web analytics
  

Roti-roti Legendaris di Bandung, Djie Seng hingga Gempol

Selasa, 12 Januari 2021 12:08 WIB Dudung Ridwan
Gaya Hidup - Kuliner, Roti-roti Legendaris di Bandung, Djie Seng hingga Gempol, toko roti Bandung,Roti Legendaris Bandung Baheula,Roti jadul Bandung,Kuliner Bandung,Roti Djie Seng,Roti Djie Seng,Kedai Roti Djie Seng,Roti Bumbu Cari Rasa,Roti Sidodadi,Toko Roti Sumber Hidangan,Roti Gempol,Roti Vitasari

Roti Cari Rasa yang penuh topping di Kosambi. (Ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Soal Kuliner, Kota Bandung tak perlu diragukan lagi. Di Bandung memang banyak makanan dan tempat makan estetik yang bisa dijumpai.

Bandung selalu menjadi perintis kuliner, mulai dari brownies, seblak, molen, batagor, dan masih banyak lagi.

Kuliner kue dan roti pun marak. Selain penjual roti dan kue kekinian, roti-roti legendaris yang sudah ada sejak dulu juga banyak dicari wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara.

Berikut Ayobandung.com rekomendasikan sejumlah roti legendaris yang patut dicoba.

1. Roti Djie Seng

Roti Djie Seng merupakan salah satu roti legendaris yang cukup terkenal di Bandung. Saat pertama berdiri, Roti Djie Seng dijual menggunakan gerobak sepeda.

Pabrik di Bandung ada di tiga tempat, yaitu di Jalan Terusan Pasir Koja No. 205, Jalan Rajawali Timur No. 175, dan Jalan Astana Anyar No. 13.

Kedai roti legendaris Djie Seng di Jalan Astanaanyar, Kota Bandung (Ist)

Jika mampir ke pabriknya, pembeli bisa mencicipi roti yang masih hangat. Harga roti legendaris ini termasuk ekonomis di kantong. Per bungkus Roti Djie Seng dijual mulai harga Rp3.000.

2. Roti Bumbu Cari Rasa

Dulu, Cari Rasa lebih populer disebut roti bumbu daripada roti bakar. Meski sebenarnya rasa rotinya tetap lezat meski tanpa bumbu (topping). Empuk.

Roti Cari Rasa selalu disuguhkan dengan topping yang melimpah. Topping kacang dan stroberi, serta cokelat ditabur di atas roti, kemudian dilengkapi dengan kental manis sampai memenuhi seluruh bagian rotinya.

Roti Cari Rasa yang penuh topping di Kosambi. (Ist)

Sekarang membeli Roti Cari Rasa tidak harus ke Kosambi. Roti besar lembut yang penuh topping ini sudah dijual di mana-mana.

Roti Cari Rasa dipelopori oleh Haji Katmajaya yang dikenal dengan nama Haji Ama (Alm). Pada zaman Belanda, Haji Ama memiliki keahlian membuat roti untuk dimakan oleh para tentara Belanda.

Suatu ketika, Haji Ama membelot ke Pemerintah Indonesia, jadi dia bekerja di dapur tentara Indonesia.

3. Sidodadi

Jangan berharap bisa menikmati Roti Sidodadi jika datang ke kedainya sore-sore, kecuali Anda sudah memesan sebelumnya. Pembeli di kedai roti ini selalu membludak.

Roti Sidodadi termasuk roti legendaris. Rotinya memiliki rasa yang khas.

Dimakan rotinya saja tanpa topping pun sudah enak. Bahkan jika rotinya disimpan sampai besok, rasanya masih tetap enak.

Hal yang paling diingat para pelanggan adalah kantong plastiknya yang khas. Kantong itu berwarna putih dengan tulisan Sidodadi berwarna merah. Dari dahulu tidak berubah.

4. Sumber Hidangan

Toko Roti Sumber Hidangan juga sudah melegenda di Bandung sejak 1929. Kualitas rotinya sangat terjaga tanpa menggunakan bahan pengembang.

Lokasi tokonya juga elite, yakni di tempat berkumpulnya bangsawan Bandung dan nyonya-tuan Belanda. Siapa yang tidak tahu Jalan Braga No 20 Bandung?

Sumber hidangan masih mempertahankan arsitektur tokonya. Selain roti, Sumber Hidangan juga menyediakan es krim dan makanan ringan lainnya.

Sastrawan Remy Silado kalau ke Bandung pasti mampir ke toko roti ini.

5. Roti Gempol

Jangan heran jika Toko Roti Gempol selalu dipenuhi pembeli. Banyak pelanggan yang penasaran ingin mencicipi roti gandumnya.

Selain roti gandum, ada banyak pilihan roti lainnya.

Roti bakar ririungan Gempol. (dok. Alda Gracia)

Roti yang rasanya manis ada roti keju, blueberry, atau cokelat. Sementara roti yang rasanya asin ada roti daging asap dan telur.

Tokonya persis seperti kafe. Seporsi rotinya cukup besar, dijamin kenyang. Toko Roti Gempol ada di Jalan Gempol Wetan no. 14 Bandung.

6. Vitasari

Roti Vitasari salah satu roti terenak di Kota Bandung. Roti yang paling disukai adalah roti pandan plus keju.

Selain roti pandan, Vitasari juga menjual berbagai roti lainnya seperti roti bertopping jagung, keju, sampai blueberry.

Ada dua Toko Vitasari di Kota Bandung, yakni di Jalan Cihapit dan Jalan Mohamad Toha. Harganya pun tidak mahal.

 

Baca versi Bahasa Sunda di sini: Bandung Baheula: Kulinér Roti Légendaris di Bandung

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers