web analytics
  

Piala Dunia U-20 2021 Ditunda, Menpora Langsung Gelar Rapat

Jumat, 25 Desember 2020 12:24 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Piala Dunia U-20 2021 Ditunda, Menpora Langsung Gelar Rapat, Piala Dunia U-20 2021 ditunda,Piala Dunia U-20 2021 Batal,Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021,Piala Dunia U-20 2021,Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021,Piala Dunia U-20

Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (dok. PSSI)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali angkat bicara terkait pembatalan Piala Dunia U-20 2021 oleh FIFA. Kemenpora selaku perwakilan pemerintah Indonesia disebutnya paham dengan keputusan tersebut.

Seperti diketahui, FIFA resmi membatalkan kejuaraan bergengsi yang akan dihelat di Indonesia itu pada Kamis (24/12/2020) malam WIB. Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Peru juga mengalami hal serupa.

Sebagai gantinya, FIFA memilih menggeser ajang tersebut ke 2023 dan Indonesia tetap akan menjadi tuan rumahnya. Keputusan induk sepakbola dunia itu didasari kondisi dunia yang masih dilanda pandemi Covid-19.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali sudah menerima laporan dari PSSI terkait kabar tak mengenakan itu. Setelah mengecek langsung lewat laman FIFA, Amali legawa dengan keputusan tersebut.

"Pemerintah memahami sepenuhnya keputusan FIFA tersebut, dengan alasan adanya penyebaran pandemi Covid-19 yang masih berkembang hampir merata di seluruh penjuru dunia," kata Zainudin Amali dalam rilis PSSI.

"Selain itu, pemerintah juga sangat menghormati FIFA karena sebelum keputusan tersebut diambil telah terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek," jelasnya.

"Dan [kami] sangat mengapresiasi kesungguhan Pemerintah Indonesia bersama PSSI sebagai LOC yang telah melakukan berbagai langkah persiapan bagi suksesnya penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021," ucapnya.

Untuk menentukan langkah berikutnya, Menpora akan mengadakan rapat dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Rapat juga akan dihadiri beberapa pihak termasuk PSSI.

Banyak hal yang akan dibahas seperti renovasi stadion yang sudah berlangsung serta tim nasional Indonesia yang tengah menjalani persiapan.

"Beberapa hal penting yang akan dibahas antara lain: penjelasan lengkap tentang penundaan event tersebut, up date dan kelanjutan renovasi sejumlah stadion dan lapangan latihan serta update dan kelanjutan pembinaan Timnas yang sudah dipersiapkan," katanya.

"Tentu saja diperkirakan akan berubah (disesuaikan usia pada saat itu) karena event tersebut berlangsung di tahun 2023. Pada tahun yang sama , Indonesia juga akan menjadi tuan rumah (co-host) Piala Dunia FIBA tahun 2023," tambahnya.

Setelah digelaranya rapat tersebut, hasilnya akan langsung disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers