web analytics
  

Mi Bakso Bintang Avon Beda Banget Toping Ayam Suirnya

Kamis, 7 Januari 2021 11:34 WIB Dudung Ridwan
Gaya Hidup - Kuliner, Mi Bakso Bintang Avon Beda Banget Toping Ayam Suirnya, Kuliner Bandung,Mi Bakso Enak di Bandung,Mi Bakso enak,Mi Bakso Bintang Avon

Mi Bakso Bintang Avon (dudungridwan/Ayobandung.com)

AYOBANDUNG.COM -- Bandung memang surganya penggemar kuliner. Mau kuliner mi, banyak banget tempat yang enak, di antaranya: Mi Bakso Akung Jalan Lodaya; Lo Mi Jalam Imam Bonjol; Lo Mi Banteng, Jalan Lodaya; Mi Bakso Jalan Sawah Kurung: Mi Yamin Jalan Inggit Garnasih; Mi Bakso Panghegar, Holis.

Itu yang gede-gedenya, belum mi bakso kelas gerobaknya yang tidak kalah banyak dan enak.

Bakso Bintang Avon sering kelewat disebut. Padahal, bakso ini cukup legendaris. Aneh juga namanya Bintang Avon--kaya toko kosmetik.

Diajak teman, mampir ke gerai pusatnya di Jalan Ahmad Yani Kosambi. Itu lo dekat pertigaan Jalan Naripan, Ahmad Yani, dekat toko-toko sepeda itu.

Awalnya, Haji Maryono berjualan menggunakan gerobak di Jalan Naripan, tepatnya di depan Toko Kosmetik Avon—tuh, kan benar toko kosmetik. Baru tahun 2002, ia berjualan secara permanen di tempat yang digunakan berjualan hingga sekarang. Tempatnya kecil, tapi bersih.

Kini, generasi kedua Haji Maryono yang membantu operasional Bakso Bintang Avon, Dewi (24). Haji Maryono masih tetap memegang kendali rasa. Ia pun tetap menjadi orang di belakang layar yang menentukan setiap resep untuk meracik rasa.

Bintang Avon buka cabang di Jlan Buahbatu, seberang Jalan Lauk Emas. Tempatnya lebih gede dan nyaman daripada di Ahmad Yani, Kosambi.

Daftar menu Bintang Avon (dudungridwan/Ayobandung.com)

Yang menarik, pesan seporsi, mi-nya banyak banget dan enak. Sebenarnya satu porsi cukup dibagi berdua dengan teman. Tapi, kalau lagi lapar banget mah tampaknya bakal habis tuh mi segitu sendiri. 

Toping mi-nya beda dengan mi bakso lainnya. Ini mah suiran ayam kampung yang ditumis. Catat, konon, ini yang menjadi ciri khas mi bakso Bintang Avon.

Bakso uratnya is the best, juga bakso kecilnya, terasa banget dagingnya. Enggak mencoba sih pangsit rebusnya. Tapi, kalau pangsitnya gorengnya bener enak, ada bulatan kayak bakso yang dibungkus pangsit.

Teman saya bilang, selain toping ayamnya yang khas, juga sambal sausnya juga khas. Tampaknya Bintang Avon mengolah sendiri. Wangi bawang putihnya kerasa banget.

Dua porsi mi yamin ditambah dua es jeruk dan dua pangsit, pas Rp60.000. Itu sudah termasuk uang parkir.

Editor: Dudung Ridwan

artikel terkait

dewanpers