web analytics
  

Pesan Oded Untuk Unisba: Harus Berinovasi Nyata bagi Masyarakat

Rabu, 20 Januari 2021 19:15 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Pesan Oded Untuk Unisba: Harus Berinovasi Nyata bagi Masyarakat, Wali Kota Bandung Oded M Danial,Universitas Islam Bandung (Unisba)

Wali Kota Bandung, Oded M Danial saat acara virtual pertemuan Dewan Penyantun dan Pimpinan Universitas Islam Bandung (Unisba), Rabu (20/1/2021). (Dok Humas Pemkot Bandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sebagai salah satu pusat pengembangan ilmu pengetahuan, perguruan tinggi harus hadir memberikan inovasi yang bisa dilihat oleh masyarakat. Sebab di tengah kondisi pandemi Covid-19, masyarakat membutuhkan bukti nyata. 

Hal itulah yang menjadi pesan Wali Kota Bandung, Oded M Danial saat memberikan sambutan secara virtual pada acara pertemuan Dewan Penyantun dan Pimpinan Universitas Islam Bandung (Unisba), Rabu (20/1/2021).

Untuk itu, Oded yang juga menjadi bagian dewan penyantun Unisba meminta, Unisba harus mampu memberikan inovasi. Sehingga masyarakat bisa melihat dan merasakannya.

"Dengan berbagai potensi dan inovasi yang dimiliki, bukan hal yang sulit bagi Unisba untuk melakukannya," tuturnya.

Menurut Oded, Unisba harus mampu menerapkan pola pentahelix (kerjasama antar lini/bidang) dan membangunnya di atas pondasi kolaborasi atau silaturahmi.

"Bagaimana kita harus membangun silaturahmi dengan semua pihak. Dan alhamdulillah Kota Bandung juga sudah melakukan banyak kolaborasi," imbuhnya.

Menurutnya, kolaborasi menjadi salah satu bagian kunci sukses dalam hal apapun. Dengan mempererat kolaborasi bersama berbagai pihak, maka akan mendatangkan kemudahan. 

"Kami juga sangat senang jika pihak akademisi bersama-sama terus berkolaborasi dengan kami. Sehingga Unisba dan Pemkot Bandung mampu menghadirkan dan membantu masyarakat dalam hal pendidikan dan lainnya," ujarnya. 

Di kesempatan yang berbeda, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana juga mengungkapkan hal serupa.

Yana mengajak para akademisi dalam menyusun kebijakan untuk mendorong produktivitas masyarakat. Khususnya masyarakat pada usia produktif. 

Yana mengungkapkan, dari 2,5 Juta penduduk Kota Bandung terdapat 1,81 juta atau 72,4 persen terkategori masuk dalam usia produktif.

"Kondisi demografi Kota Bandung ini dapat menjadi modal sosial yang bagus dalam mengembangkan potensi masyarakat di kewilayahan (kelurahan)," ucap Yana saat menjadi keynote speaker dalam webinar Kolaborasi Multi-Pihak untuk inovasi tujuh Kelurahan di Kota Bandung yang digelar Binus University, 20 Januari 2021.

Salah satunya, Yana berharap, para akademisi dapat melengkapi berbagai kajian dalam menghadapi ekonomi pasca pandemi. 

Elemen akademisi ini diharapkan dapat terus memberikan tambahan asupan ilmu baik dapat berupa pelatihan atau pendidikan kepada masyarakat.

"Kami berharap akademisi ini dapat melengkapi riset ekosistem kota secara terpadu dan teritegrasi. Dengan ini, kita sebagai pemerintah dapat menjalankan pembangunan daerah lebih efektif dan tanggap dalam semua kondisi termasuk pandemi seperti saat ini," tutur Yana. 

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Jambret Viral di Babakan Sari Ternyata Bukan Ojol

Bandung Sabtu, 6 Maret 2021 | 21:42 WIB

Polrestabes Bandung berhasil menangkap pelaku penjambretan pada Senin (1/3/2021) di Jalan Soma, Babakan Sari, Kecamatan...

Bandung Raya - Bandung, Jambret Viral di Babakan Sari Ternyata Bukan Ojol, Jambret di Bandung,Polrestabes Bandung,Jambret Nyamar Jadi Ojol,Ojek Online (Ojol)

Cuaca Ekstrem Terus Berlangsung, Harga Cabai Rawit Makin Meroket

Bandung Sabtu, 6 Maret 2021 | 20:30 WIB

Cuaca ekstrem yang terus menyelimuti Jawa Barat memicu kenaikan harga cabai rawit dan cabai domba.

Bandung Raya - Bandung, Cuaca Ekstrem Terus Berlangsung, Harga Cabai Rawit Makin Meroket, Harga Cabai Rawit Melejit,Harga Cabai Meroket,Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung,Kepala Bidang Distribusi Perdagangan dan Pengembangan E-Commerce Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa.

570 ASN di Jabar Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Bandung Sabtu, 6 Maret 2021 | 20:00 WIB

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memulai vaksinasi massal bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya.

Bandung Raya - Bandung, 570 ASN di Jabar Telah Disuntik Vaksin Covid-19, Vaksin,Aparatur Sipil Negera (ASN),Jawa Barat,Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabarn Marion Siagian

Perlu Penyempurnaan, Wisanggeni Bisa Bantu Atasi Sampah

Bandung Sabtu, 6 Maret 2021 | 19:30 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengapresiasi setiap inovasi masyarakat untuk bisa membantu menyelesaikan permasalahan...

Bandung Raya - Bandung, Perlu Penyempurnaan, Wisanggeni Bisa Bantu Atasi Sampah, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,Wisanggeni Waste Incinerator,TPS Regol,Jalan Soekarno-Hatta,Kota Bandung,Sampah

Pemkot Bandung dan Pemuda Persis Siap Membangun Kota Lebih Baik

Bandung Sabtu, 6 Maret 2021 | 18:00 WIB

Pasalnya, partisipasi masyarakat sangat penting membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menangani pandemi Covid-19.

Bandung Raya - Bandung, Pemkot Bandung dan Pemuda Persis Siap Membangun Kota Lebih Baik, Persis,Pemuda Persis,Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,Ketua PD Pemuda Persis, Farhan Fuadi Rahman

Akibat Pandemi, Warga Miskin Kota Bandung Bertambah 15.000 Jiwa

Bandung Sabtu, 6 Maret 2021 | 15:40 WIB

Mulai dari pendapatan daerah yang berkurang drastis hingga meningkatnya jumlah warga yang masuk dalam kategori miskin.

Bandung Raya - Bandung, Akibat Pandemi, Warga Miskin Kota Bandung Bertambah 15.000 Jiwa, Kemiskinan,Kota Bandung,Warga Miskin,Pandemi Covid-19,Pendapatan Daerah

Pemkot Bandung Akui Masih Bingung Hadapi Virus Corona Baru

Bandung Sabtu, 6 Maret 2021 | 15:20 WIB

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengaku pihaknya masih merasa bingung terkait kriteria vi...

Bandung Raya - Bandung, Pemkot Bandung Akui Masih Bingung Hadapi Virus Corona Baru, Varian Baru Virus Corona,COVID-19,Virus B117,Bandung,Karawang,Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna

Karyawati Pencuri Emas dan Uang Rp450 Juta Ditangkap Polisi

Bandung Sabtu, 6 Maret 2021 | 13:10 WIB

Total kerugian 177 gram emas dalam bentuk logam mulia kemudian uang Rp450 juta.

Bandung Raya - Bandung, Karyawati Pencuri Emas dan Uang Rp450 Juta Ditangkap Polisi, Pencurian,Emas,Uang,Satreskrim Polrestabes Bandung,Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang,Pasal 363 ke 3e dan 5e KUHPidana,Pasal 56 KUHPidana

artikel terkait

dewanpers