web analytics
  

Kang Uu: Jabar Juara Lahir Batin Masukan dari Syekh Ali Jaber

Kamis, 14 Januari 2021 19:55 WIB Heru Rukanda
Umum - Regional, Kang Uu: Jabar Juara Lahir Batin Masukan dari Syekh Ali Jaber, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum,Jabar Juara Lahir Batin,Syekh Ali Jaber

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. (Dok Humas Pemprov Jabar)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengaku kehilangan atas meninggalnya Syekh Ali Jaber, Kamis (14/1/2021).

Kang Uu mengatakan, Syeh Ali Jaber merupakan salah seorang tokoh Islam di Indonesia. Almarhum sebagai penceramah dan mubaligh yang memberikan ketetuduhan dalam setiap ceramahnya.

"Atas nama Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan masyarakat, saya ucapkan turut berbela sungkawa atas meninggalnya Syekh Ali Jaber," ujar Kang Uu, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, ulama asal Kota Madinah Arab Saudi tersebut, selalu membuat orang sadar akan keimanan dan ketaqwaan, persatuan dan kesatuan, tidak menjadi gaduh kalau mendengar setiap pembicaraannya.

"Saya berdoa semoga beliau menjadi orang yang khusnul khatimah," ucapnya.

Wagub menjelaskan, sosok Syekh Ali Jaber bisa diterima oleh semua komintas keagamaan. Termasuk diterima di komunitas pondok pesantren tradisional seperti di Miftahul Huda Manonjaya. Artinya pesantren yang belajar dan mempelajari kitab-kotab salapiah.

"Kelompok kami bisa menerima keberadaan beliau. Terkadang kan ada kiai yang elitis, ada kiai yang masuk pada komunitas tertentu dan kalau beliau itu masuk dalam berbagai segmen," ungkap Kang Uu.

Lebih lanjut Kang Uu mengatakan, ada beberapa visi misi Jawa Barat khususnya yang mengenai keagamaan yakni Jabar Juara Lahir Batin, merupakan masukan atau bisikan-bisikan dari Syekh Ali Jaber yang disampaikan kepada gubernur dan didiskusikan dengan dirinya, sehingga program tersebut bisa diterima.

"Beliau pernah menyampaikan bahwa kesuksesan dunia itu harus dibarengi kesuksesan akhirat. Maka gubernur berpikir hal itu sehingga lahirlah Jabar Juara Lahir Batin," tandanya.

"Jabar Juara lahir dan batin, fiddunya khasanah wafilakhiroti khasanah itu ada masukan dari Syekh Ali Jaber," pungkas Kang Uu.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers