telekomunikasi untuk ikut berperan membawa perubahan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Para mahasiswa teknik ini dapat mengembangkan soft skill di bidang mereka, memberikan peluang untuk mereka dapat berkreasi dan berinovasi sekreatif mungkin. Kemampuan menganalisah mahasiswa dapat membawa perubahan yang maju di negara ini, selain itu dapat juga membantu memudahkan masyarakat memanfaatkan kecanggihan teknologi kedepannya dan ikut merasakan kegunaanya dalam kehidupan sehari hari yang serba dibatasi oleh situasi pandemi sekarang.

Oleh karena itu di walaupun dalam keadaan bancana nasional sekarang bukan halangan bagi kita untuk melakukan self improvement. Kita sebagai pelajar merdeka harus mampu berpikir membuat sebuah kreasi dan inovasi baru untuk menghasilkan nilai guna yang bermanfaat.

Dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi dapat kita manfaatkan untuk membantu perkembangan ke depannya. Antusias para pelajar atau mahasiswa kini berlomba lomba untuk menciptakan hasil karyanya yang begitu bermanfaat dan dapat kita rasakan, contohnya di dunia maya berbagai aplikasi pembelajaran berbasis portal ataupun web guna memudahkan metode pembelajaran agar lebih efektif. Sedangkian di dunia nyata adanya rancangan robot layaknya manusia yang dibuat oleh pelajar anak bangsa guna memudahkan kegiatan manusia.

Selain itu bisnis online juga merupakan hasil kreasi dan inovasi yang diciptakan untuk memudahkan Transaksi jual beli yang dapat dilakukan tanpa kontak langsung antara penjual dan pembeli. Namun tak luput dari doa kita harus selalu berdoa agar situasi pandemi Covid-19 segera berakhir agar segala aktivitas dapat kembali seperti semula dan tidak adanya hambatan lagi.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Editor Ayobandung

terbaru

Sektor Infokom Tumbuh Pesat di Tengah Pandemi

Netizen Jumat, 5 Maret 2021 | 09:25 WIB

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia genap berusia setahun. Sejak ditemukan kasus perdana di awal Maret tahun 2020, h...

Netizen, Sektor Infokom Tumbuh Pesat di Tengah Pandemi, Infokom,COVID-19,PSBB

Kapan Situ Aksan Ada?

Netizen Kamis, 4 Maret 2021 | 14:25 WIB

Dalam Peta Topografi tahun 1904-1905, tempat yang kemudian menjadi Situ Aksan, masihlah perkampungan kecil.

Netizen, Kapan Situ Aksan Ada?, Sejarah,Kota Bandung,Topografi,Desa,Abad ke-20,Bandung Baheula

Tiga Terjemahan Pertama

Netizen Kamis, 4 Maret 2021 | 10:20 WIB

Pada 1872, Raden Kartawinata sudah bisa menerbitkan tiga judul terjemahan dari bahasa Belanda.

Netizen, Tiga Terjemahan Pertama, raden kartawinata,Sunda,Jawa,Bahasa,Penerjemah,Belanda,R.H. Moeh. Moesa,K.F. Holle,buku,Literatur,Literasi

Mencabut Industri Dosa Berkedok Perpres Investasi Miras

Netizen Rabu, 3 Maret 2021 | 14:15 WIB

Ada yang bilang bahwa industri dosa sejatinya merupakan usaha mentransfer dana publik ke tangan swasta dengan cara yang...

Netizen, Mencabut Industri Dosa Berkedok Perpres Investasi Miras, Minuman Keras (Miras),Perpres investasi miras,Presiden Joko Widodo,Indonesia,Investasi,World Health Organization (WHO),Papua,minuman beralkohol

Gang 'Sarebu Punten' Itu Disulap Jadi Kampung Kreatif

Netizen Rabu, 3 Maret 2021 | 13:40 WIB

Pada era tahun 90-an, jalan-jalan atau gang-gang kecil di daerah Cicadas juga terkenal dengan sebutan gang "sarebu punte...

Netizen, Gang 'Sarebu Punten' Itu Disulap Jadi Kampung Kreatif, Cicadas,Desa Kreatif,Bandung,Gang ,Kampung Kreatif

Khawatir Kini Kina Tinggal Nama

Netizen Selasa, 2 Maret 2021 | 15:00 WIB

Pohon kina peninggalan tahun 1855 itu sudah sangat tua, keadaannya sudah dalam posisi bungkuk atau miring, dan kini suda...

Netizen, Khawatir Kini Kina Tinggal Nama, Kina,Pohon,Bandung,Chincona,Chincon,Franz Wilhelm Junghuhn,Karl Justus Hasskarl

Virtual Police, Polisi Bahasa Gaya Baru

Netizen Selasa, 2 Maret 2021 | 13:50 WIB

Kita tidak boleh hanya menekankan kebenaran berbahasa yang diukur oleh kebakuan KBBI, tetapi harus memperhatikan situasi...

Netizen, Virtual Police, Polisi Bahasa Gaya Baru, Polisi,Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),Santun

Mengenal Wawacan dan Putri Sekar Arum

Netizen Selasa, 2 Maret 2021 | 10:54 WIB

Wawacan berjudul ‘Putri Sekar Arum’ jadi penanda utama bahwa, bahasa, sastra, dan budaya Sunda masih hidup

Netizen, Mengenal Wawacan dan Putri Sekar Arum , Putri Sekar Arum,Bahasa Sunda,Wawacan,Puisi Sunda

artikel terkait

dewanpers