web analytics
  

Viral Video Kuda Delman Jatuh, Ini Respon Dishub Cianjur

Kamis, 14 Januari 2021 20:06 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Viral Video Kuda Delman Jatuh, Ini Respon Dishub Cianjur, Dinas Perhubungan Cianjur,Viral Video Kuda Delman Jatuh

Viral Video Kuda Delman Jatuh. (Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur mengaku lalai dalam pengawasan kelayakan delman, termasuk kuda yang digunakan untuk menariknya.

Hal itu dikemukakan Kepala Bidang Angkutan Dishub Kabupaten Cianjur, Hendra Wira menanggapi soal video viral kejadian kuda penarik delman yang jatuh hingga terkapar, di Jalan Adi Sucipto, pada Rabu (13/1/2021) kemarin.

“Memang kita tidak lagi mendata delman yang ada di Cianjur, kita mengakui lalai dalam pengawasan,” ujat Hendra pada wartawan, Kamis (14/1/2021).

Hendra mengungkapkan, hingga saat ini belum ada regulasi mengenai pemeriksaan kelayakan jalan terhadap kuda penarik delman. Meski delman termasuk pada angkutan tidak bermotor.

"Kategorinya ada, yakni Delman masuk pada angkutan tidak bermotor, masuk ke transportasi. Itu gak ada (uji kelayakan), kalau dulu didata dan ada ketua paguyubannya," terangnya.

Tidak ada kata terlambat, Dishub Cianjur akan melakukan tindakan persuasif kepada para pemilik delman untuk memperhatikan kesehatan dan perawatan kuda.

"Agar tidak terulang lagi kejadian tersebut, kami akan lakukan pendeketan secara persuasif ke para pemilik delman, minimal cara merawat kuda nya,” tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers