web analytics
  

Musibah dan Berkah Pandemi Covid-19, Brand Lokal Bertahan dengan Garap Bisnis Masker

Senin, 28 Desember 2020 18:42 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gaya Hidup - Fashion, Musibah dan Berkah Pandemi Covid-19, Brand Lokal Bertahan dengan Garap Bisnis Masker, Born & Blessed,Brand Lokal,Fesyen,Masker

Born & Blessed. (Eneng Reni)

DAGO, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi covid-19 berhasil memukul segala lini kehidupan masyarakat. Selain mengakibatkan krisis kesehatan, pandemi virus corona berhasil menghantam sektor ekonomi termasuk Indonesia.

Sejak kemunculannya pada pertengahan Maret 2020, pandemi covid-19 nyaris memukul segala sektor kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Tanah Air. Tak sedikit  para pelaku usaha dibuat gulung tikar usai kehadiran covid-19 ini. Bagi mereka yang tengah merintis usaha, hanya ada satu cara untuk bertahan hidup, yakni kerja keras dan kreativitas.

Tantangan untuk bangkit dari krisis pandemi Covid-19 pun dialami pemilik brand lokal asal Bandung, Christian Eka dengan merek clothing, Born & Blessed. Eka mengaku perjuangannya untuk bertahan di tengah pandemi tak jauh berbeda dengan beragam model usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lainnya.

Pria kelahiran 1986 itu mengungkapkan, usahanya yang telah dirintis sejak 1999 sempat turut terkena dampak Covid-19. Tak tanggung-tanggung, dari 30 toko yang menjual barang produksi Born & Blessed, sebagian besarnya terpaksa tutup. Untuk sebagian toko yang masih buka, umumnya mengalami masalah finansial. Bahkan, di masa awal pandemi, Eka terpaksa merumahkan 40 dari 45 karyawannya. Alhasil, usaha yang dijalani pria lulusan Ekonomi Manajemen, Universitas Maranatha ini pun harus mengalami masa pasang surut.

“Kita berdiri dari 1999, sempat gonta-ganti nama, akhirnya di 2019 kita ubah sistem, cara kerja, hingga tim internal. Tapi akhirnya kita dihajar habis-habisan sama corona. Kita awalnya khawatir sama kondisi finansial yang empot-empotan. Akhirnya kita pangkas karyawan tapi kita gak mau berhentiin mereka, kita sementara merumahkan mereka,” ungkap Eka saat ditemui di Hawayu Coffee, Kota Bandung belum lama ini.

Demi tetap memutar roda operasional usahanya, Eka akhirnya memilih untuk mengubah sistem penjualan dengan menggunakan platform online sambil melakukan shifting produk. Padahal sebelum pandemi muncul, Born & Blessed hanya fokus kepada kebutuhan pakaian pria dan celana jins. Namun imbas pandemi Eka beralih fokus menjual masker untuk mengikuti kebutuhan pasar.

“Awal strugling-nya, kita sudah terlalu nyaman dengan cara kerja yang offline, toko, sistemnya bukan jemput bola. Sekarang setelah ada covid-19 di balik dengan 100% online, kita bikin market sendiri. Akhirnya kita coba trial di beberapa market place,” katanya.

Padahal jauh sebelum muncul covid-19, Eka mengakui sempat minder untuk merambah bisnis masker lantaran meyakini tidak akan menarik minat pasar. Meski begitu, Eka akhirnya mencoba memproduksi masker berbahan kaus. Namun, langkah pertama dalam memasarkan produk tersebut itu memang tidaklah mulus. Bahkan saat survei pasar untuk mengecek minat konsumen, sangat sedikit orang yang tertarik.

Situasi berubah ketika Eka diajak berkolaborasi dengan salah satu merek kaus kaki. Di luar dugaan masker tersebut banyak diminati hingga akhirnya Eka meminta izin untuk ikut memasarkan konsep usaha tersebut.

“Awalnya gak mau, gengsi lah tengsin lah. Akhirnya kita belajar dan sadar yang bikin kita survive untuk kita itu keberadaan masker. Dan kita juga ambil peluang jualan masker pas awal pandemi pas anak-anak (karyawan) berhenti,” ungkapnya.

Saat ini ada beragam desain masker yang ditawarkan Born & Blessed, mulai dari motif abstrak yang dipadukan dengan warna cerah khas anak muda. Untuk standar kesehatan, Eka menggunakan bahan tiga lapis kain dengan dua model masker yaitu ear look dan head look. Untuk membuat pengguna nyaman, sebagian masker pun dilengkapi plat logam lunak agar tidak mudah bergeser saat dikenakan. Kini, beragam koleksi masker Born & Blessed dijual seharga Rp49.000-59.000.

Eka menyadari, seiring masa pandemi yang tak kunjung usai, produk masker mampu menyelamatkan usahanya. Setidaknya sudah ada 4 merek masker yang diproduksi oleh Eka dengan kapasitas produksi 1.400-an per hari.

“Sekarang kita banyak produksi untuk orang juga, sekarang ada empat brand masker yang dikerjain yang jualannya kenceng. Produksi kita 1400-an perhari, yang awalnya gak mau, gengsi lah tengsin lah akhirnya kita belajar dan sadar. Apalagi kebutuhan masker skrng shifting, dari awalnya untuk sudut kesehatan aja, tapi sekarang orang juga pakai lebih untuk ke kebutuhan fesyen juga,” ucapnya.

Perlahan bisnis Eka pun membaik. Kini penjualan terus merangkak naik dengan kisaran 50:50 dengan penjualan offline dan online. Bahkan, Eka mengaku ada masa timnya kewalahan menangani penjualan online.

“Awal-awal sempet agak drop karena orderan banyak tapi gak ke handle, keteteran karena masih kaget dengan perubahan sistem ini. Sekarang pegawai udah masuk semua dari Oktober. Udah tiga bukan terakhir penjualan naik signifikan, dibanding dulu kebayang gak nyampai 100 keluar buatan sebulan. Sekarang penjualan dari awalnya 100 aja susah tapi sekarang tiga digit sehari. Makanya kita pelajarin untuk proses,” ujarnya.

Kini, perusahaannya sudah berjalan normal. Penjualan utama mereka yakni aksesoris, t-shirt, kemeja, celana panjang, dan lainnya pun kembali membaik. Toko yang tutup pun sudah kembali buka, dan para pekerja juga terus bertambah.

“Awal-awal saat karyawan dirumahin, kita anggap pandemi ini nyusahin, tapi setelah kejadian ini ada pandemi ini kita bisa eksplor. Kita juga akhirnya pengin kasih edukasi bahwa brand lokal lagi strungling. Karena pengalaman kita untuk cut satu karyawan aja harus punya nyali, ngomongnya itu sedih,” ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

terbaru

Ciri-Ciri Wanita Penghuni Surga

Fashion Senin, 25 Januari 2021 | 10:20 WIB

Ada sejumlah ciri-ciri wanita yang kelak menjadi penghuni surga. Lalu apa saja ciri-cirinya?

Gaya Hidup - Fashion, Ciri-Ciri Wanita Penghuni Surga , Wanita Penghuni surga,Ciri wanita penghuni surga,Penghuni surga,ciri penghuni surga

Apa Penyebab Lubang Kecil di Pakaian? Begini Cara Mengatasinya

Fashion Sabtu, 23 Januari 2021 | 08:37 WIB

Anda sudah merawat pakaian dengan baik, tapi sering mendapati lubang kecil pada baju. Apa penyebab munculnya lubang ters...

Gaya Hidup - Fashion, Apa Penyebab Lubang Kecil di Pakaian? Begini Cara Mengatasinya, merawat pakaian,lubang kecil di pakaian,mengatasi pakaian rusak,memperbaiki pakaian

Pandemi Hemat Duit, Begini Tips Merawat Baju Biar Awet!

Fashion Minggu, 17 Januari 2021 | 13:19 WIB

Di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi, belajar menghemat uang adalah salah satu solusi. Cara ini pun bisa dite...

Gaya Hidup - Fashion, Pandemi Hemat Duit, Begini Tips Merawat Baju Biar Awet!, merawat pakaian,merawat baju,merawat celana,merawat jaket

Awas Keliru, Begini Cara Merawat Rambut bagi Wanita Berhijab

Fashion Jumat, 15 Januari 2021 | 18:44 WIB

Awas Keliru, Begini Cara Merawat Rambut bagi Wanita Berhijab

Gaya Hidup - Fashion, Awas Keliru, Begini Cara Merawat Rambut bagi Wanita Berhijab, cara merawat rambut wanita berhijab,perawatan rambut,rambut hijab,Kesehatan Rambut

Cara Mencerahkan Wajah dengan Jeruk Nipis dan Putih Telur

Fashion Kamis, 14 Januari 2021 | 17:10 WIB

Cara Mencerahkan Wajah dengan Jeruk Nipis dan Putih Telur

Gaya Hidup - Fashion, Cara Mencerahkan Wajah dengan Jeruk Nipis dan Putih Telur, Cara Mencerahkan Wajah,Jeruk Nipis,Putih Telur

5 Manfaat Telur untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Fashion Kamis, 14 Januari 2021 | 17:06 WIB

5 Manfaat Telur untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Gaya Hidup - Fashion, 5 Manfaat Telur untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, masker telur,Putih Telur,Manfaat Telur,Kecantikan

Tips Busana di 2021, Tetap Gaya Meski Pakai Masker

Fashion Rabu, 13 Januari 2021 | 21:39 WIB

Tahun 2020 dipenuhi dengan tren gaya berpakaian santai dan nyaman karena keseharian kita yang banyak menghabiskan waktu...

Gaya Hidup - Fashion, Tips Busana di 2021, Tetap Gaya Meski Pakai Masker, Tips Busana,Tren Busana,Masker,Fesyen Terbaru

Ini 5 Penyebab Bibir Jadi Hitam, Anda Mengalaminya?

Fashion Rabu, 13 Januari 2021 | 16:56 WIB

Ini 5 Penyebab Bibir Jadi Hitam, Anda Mengalaminya?

Gaya Hidup - Fashion,   Ini 5 Penyebab Bibir Jadi Hitam, Anda Mengalaminya?, Bibir hitam,penyebab bibir hitam,cara mencegah bibir hitam

artikel terkait

dewanpers