web analytics
  

La Nyalla: DPD RI Akan Usulkan Adanya Hari Kebudayaan dan Kearifan Lokal kepada Pemerintah

Rabu, 13 Januari 2021 14:46 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Nasional, La Nyalla: DPD RI Akan Usulkan Adanya Hari Kebudayaan dan Kearifan Lokal kepada Pemerintah, Panitia Kongres Sunda,Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti,Dialog DPD RI dengan Panitia Kongres Sunda,Kongres Sunda 2021,Acil Bimbo

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendapat cinderamata dari Panitia Kongres Sunda. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM  – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berjanji DPD RI akan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo meresmikan Hari Kebudayaan dan Kearifan Lokal sebagai salah satu hari nasional Indonesia.

Demikian disampakan La Nyalla dalam acara Dialog Kebudayaan dengan Panitia Kongres Sunda, di ruang pertemuan Swiss-belresort Dago, Bandung, Rabu (13/1/2021).

“Dalam waktu dekat, saya akan bertemu Presiden Joko Widodo dalam forum konsultasi rutin. Dalam pertemuan itu, saya akan mengusulkan kepada Presiden untuk menetapkan hari kebudayaan dan kearifan lokal sebagai hari nasional,” katanya.

Menurut LaNyalla, hal itu penting mengingat budaya adalah identitas bangsa. Dan kearifan lokal adalah pembela sekaligus pintu membangun kesejahteraan masyarakat asli.

Dalam kesempatan itu, Panitia Kongres Sunda secara resmi menyematkan panggilan Akang AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Gelar itu diberikan oleh Pembina Kongres Sunda, Raden Holil Aksan Umarzein.

Panitia Kongres Sunda juga memberi cinderamata kepada La Nyalla berupa Iket (Udeng) Darmakusuma, Pusaka Kujang Pamor Padjajaran, Buku Biografi Otto Iskandardinata, dan Duluang (sejenis prasasti tulisan kuno). (ayobandung/Irfan Al Faritsi)


“Saya sampaikan terima kasih atas gelar, penghargaan, dan cinderamata yang diberikan kepada saya. Terutama pusaka kujangnya. Kebetulan saya juga pelestari pusaka. Selain keris, tombak, saya juga punya kujang. Tapi ini yang langsung saya terima dari tokoh Sunda. Sekali lagi terima kasih,” ungkap LaNyalla.

Dalam pertemuan itu, sejumlah senator turut hadir mendampingi, di antaranya senator asal Jawa Barat, Eni Sumarni, Amang Syafrudin, dan Asep Hidayat. Juga hadir senator Facrul Razi (Aceh), Alirman Sori (Sumbar), Jiyalika Maharani (Sumsel), Ria Mayang Sari dan Sum Indra (Jambi), Ahmad Bastian dan Bustami Zainudin (Lampung), Wa Ode Rabia Al Adawia (Sultra) dan Alexander Fraciscus (Babel).

Sementara dari Panitia Kongres Sunda, hadir Avi Taufik Hidayat (Ketua OC Kongres Sunda), Nina Kurnia Hikmawati (Sekretaris Kongres Sunda), Andri Perkasa Kantaprawira (Ketua SC), Acil Bimbo (Pembina Kongres), Raden Holil A. Umarzein (Pembina Kongres Sunda), Duddy Sutandi (Pakar Kongres Sunda) dan Hilman Hidayat (Ketua PWI Jawa Barat).

Sementara Senator asal Sumbar, Alirman Sori mengakui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan belum mampu menampung kebutuhan masyarakat akan eksistensi kearifan lokal. “Tetapi sebagai alas untuk menuju ke sana, bisa kita maksimalkan. Tentu melalui forum-forum seperti ini,” ungkapnya.

Dialog Kebudayaan dengan Panitia Kongres Sunda, di ruang pertemuan Swiss-belresort Dago, Bandung, Rabu (13/1/2021). (ayobandung/Irfan Al Faritsi)

 

Di tempat yang sama, Acil Bimbo yang bernama asli Dharmawan Hardjakusumah menyoal banyaknya kearifan lokal dan tata nilai yang sudah tercerabut di Indonesia. Karena belum tegasnya garis batas antara konservasi budaya dengan kepentingan ekonomi.

“Saya sudah ngamen keliling Indonesia. Setiap daerah saya lihat ketimpangan pembangunan. Bukan saja di Papua, tetapi juga di Kalimantan dan daerah lain. Termasuk Jawa Barat sendiri. Saya bilang, Kalimantan punya sumber daya alam kayu dan mineral, tetapi siapa yang kaya dan menguasai? Orang asli Kalimantan atau investor asing?” tukasnya.

Ia juga mengungkap, gunung bagi masyarakat Sunda sangat sakral dan penuh dengan tempat-tempat yang memiliki sejarah ritual. Tetapi gunung-gunung di Jawa Barat ditambang dan digali begitu saja oleh investor-investor yang mendapat izin dari pemerintah. “Ini yang harus kita diskusikan dengan serius, semata untuk menjaga Indonesia dan melindungi generasi mendatang,” urainya.

Sementara senator Lampung, Bustami Zainudin mendukung Kongres Sunda sebagai cikal bakal gerakan masyarakat untuk mempertahankan dan memperkuat identitas bangsa.

“Saya kira DPD, sebagai wakil daerah bisa menginisiasi lahirnya kongres kebudayaan dan kebangsaan dalam skala nasional. Dimana outputnya menjadi masukan konkret kepada pemerintah, bahkan bisa ditingkatkan menjadi naskah akademis Rancangan Undang-Undang yang diperlukan untuk memperkuat kebudayaan dan kearifan lokal,” pungkasnya.

Selain persoalan kebudayaan, silaturahim antara Ketua DPD RI dengan Panitia Kongres Sunda juga membicarakan beberapa hal lain, di antaranya rencana pemekaran wilayah. “Hari ini saya akan menggelar pertemuan dengan Gubernur Jabar, nanti kita perdalam di sana soal otonomi daerah,” imbuh LaNyalla. 

 

 

Editor: Dudung Ridwan

terbaru

Cara Menekan Kenaikan Biaya Listrik Selama WFH

Nasional Jumat, 22 Januari 2021 | 07:09 WIB

Kenaikan biaya pemakaian listrik selama bekerja dari rumah (work from home/WFH) selama masa pandemi Covid-19 merupakan h...

Umum - Nasional, Cara Menekan Kenaikan Biaya Listrik Selama WFH, Biaya listrik naik,WFH,Biaya listrik naik saat WFH,Menekan biaya listrik,Mengurangi biaya listrik,Cara mengurangi beban biaya listrik

6 Faedah Sholat Dhuha, Salah Satunya Pengganti Sedekah

Nasional Jumat, 22 Januari 2021 | 06:34 WIB

Sholat Dhuha pagi hari sampai jelang siang hari mempunyai banyak keutamaan

Umum - Nasional, 6 Faedah Sholat Dhuha, Salah Satunya Pengganti Sedekah, Waktu sholat Bandung,Sholat Bandung,sholat Dhuha,manfaat sholat Dhuha,bacaan sholawat dhuha

Wacana Kapolri Listyo Sigit Prabowo Dinilai Rentan Langgar HAM

Nasional Jumat, 22 Januari 2021 | 06:05 WIB

Koalisi Reformasi Sektor Keamanan mengkritisi pemaparan rencana Kapolri terpilih Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam uji k...

Umum - Nasional, Wacana Kapolri Listyo Sigit Prabowo Dinilai Rentan Langgar HAM, Kapolri Listyo Sigit,Kapolri Baru,Kebijakan Listyo Sigit,Rencana Kapolri Rentan Langgar HAM,Pelanggaran HAM,Listyo Sigit Prabowo

Membaca Sayyidul Istighfar Ini Dijamin Masuk Surga

Nasional Jumat, 22 Januari 2021 | 05:58 WIB

Bacaan sayyidul istighfar dalam dzikir pagi dan petang jika dibaca dengan penuh keyakinan, disebut akan menjamin pembaca...

Umum - Nasional, Membaca  Sayyidul Istighfar  Ini Dijamin Masuk Surga, Sayyidul Istighfar,keutamaan  Sayyidul Istighfar,bacaan  Sayyidul Istighfar,Sayyidul Istighfar  jamin masuk surga,masuk surga,cara masuk surga

Positif Covid-19 Usai Divaksin Sinovac, Ini Penjelasan Bupati Sleman

Nasional Jumat, 22 Januari 2021 | 05:18 WIB

Bupati Sleman mengatakan kekebalan dari vaksin belum terbentuk karena baru disuntik sekali.

Umum - Nasional, Positif Covid-19 Usai Divaksin Sinovac, Ini Penjelasan Bupati Sleman, COVID-19,bupati sleman,Vaksin Sinovac,Vaksin Covid-19

Kangen Keluarga, Edhy Prabowo Minta Bantuan Yasonna Laoly

Nasional Kamis, 21 Januari 2021 | 22:34 WIB

Eks Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengungkapkan selama dua bulan didalam penjara belum dapat bertemu kelu...

Umum - Nasional, Kangen Keluarga, Edhy Prabowo Minta Bantuan Yasonna Laoly, Edhy Prabowo,Menkumham Yasonna Laoly,Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulawesi Utara, Tidak Berpotensi Tsunami

Nasional Kamis, 21 Januari 2021 | 20:45 WIB

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,1 mengguncang Sulawesi Utara pada Kamis (21/1/2021) malam pukul 19:23 WIB. Namun...

Umum - Nasional, Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulawesi Utara, Tidak Berpotensi Tsunami, Gempa Sulawesi Utara,Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah 11.703 Orang

Nasional Kamis, 21 Januari 2021 | 20:42 WIB

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada hari ini memperlihatkan penambahan kasus baru sebanyak 11.703 orang. Dengan p...

Umum - Nasional, Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah 11.703 Orang, Covid-19 di Indonesia,Satgas Covid-19

artikel terkait

dewanpers