web analytics
  

BMKG Jelaskan Penyebab Hujan Deras di Kota Bandung

Jumat, 25 Desember 2020 18:25 WIB
Bandung Raya - Bandung, BMKG Jelaskan Penyebab Hujan Deras di Kota Bandung, cuaca Bandung BMKG,Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),Hujan deras di Bandung,Cuaca Bandung,Cuaca Bandung Hari Ini,Cuaca ekstrem

Sebuah mobil terjebak dalam banjir akibat hujan deras yang turun pada Kamis (24/12). (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Meteorologi, Klimatologi dam Geofisika (BMKG) mengungkapkan, hujan deras yang terjadi di Kota Bandung dan sekitarnya terjadi akibat terdapat pola angin yang melambat. Dampak dari pelambatan tersebut membuat awan hujan terkumpul di Bandung.

Diketahui, hujan deras yang terjadi Kamis (24/12) sore dengan durasi 2 jam menyebabkan sejumlah ruas jalan terendam banjir. Akibatnya, kendaraan tidak dapat melintas. Selain itu, belasan kirmir roboh terjadi longsor.

Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, pola angin yang melambat disebabkan oleh kondisi dinamika atmosfer lapisan udara yang selalu berubah. Menurutnya, gangguan yang cukup signifikan membuat perlambatan massa udara di bagian Barat Jawa Barat.

"Kondisi ini mendukung pertumbuhan awan-awan diantaranya di wilayah Jawa Barat," ujarnya, Jumat (24/12). Ia menambahkan, terdapat pertumbuhan awan konvektif atau Cumulonimbus pada siang hingga sore kemarin.

Tony mengatakan, kondisi tersebut diperkirakan menyebabkan hujan deras dan terjadi banjir. Menurutnya, cuaca eksterm diperkirakan masih ada dan potensi banjir terjadi terlebih Jawa Barat masih berada di masa musim hujan.

"Waspada potensi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang," ungkapnya.
 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers