web analytics
  

Ingin Camping Seperti di Atas Gunung? Wisata Alam Ranca Upas Bisa Jadi Alternatif

Kamis, 17 Desember 2020 01:05 WIB Netizen Nerisha Kusumawardani
Netizen, Ingin Camping Seperti di Atas Gunung? Wisata Alam Ranca Upas Bisa Jadi Alternatif , Ranca Upas,Camping,wisata,wisata alam

Kondisi langit pada siang hari di Ranca Upas (11/07/2020). (Nerisha Kusumawardani)

Nerisha Kusumawardani

Mahasiswa Universitas Padjadjaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, prodi Televisi dan Film.

AYOBANDUNG.COM -- Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, karena berbagai macam objek wisata menarik ada di Bandung, salah satunya yaitu Wisata Alam Ranca Upas.

Berawal dari ajakan salah satu teman SMA yang mengajak penulis pergi menaiki salah satu gunung dan camping di sana, tapi rasa-rasanya orang seperti si penulis bisa dibilang belum berpengalaman untuk menaiki gunung, apalagi penulis dan ketiga temannya adalah seorang perempuan, tapi  rasa penasaran penulis dan teman-temannya akan rasanya camping di alam bebas membuat penulis dan teman-temannya mencari alternatif agar tetap bisa pergi camping di alam, dan akhirnya kita memutuskan untuk pergi ke salah satu wisata alam yang terletak tak jauh dari kota Bandung yaitu Ranca Upas.

Ranca Upas ini terletak di daerah Ciwidey KM 11, Kabupaten Bandung selatan, berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Bandung atau kira-kira sekitar 1 jam setengah dengan kendaraan roda 4 kita sudah bisa sampai ke wisata alam ini,

Saat itu penulis pergi ke tempat wisata alam Ranca Upas ini dengan 7 orang temannya, kita berangkat menggunakan motor, karena pada saat itu kita berniat sambil ridding, pergi jam 2 siang dari kota Bandung sampai ke lokasi sekitar jam 4 sore. Tapi saran penulis untuk kalian yang ingin cepat sampai  bisa menggunakan mobil karena bisa melewati tol dan bisa sampai lebih cepat di bandingkan dengan menggukan motor.

Sesampainya di lokasi kami langsung mencari tempat untuk memasang tenda, kita memasang 2 tenda untuk 8 orang, tips dari penulis agar kalian membawa makanan yang cukup dan baju hangat karena disana suhu nya sangat dingin apalagi ketika memasuki malam hari, pada saat kita ke sana suhunya mencapai 13 derajat celcius Ketika malam hari.

Oh iya, untuk kalian jangan khawatir di wisata alam Ranca Upas ini tersedia warung-warung yang menjual makanan dan minuman jadi jangan khawatir jika kalian kehabisan makanan maupun minuman, dan di warung-warung ini juga menyediakan kayu bakar dan minyak tanah untuk kalian yang ingin menghangatkan tubuh pada saat malam hari tiba, kalian bisa membelinya di warung.

Di sana juga terdapat beberapa fasilitas seperti WC umum, dan musala, untuk WC umumnya kalian bisa bayar Rp2000 untuk yang ingin buang air kecil maupun besar dan Rp4.000 untuk kalian yang ingin mandi.

Untuk kalian yang ingin camping tapi tidak punya perlengkapan camping, tenang kalian bisa menyewa peralatan kemping seperti tenda, sleeping bag, lampu tenda, matras, kompor, dan lain-lain, tetapi itu terbatas ya, saya saranin sih kalian bawa sendiri dari rumah supaya lebih hemat.

Penulis punya beberapa tip nih untuk kalian yang baru pertama kali pergi camping:

  1. Yang pertama, penulis saranin kalau bisa kalian buat bawa mobil, apalagi yang camping-nya cuma sehari karena bakal cape banget menurut si penulis, karena ketika malam hari yang si penulis dan teman-teman yang lain rasakan adalah susah untuk tidur karena suhu yang sangat dingin. Jadi pada saat perjalanan pulang dari camping kalian bisa istirahat di mobil ketimbang kalian harus naik motor.
  2. Yang kedua, bawa bekal makanan yang cukup, baik itu makanan berat atau pun camilan kalian harus membawa keduanya, karena cuaca yang dingin membuat perut kalian akan merasa lapar terus apalagi kalau kalian pergi bersama teman-teman yang makanya banyak, ketimbang harus membeli di warung saya saranin kalian untuk bawa dari rumah supaya lebih menghemat keuangan.
  3. Yang ketiga, kalian wajib bawa sleeping bag apalagi untuk yang baru pertama kali merasakan camping di suhu yang dingin, kalian akan kesulitan tidur ketika malam hari kalau ga pake sleeping bag karena bakalan dingin banget.
  4. Yang keempat, penulis saranin juga kalian milih tempat tendanya yang cukup berdekatan dengan tenda orang, supaya kalau terjadi sesuatu kalian bisa minta pertolongan, dan untuk kalian yang suka beser alias buang air kecil terus pada malam hari penulis sarankan kalian buat milih tempat tenda yang berdekatan dengan WC umum.
  5. Yang kelima, wajib membawa pakaian tebal dan baju hangat.
  6. Yang keenam, ketika malam hari tiba persiapkan kayu bakar dan minyak tanah, untuk membuat api unggun agar tubuh tetap hangat.
  7. Yang ketujuh, ketika kalian mau pergi camping kalian harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, karena pada saat itu penulis dan teman-temannya amat sangat mendadak ketika merencanakan pergi camping jadi kerasa kesusahan ketika disana, baik pada saat memasang tenda, salah memilih tempat untuk pasang tenda, kekurangan makanan dan kekurangan kayu bakar saat malam hari tiba.

 

Suasana pagi hari di Kawasan perkemahan Ranca Upas (11/07/2020) (Nerisha Kusumawardani)

Berada di ketinggian di atas 1.700 mdpl kawasan wisata Ranca Upas ini difungsikan sebagai kawasan wisata Hutan Lindung, suhu udara di kawasan wisata Ciwidey ini pada siang hari saja sudah sejuk tetapi pada saat malam hari berubah menjadi ekstrim sangat dingin bisa mencapai 14-13 derajat Celsius.

Tempat wisata alam Ranca Upas ini cocok sekali untuk kalian-kalian yang ingin pergi refreshing dan juga untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman. Di wisata alam  Ranca Upas ini tidak hanya menyediakan tempat camping saja kalian juga bisa bermain atau foto-foto bersama hewan rusa karena di Ranca Upas ini terdapat penangkaran rusa, tidak hanya itu disana juga tersedia tempat outbound untuk anak-anak, kalian juga bisa berkeliling menaiki kuda, dan juga terdapat kolam air panas.

Tetapi untuk harganya berbada-beda yah, untuk yang ingin pergi camping kalian bisa menyiapkan uang sebesar Rp10.000 untuk wisatawan ditambah dengan biaya kendaraan apabila kalian membawa kendaraan bermotor Rp17.000 dan untuk mobil sebesar Rp25.000 jika kalian akan menginap. Dan yang hanya ingin sekedar melihat rusa atau pergi ke kolam air panas kalian bisa menyiapkan uang sebesar Rp20.000.

Tempat wisata Ranca Upas ini juga dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya loh seperti Kawah Putih, Hutan Lindung Cimanggu, Mushroom Hill, dan masih banyak lagi tempat wisata lainya. Jadi untuk kalian yang ingin pergi berwisata baik bersama teman atau pun keluarga kalian ga usah jauh-jauh ke luar kota, kalian bisa pilih tempat wisata di daerah Ciwidey ini, Dan juga untuk kalian yang ingin merasakan camping di alam tapi masih ragu untuk menaiki gunung kalian bisa memilih alternatif dengan berkemah di Ranca Upas ini terlebih dahulu, rasaya ga kalah seru ko dengan berkemah di atas gunung.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

terbaru

Sektor Infokom Tumbuh Pesat di Tengah Pandemi

Netizen Jumat, 5 Maret 2021 | 09:25 WIB

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia genap berusia setahun. Sejak ditemukan kasus perdana di awal Maret tahun 2020, h...

Netizen, Sektor Infokom Tumbuh Pesat di Tengah Pandemi, Infokom,COVID-19,PSBB

Kapan Situ Aksan Ada?

Netizen Kamis, 4 Maret 2021 | 14:25 WIB

Dalam Peta Topografi tahun 1904-1905, tempat yang kemudian menjadi Situ Aksan, masihlah perkampungan kecil.

Netizen, Kapan Situ Aksan Ada?, Sejarah,Kota Bandung,Topografi,Desa,Abad ke-20,Bandung Baheula

Tiga Terjemahan Pertama

Netizen Kamis, 4 Maret 2021 | 10:20 WIB

Pada 1872, Raden Kartawinata sudah bisa menerbitkan tiga judul terjemahan dari bahasa Belanda.

Netizen, Tiga Terjemahan Pertama, raden kartawinata,Sunda,Jawa,Bahasa,Penerjemah,Belanda,R.H. Moeh. Moesa,K.F. Holle,buku,Literatur,Literasi

Mencabut Industri Dosa Berkedok Perpres Investasi Miras

Netizen Rabu, 3 Maret 2021 | 14:15 WIB

Ada yang bilang bahwa industri dosa sejatinya merupakan usaha mentransfer dana publik ke tangan swasta dengan cara yang...

Netizen, Mencabut Industri Dosa Berkedok Perpres Investasi Miras, Minuman Keras (Miras),Perpres investasi miras,Presiden Joko Widodo,Indonesia,Investasi,World Health Organization (WHO),Papua,minuman beralkohol

Gang 'Sarebu Punten' Itu Disulap Jadi Kampung Kreatif

Netizen Rabu, 3 Maret 2021 | 13:40 WIB

Pada era tahun 90-an, jalan-jalan atau gang-gang kecil di daerah Cicadas juga terkenal dengan sebutan gang "sarebu punte...

Netizen, Gang 'Sarebu Punten' Itu Disulap Jadi Kampung Kreatif, Cicadas,Desa Kreatif,Bandung,Gang ,Kampung Kreatif

Khawatir Kini Kina Tinggal Nama

Netizen Selasa, 2 Maret 2021 | 15:00 WIB

Pohon kina peninggalan tahun 1855 itu sudah sangat tua, keadaannya sudah dalam posisi bungkuk atau miring, dan kini suda...

Netizen, Khawatir Kini Kina Tinggal Nama, Kina,Pohon,Bandung,Chincona,Chincon,Franz Wilhelm Junghuhn,Karl Justus Hasskarl

Virtual Police, Polisi Bahasa Gaya Baru

Netizen Selasa, 2 Maret 2021 | 13:50 WIB

Kita tidak boleh hanya menekankan kebenaran berbahasa yang diukur oleh kebakuan KBBI, tetapi harus memperhatikan situasi...

Netizen, Virtual Police, Polisi Bahasa Gaya Baru, Polisi,Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),Santun

Mengenal Wawacan dan Putri Sekar Arum

Netizen Selasa, 2 Maret 2021 | 10:54 WIB

Wawacan berjudul ‘Putri Sekar Arum’ jadi penanda utama bahwa, bahasa, sastra, dan budaya Sunda masih hidup

Netizen, Mengenal Wawacan dan Putri Sekar Arum , Putri Sekar Arum,Bahasa Sunda,Wawacan,Puisi Sunda

artikel terkait

dewanpers