web analytics
  

Ini 5 Keganjilan Indonesian Idol Special Season 2021, Dampak Covid-19?

Senin, 18 Januari 2021 14:42 WIB A. Dadan Muhanda
Umum - Artis, Ini 5 Keganjilan Indonesian Idol Special Season 2021, Dampak Covid-19?, Indonesian Idol,peserta indonesian idol,indonesian idol 2021,indonesian idol 2020,apa itu indonesian idol special season,peserta tereliminasi indonesian idol,jadwal indonesian idol,siapa juri indonesian idol,indonesian idol covid

Peserta Indonesian Idol harus menggunakan Pelindung Wajah saat tampil sebagai bagaian dari protokol kesehatan (Tangkapan Layar Youtube)

AYOBANDUNG.COMIndonesian Idol 2021 diusung dengan tema Special Season dan New Chapter. Apa itu Indonesian idol Special Season?

Semula, penyelenggara Indonesian Idol 2021 pihak RCTI dan Freemantle Media nampaknya ingin memberikan berbagai kejutan dan suasana baru dalam ajang pencarian berbakat paling populer di Nusantara ini.

Mulai dari mengganti host legendaris dari Daniel Mananta ke Boy William, hingga menghadirkan 5 juri Indoensian Idol 2021 dari musisi senior sekligus yakni: Maia Estianty, Judika, Anang Hermansyah, Rossa, dan Ari Lasso. Special Season juga diusung karena ajang ini digelar ditengah suasana pandemi Covid-19.

Dari sana terlihat, bahwa Indonesian idol 2021 ingin memberikan berbagai kejutan dan tayangan berkualitas meskipun ditengah berbagai keterbatasan.

Apa daya, ternyata kejutan yang disaksikan penonton bukan peserta-peserta baru yang tampil memberikan hiburan, yang terjadi malah pelaksanaan Indonesian Idol 2021 ini banyak keanehan dan keganjilan yang terkesan ditutup-tutupi. Mulai dari pergantian kembali host, juri, mundurnya peserta.

Banyak yang menduga peserta, juri dan crew Indonesian idol terpapar Covid-19, namun tidak ada konfirmasi resmi maupun klarifikasi resmi dari penyelenggara. Jika dirunut dari beberapa keganjilan Indonesian Idol 2021 dari mulai babak Audisi hingga Spektakuler I, dugaan terpapar dampak Covid-19 yang menimpa Indonesian idol bisa saja terjadi.

Berikut 5 kejadian Indonesian Idol 2021 yang membuat penonton terkejut

1. Rossa Absen

Rossa merupakan juri pertama yang absen. Rossa mengaku sedang sakit typus dan absen dalam penjurian Indonesian Idol babak Live Showcase 2, Senin 21 Desember 2020. Pada babak Showcase 1, Rossa sudah tidak hadir dalam penjurian selama dua hari Senin dan Selasa.

Padahal sebelumnya, selama babak audisi hinggal eliminasi, Rossa selalu tampil dan belum pernah absen untuk mengikuti perkembangan para peserta Indonesian Idol yang saat ini memasuki babak top 24 besar.

Pengakuan Rossa yang sedang sakit disampaikan penyanyi yang saat ini sedang berhubungan dengan Afghan itu melalui postingan Instagram.

"Dear everyone, sebaik-baiknya manusia berencana, tapi Allah lah yang memiliki kuasa. Dari hari Senin lalu aku sudah merasa enggak enak badan dan ijin untuk tidak hadir di Idol,” tulis Rossa.

Saat itu, netizen dan pemirsa masih bersikap biasa saja atas ketidakhadiran Rossa.


2.Dua Juri Lain Menyusul Absen Sekaligus Host dan 3 Peserta 

Indonesian Idol babak Showcase 2 Senin 21 Desember serasa hambar. Banyak yang absen karena sakit. Tak tanggung-tangung, mereka yang absen mulai dari juri, host hingga peserta. Dari 5 juri tetap, hanya dua orang yang hadir yaitu Ari Lasso dan Anang Hermansyah.

Ketiga juri absen yaitu Judika, Maia Estianty, Rossa tidak bisa mengikuti penjurian. Rossa sejak jauh hari sudah mengumumkan kalau dirinya sakit typus.

Mereka digantikan oleh Kaka Slank, Titi DJ, dan Fadli vokalis Padi. Host Indonesian Idol Spesial Season Boy William juga absen dan digantikan pembawa acara legendaris Daniel Mananta. Menurut Daniel, dirinya akan menggantikan boy selama dua pekan.

3.  Tiga Kontestan Mengundurkan Diri

Selain juri, dan host Boy William, Indonesian Idol babak Showcase 2 Senin 21 Desember  juga tidak dihadiri 3 peserta. Dari 10 peserta, yang harusnya tampil di Babak Showcase 2, tiga peserta diantaranya harus absen. Menurut Daniel, ketiga peserta itu sakit dan tidak bisa tampil.

"But show must go on. berikut 7 peserta yang akan tampil," ujar Daniel yang menggantikan Boy William menjelaskan saat itu. 

Ketiga peserta yang absen adalah Prada, Lorenzo, dan Muhammad Rizky. Ketiganya kemudian mengumumkan di Instagram mereka mengundurkan diri dari ajang pencairna berbakat paling populer itu tanpa memberikan alasan jelas.

Netizen menduga, ketiganya reaktif saat dites sebelum tampil.

4. Boy William Dirawat

Tanda tanya Boy William keman akhirnya terjawab saat dia memposting tengah dirawat di sebuah rumah sakit pada Senin 4 Januari 2021 beberapa jam sebelum Indonesian Idol tayang. Boy William yang sudah dua pekan absen menjadi host Indonesian Idol mengabarkan jika dirinya terbaring di rumah sakit.

Boy membagikan potretnya saat menjalani perawatan intensif di rumah sakit.  Di situ, tangan Boy William tampak masih diinfus. Meskipun sedang sakit, host Indonesian Idol ini masih sempat berpose keren di depan ranjang rawat inapnya.

"HARI TERAKHIR 2020. ini klub malam saya untuk malam ini," tulis Boy William sebagai caption di Instagram.

Sayangnya, Boy William tidak membeberkan secara mendetail mengenai penyakit yang diderita. Dia hanya bilang bahwa sudah mengidap penyakit itu cukup lama.

"Saya sudah lama sakit tapi saya baik-baik saja! Saya tidak sabar untuk kembali bekerja man," sambungnya.
 

5. Tayangan Dibatalkan Secara mendadak

Keganjilan terakhir yang membuat yakin jika para kru dan peserta Indonesian Idol terkena dampak Covid-19 adalah pekan lalu, 11 Januari 2021. Saat itu, Indonesian Idol dibatalkan secara mendadak. Untuk pertama kalinya, tayangan Indonesian Idol diliburkan secara mendadak tanpa pemberitahuan yang jelas.

Seharusnya Indonesian Idol memasuki babak Top 13 Spektakuler Show. Sebelumnya, pihak RCTI masih mencantumkan jadwal penayangan Indonesian Idol Special Season babak Spektakuler Show akan tayang pada Senin 11 Januari 2021. Namun, secara mendadak tayangannya dibatalkan atau ditunda.

Pembatalan justru diumumkan melalui akun resmi Indonesian Idol baik Instagram maupun Twitter pada pukul 21.15 WIB, atau beberapa menit setelah jam tayang yang seharusnya berlangsung pukul 21.00.

Kedua akun media sosial itu hanya mengumumkan Bahwa Spektakuler Show akan tayang kembali pada Senin 18 Januari 2021. Tidak ada penjelasan lebih lanjut penyebab penundaan ini.

Ketidakjelasan penyelenggaran Indonesian Idol ini tentunya jadi tanda tanya netizen dan penggemar Indonesian Idol. Banyak pertanyaan, mungkin saja mereka ada yang reaktif saat dites sebelum tampil. Apalagi kasus Covid-19 di Jakarta kembali meningkat.

Pandemi Covid-19 ini memang penuh tantangan bagi semua sektor, tak terkecuali penyelenggaraan acara siaran tv secara langsung seperti Indonesian Idol. Ke depan, bukan tidak mungkin ada saja peserta yang batal tampil, juri absen, atau tayangan kembali ditunda jika karena pandemi belum berakhir dan tentunya protokol kesehatan tetap harus dijaga. Apalagu jika semua peserta, juri dan ckru ditest antigen sebelum tampil dan reaktif, mereka harus isolasi mandiri. Kita tunggu kejutan apalagi berikutnya 

Editor: A. Dadan Muhanda

terbaru

Amanda Manopo Pakai Sandal Rp12 Juta Saat Adegan Jatuh

Artis Minggu, 7 Maret 2021 | 19:57 WIB

Amanda Manopo memakai sandal seharga Rp12 juta

Umum - Artis, Amanda Manopo Pakai Sandal Rp12 Juta Saat Adegan Jatuh, Amanda Manopo,Sinetron Ikatan Cinta,Andin,Arya Saloka

Grand Opening Resto Milik Rizky Billiar Dibubarkan Satpol PP

Artis Minggu, 7 Maret 2021 | 18:06 WIB

Rizky Billiar melakukan grand opening restoran di Tanjung Duren yang memicu kerumunan

Umum - Artis, Grand Opening Resto Milik Rizky Billiar Dibubarkan Satpol PP, Rizky Billar,restoran Rizky Billiar Dibubarkan,raja sei

Kronologi Nadya Arfita Dituding Merebut Kaesang dari Felicia

Artis Minggu, 7 Maret 2021 | 17:18 WIB

Ini kronologi cinta segita Kaesang, Felicia dan Nadya

Umum - Artis, Kronologi Nadya Arfita Dituding Merebut Kaesang dari Felicia, Kaesang Pangarep,Kaesang dan Felicia Putus,Nadya arfita,ibunda felicia

Disebut Tiru Konsep Pernikahan Atta Halilintar, Ini Kata Rizky Billar

Artis Minggu, 7 Maret 2021 | 14:50 WIB

Bintang sinetron "Aku Anak Indonesia" ini mengatakan, tujuannya menikah karena ibadah bukan semata-mata untuk bersaing.

Umum - Artis, Disebut Tiru Konsep Pernikahan Atta Halilintar, Ini Kata Rizky Billar, Rizky Billar,Rizky Billar Lesti Kejora,Lesty Kejora,Konsep nikah Rizky Billar Lesty Kejora,Atta Halilintar

Ibu Felicia Ngamuk, Nama Kaesang Trending di Twitter

Artis Minggu, 7 Maret 2021 | 13:57 WIB

Ibu Felicia Ngamuk, Nama Kaesang Trending di Twitter

Umum - Artis, Ibu Felicia Ngamuk, Nama Kaesang Trending di Twitter, Kaesang dan Felicia Putus,Kaesang dan Felicia,Kaesang Felicia putus,Kaesang Pangarep,Felicia Tissue,Ibu Felicia marah

Ibu Felicia Minta Kaesang Kembalikan Kunci Mobil

Artis Minggu, 7 Maret 2021 | 13:03 WIB

Bahkan di media sosial, Meilia Lau blak-blakan menitipkan pesan kepada Nadya Arifta untuk Kaesang Pangarep. Isinya, memi...

Umum - Artis, Ibu Felicia Minta Kaesang Kembalikan Kunci Mobil, Kaesang Pangarep,Kaesang dan Felicia Putus,Kaesang dan Felicia,Kaesang Felicia putus,Felicia Tissue,Ibu Felicia marah

Anaknya Ditinggal Kaesang Pangarep, Ibu Felicia Ngamuk

Artis Minggu, 7 Maret 2021 | 12:00 WIB

Ia tak menyangka, hubungan sang putri yang dibina 5 tahun kini berakhir sia-sia.

Umum - Artis, Anaknya Ditinggal Kaesang Pangarep, Ibu Felicia Ngamuk, Kaesang Pangarep,Felicia Tissue,Meilia Lau,Ibu Felicia marah,Kaesang Felicia putus

Polling: Siapa Kontestan Indonesian Idol yang Akan Pulang Senin Malam?

Artis Minggu, 7 Maret 2021 | 11:41 WIB

Pada Senin (8/3/2021) malam, Indonesian Idol memasuki babak Spektakuler Show Top 6 dengan mengusung tema "The Ultimate P...

Umum - Artis, Polling: Siapa Kontestan Indonesian Idol yang Akan Pulang Senin Malam?, Indonesian Idol,Spektakuler Show Top 6,Kontestan Indonesian Idol
dewanpers