web analytics
  

Iming-iming HP, Oknum Marbot di Cirebon Cabuli 13 Bocah di Masjid

Rabu, 20 Januari 2021 15:46 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Iming-iming HP, Oknum Marbot di Cirebon Cabuli 13 Bocah di Masjid, Kriminal,Predator Anak,marbot Cirebon,pencabulan cirebon,Kabupaten Cirebon,Polresta Cirebon,hukum kebiri

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi (paling kanan) menunjukkan barang bukti yang diamankan dari tersangka pencabulan belasan anak di Kabupaten Cirebon oleh seorang marbot. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM--Belasan anak di Kabupaten Cirebon diduga menjadi korban pencabulan seorang pria yang berprofesi sebagai marbot/kaum (pengurus masjid). 

Menganalogikan aksinya sebagai bola salju, tersangka diketahui pernah pula menjadi korban pencabulan.

NF (52), tersangka pencabulan dari Bangka Belitung, terpaksa harus mendekam di penjara Mapolresta Cirebon setelah disangka mencabuli sedikitnya 13 anak laki-laki di bawah umur.

"Para korban merupakan anak di bawah umur dengan rentang usia 8-15 tahun," terang Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, Rabu (20/1/2021).

Tersangka diduga beraksi di tempat ibadah tempatnya bekerja di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Dari hasil pemeriksaan, tersangka pula tinggal di tempatnya bekerja sekitar setahun terakhir.

Sebelum beraksi, tersangka mengimingi korbannya dengan beragam hal, mulai dari es krim, uang tunai Rp50.000, sampai handphone. Tersangka sendiri tak jarang merekam aksinya dengan telepon selulernya.

Syahduddi membeberkan, aksi tersangka terungkap setelah orang tua salah satu korban menyerahkan kartu memori yang berhasil dikeluarkan dari telepon seluler tersangka.

"Sebelumnya, salah satu korban melapor kepada orang tuanya. Tapi, orang tua bingung karena tak punya bukti sehingga sang anak diam-diam mengambil kartu memori dari handphone tersangka dan menyerahkannya kepada orang tua untuk bukti," paparnya.

Berbekal barang bukti dan pengakuan korban, polisi pun mengamankan NF kurang dari 1x24 jam. Selain kartu memori, bersamanya turut diamankan barang bukti lain berupa handphone dan pakaian korban.

"Saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh Unit PPA Satreskrim Polresta Cirebon," cetusnya.

Belakangan diketahui, tersangka rupanya pernah menjadi korban pencabulan kala duduk di bangku SMP. Terlepas dari itu, NF harus tetap mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Dia dijerat UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. Penyidik juga telah berkoordinasi dengan jaksa penuntut umum untuk menyertakan tuntutan hukuman sesuai yang tertera dalam PP Nomor 70 Tahun 2020 tentang kebiri kimia bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

"Ancaman hukuman kebiri kimia juga disertakan karena aturannya sudah disahkan. Kami berkoordinasi dengan Komnas Perlindungan Anak untuk penanganan para korban," tambah Syahduddi.

Dewan Pembina Komnas Perlindungan Anak Jawa Barat, M.A Bimasena mendukung langkah Polresta Cirebon menerapkan ancaman hukuman kebiri kimia terhadap NF. Di sisi lain, pihaknya pula akan memberikan trauma healing secara bertahap bagi seluruh korban.

"Dampak jangka panjang yang dikhawatirkan adalah korban menjadi pelaku perbuatan yang sama, seperti halnya tersangka," tuturnya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

terbaru

Rugikan Warga! Proyek KCIC Rusak Jalan di Purwakarta

Regional Sabtu, 27 Februari 2021 | 13:22 WIB

Badan jalan bergelombang dan terdapat kubangan besar yang tak terhitung jari.

Umum - Regional, Rugikan Warga! Proyek KCIC Rusak Jalan di Purwakarta, Proyek KCIC Rusak Jalan,proyek Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC),Kabupaten Purwakarta,badan jalan bergelombang,Kerusakan Jalan,kendaraan besar,kubangan besar tak terhitung jari,roda perekonomian,jaminan dari KCIC,Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC)

Fokus Kembangkan Alat Bukti, Kejaksaan Tasikmalaya Cari Dalang Sunat...

Regional Sabtu, 27 Februari 2021 | 12:51 WIB

Penyidik kejaksaan lebih cepat dalam mengungkap siapa oknum di balik pemotongan dana hibah bansos tersebut

Umum - Regional,  Fokus Kembangkan Alat Bukti, Kejaksaan Tasikmalaya Cari Dalang Sunat Bansos, Dalang Sunat Bansos,sunat bansos tasik,Sunat Bansos Pemprov,sunat bansos,Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya,kasus pemotongan dana hibah,bantuan sosial (bansos),penyidik kejaksaan,pemotongan hibah bansos,dugaan sunat bansos

Donor Darah hingga Mata, Cara Berkemanusiaan Warga Ahmadiyah Manislor...

Regional Sabtu, 27 Februari 2021 | 11:34 WIB

Kegiatan tersebut rutin digelar komunitas JAI Manislor, di tengah pandemi sekalipun.

Umum - Regional, Donor Darah hingga Mata, Cara Berkemanusiaan Warga Ahmadiyah Manislor Cirebon, Jamaah Ahmadiyah Indonesia (JAI),silaturahmi di tengah pandemi Covid-19,nilai-nilai kemanusiaan,para pendonor,Donor Darah,Protokol Kesehatan,pendonor darah,pendonor kornea mata

Sejumlah Tahanan di Lapas Ciamis Terkonfirmasi Positif Covid-19

Regional Sabtu, 27 Februari 2021 | 07:56 WIB

Para tahanan itu dibawa ke Kompleks Islamic Center Kabupaten Ciamis untuk menjalani isolasi.

Umum - Regional, Sejumlah Tahanan di Lapas Ciamis Terkonfirmasi Positif Covid-19 , Tahanan di Lapas Positif Covid-19,kronologi kasus Covid-19 Lapas,14 hari diisolasi,Lembaga Permasyarakatan (Lapas),COVID-19,tahanan positif covid-19,kehilangan indra perasa,Gejala Covid-19,pasien gejala covid-19

8 Napi Lapas Ciamis Positif Covid-19

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 23:04 WIB

Sebanyak 8 tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis terkonfirmasi positif Covid-19.

Umum - Regional, 8 Napi Lapas Ciamis Positif Covid-19, Napi Positif Covid-19,Lapas Ciamis

Rem Blong, Truk Fuso Hantam Mobil di Jalan Kadipaten

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 21:38 WIB

Diduga akibat rem blong, sebuah truk fuso dengan nomor polisi BE-9176-CK menabrak bagian belakang mobil box di Jalan Ray...

Umum - Regional, Rem Blong, Truk Fuso Hantam Mobil di Jalan Kadipaten, Kecelakaan di Tasikmalaya,Truk Fuso,Polsek Kadipaten

Ricky Tommy Jabar Kajari Cianjur, Komaidi Terbang ke Kalimantan

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 21:06 WIB

Pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur dari Komoidi  kepada Ricky Tommy Hasiholan berlangsung penuh persahabatan d...

Umum - Regional, Ricky Tommy Jabar Kajari Cianjur, Komaidi Terbang ke Kalimantan, Kajari Cianjur Ricky Tommy Hasiholan

Plt Bupati Cianjur dan Kapolres Tinjau Korban dan Lokasi Pergeseran Ta...

Regional Jumat, 26 Februari 2021 | 20:44 WIB

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman bersama Kapolres Cianjur AKBP Mochammad Rifai meninjau lokasi bencana pergerakan tana...

Umum - Regional, Plt Bupati Cianjur dan Kapolres Tinjau Korban dan Lokasi Pergeseran Tanah, Pergeseran Tanah di Cianjur,Pergeseran Tanah Desa Batulawang,Plt Bupati Cianjur Herman Suherman,Kapolres Cianjur AKBP Mochammad Rifai

artikel terkait

dewanpers