web analytics
  

Tanda-tanda Jantung Tak Sehat, Lelah hingga Detak Tak Beraturan

Jumat, 15 Januari 2021 18:00 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Tanda-tanda Jantung Tak Sehat, Lelah hingga Detak Tak Beraturan, Jantung sehat,sesak napas,Keringat Dingin,Lelah,masalah jantung,Penyakit Jantung

Jika Anda sering lelah, sering berkeringat dingin, hingga detak jantung tak beraturan, mungkin jantung Anda sedang tidak sehat. Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin guna melihat kondisi organ ini dalam keadaan baik. (Pexels dari Pixabay )

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika Anda sering lelah, sering berkeringat dingin, hingga detak jantung tak beraturan, mungkin jantung Anda sedang tidak sehat. Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin guna melihat kondisi organ ini dalam keadaan baik.

Rajneesh Kapoor, Wakil Ketua Intervensional Cardiology, Heart Institute, Medanta, India mengatakan bahwa meskipun tidak semua masalah jantung disertai dengan tanda atau gejala yang jelas, orang perlu mengetahui gejala-gejala umum agar dapat mendeteksi perubahan atau kelainan sekecil apapun.

Jika mengalami gejala gangguan jantung, segera cari intervensi medis untuk mencegah situasi memburuk. Dilansir Indian Express, ada 10 tanda dari kondisi jantung tidak sehat yang perlu diwaspadai sejak dini.

1. Dada tidak nyaman

Dada tidak nyaman atau sering sesak maupun nyeri dada merupakan gejala paling umum yang dapat menandakan bahaya bagi jantung. Orang bisa mengalami sesak, nyeri, atau tekanan di dada saat arterinya tersumbat atau saat mengalami serangan jantung.

Gejala dapat muncul saat istirahat atau selama beberapa aktivitas fisik. Biasanya, gejala berlangsung selama beberapa menit.

Rasa sakitnya singkat dan area yang mengalami rasa lebih sakit saat disentuh atau didorong. Dalam kasus tertentu, terutama pada perempuan, serangan jantung dapat terjadi tanpa nyeri dada.

2. Mual dan mulas

Beberapa orang ada yang mengalami mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut saat serangan jantung. Gejala-gejala tersebut bisa disertai dengan muntah juga.

Oleh karena itu, dalam banyak kasus, serangan jantung dapat disalahartikan sebagai gangguan pencernaan. Demikian pula, masalah perut juga bisa terjadi karena alasan lain, tetapi Anda harus sadar bahwa itu juga bisa menandakan serangan jantung.

3. Nyeri

Tanda umum lainnya dari kondisi jantung yang tidak sehat adalah rasa sakit yang menyebar ke bagian bawah sisi kiri tubuh. Biasanya, rasa nyeri berasal dari dada dan merembet ke arah luar lengan. Nyeri lengan juga bisa menjadi gejala kondisi jantung.

4. Pusing dan pingsan

Semua orang dapat mengalami pusing dan pingsan, entah karena panas matahari, ventilasi buruk, serta bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau barbaring, kecemasan atau syok, maupun akibat sesak di dada atau napas.

Akan tetapi, kondisi ini juga dapat mengindikasikan sesuatu yang lebih serius, seperti penurunan tekanan darah. Hal tersebut juga dapat menyebabkan terganggunya kemampuan jantung dalam memompa darah.

5. Sakit di tenggorokan atau rahang

Sakit tenggorokan atau rahang biasanya disebabkan oleh masalah otot, pilek, atau sinus. Namun, jika Anda mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan di dada yang menyebar ke rahang atau tenggorokan, itu bisa menandakan serangan jantung.

6. Kelelahan

Jika Anda mengalami kelelahan setelah melakukan aktivitas, seperti menaiki tangga atau membawa bahan makanan, yang sebelumnya tidak menjadi tantangan bagi Anda, hal itu mungkin menandakan adanya kondisi tidak baik dari organ ini.

Kelelahan yang ekstrem atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi perempuan.

7. Mendengkur

Walaupun mendengkur saat tidur adalah hal yang normal, dengkuran yang sangat keras yang terdengar seperti terengah-engah atau tercekik bisa menjadi tanda sleep apnea, suatu kondisi ketika pernapasan terganggu sesaat saat tidur. Ini menciptakan tekanan tambahan pada jantung Anda sehingga menimbulkan masalah jantung.

8. Berkeringat dingin tanpa alasan tertentu

Jika berkeringat dingin terjadi bersamaan dengan gejala yang disebutkan sebelumnya, segera cari bantuan medis.

9. Detak jantung tidak teratur atau tidak normal

Biasanya, orang mungkin mengalami jantung berdebar kencang atau berdebar cepat saat gugup atau bersemangat. Akan tetapi, jika terus berlanjut selama lebih dari beberapa detik, ini dapat mengindikasikan adanya masalah.

Melewati satu atau dua detak untuk waktu yang lama atau sering, dapat menandakan kondisi yang disebut atrial fibrillation (denyut jantung tidak teratur dan sering kali cepat yang umumnya menyebabkan aliran darah buruk). Kondisi ini dapat mengakibatkan pembekuan darah, strok, gagal jantung, dan komplikasi lainnya terkait jantung.

10. Terjadi pembengkakan pada bagian tubuh

Pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan telapak kaki dapat menunjukkan bahwa jantung tidak memompa darah seefektif yang seharusnya.

Ini menyebabkan darah menumpuk di pembuluh darah yang menyebabkan kembung. Dalam kasus gagal jantung, kemampuan penyaringan ginjal untuk membuang kelebihan air dan natrium juga dapat terpengaruh, yang berujung dengan mengakibatkan perut kembung.

Editor: M. Naufal Hafizh

terbaru

Setelah Vaksinasi Covid-19, Disarankan Minum Teh Hijau

Sehat Senin, 8 Maret 2021 | 13:54 WIB

Semakin banyak orang yang menerima vaksin Covid-19. Anda pun perlu mengetahui apa yang harus dilakukan setelah vaksinas...

Gaya Hidup - Sehat, Setelah Vaksinasi Covid-19, Disarankan Minum Teh Hijau, Teh Hijau,Manfaat Teh Hijau,Vaksinasi Covid-19,Vaksin Covid-19,vaksin corona

Bagaimana Varian Baru Covid-19 B117 Terbentuk?

Sehat Senin, 8 Maret 2021 | 13:18 WIB

Kementrian Kesehatan telah memberikan informasi resmi terkait ditemukannya kasus pasien yang terinfeksi Covid 19 varian...

Gaya Hidup - Sehat, Bagaimana Varian Baru Covid-19 B117 Terbentuk?, Corona B117,B117,virus corona B117,varian baru Covid-19,varian baru corona

Cara Atasi Perut Bergelambir

Sehat Senin, 8 Maret 2021 | 08:00 WIB

Banyak diam di rumah membuat bentuk badan tak ideal.

Gaya Hidup - Sehat, Cara Atasi Perut Bergelambir, perut bergelambir,mengecilkan perut bergelambir,perut celemek,Cara Mengecilkan perut

Penyebab Ingin Selalu Makan Camilan saat Larut Malam yang Bikin Obesit...

Sehat Minggu, 7 Maret 2021 | 21:42 WIB

Makan camilan tengah malam bisa bikin obesitas

Gaya Hidup - Sehat, Penyebab Ingin Selalu Makan Camilan saat Larut Malam yang Bikin Obesitas, Obesitas,menu makan malam,Camilan

Waspada! Ini 5 Gejala Terbaru Long Covid-19

Sehat Minggu, 7 Maret 2021 | 19:56 WIB

Waspada! Ini 5 Gejala Terbaru Long Covid-19

Gaya Hidup - Sehat, Waspada! Ini 5 Gejala Terbaru Long Covid-19, gejala terbaru covid-19,gejala long covid-19,COVID-19,sesak napas,kelelahan,kabut otak

Ini Manfaat Tidur Teratur bagi Kesehatan Tubuh

Sehat Minggu, 7 Maret 2021 | 19:06 WIB

Ini Manfaat Tidur Teratur bagi Kesehatan Tubuh

Gaya Hidup - Sehat, Ini Manfaat Tidur Teratur bagi Kesehatan Tubuh, Manfaat tidur teratur,gairah seks,tidur,kekrbalan tubuh,Tips Kesehatan

Ini Alasan Ibu Hamil Belum Bisa Divaksin Covid-19

Sehat Minggu, 7 Maret 2021 | 01:14 WIB

Ini Alasan Ibu Hamil Belum Bisa Divaksin Covid-19

Gaya Hidup - Sehat, Ini Alasan Ibu Hamil Belum Bisa Divaksin Covid-19, ibu hamil,Vaksin Covid-19

Ini Kegunaan MSG Bagi Lansia

Sehat Sabtu, 6 Maret 2021 | 14:15 WIB

Pakar diet dan gizi, sekaligus anggota IDI, Johanes Chandrawinata mengatakan saat diopname di rumah sakit, pasien lansia...

Gaya Hidup - Sehat, Ini Kegunaan MSG Bagi Lansia, MSG,Manfaat MSG,kegunaan MSG,Lansia
dewanpers