web analytics
  

Tak Boleh Makan Sebelum Olahraga, Mitos atau Fakta?

Jumat, 11 Desember 2020 07:17 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Tak Boleh Makan Sebelum Olahraga, Mitos atau Fakta?, Olahraga,makan,fisik

Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Benarkah anggapan bahwa tidak boleh makan sebelum olahraga?

Dilansir dari Medical Daily, umumnya, melakukan aktivitas fisik setelah makan tak dianjurkan karena pembuluh darah bekerja keras untuk mengangkut darah ekstra yang dipompa oleh jantung selama latihan. Akibatnya, Anda bisa sakit perut atau sakit di bagian tubuh lain.

Dr Daniel Vigil, profesor klinis di University of California menjelaskan refluks, cegukan atau muntah juga dapat terjadi pada banyak kasus seperti ini.

Penelitian menemukan olahraga dalam keadaan lapar menyebabkan tubuh membakar karbohidrat yang disimpan yang dapat mempercepat penurunan berat badan.

"Tak cukup makan sebelum berolahraga dapat membuat kamu pusing, mual atau lesu," kata ahli diet Jessica Jones dari Oakland. Dia menambahkan kemungkinan cedera juga bisa terjadi.

Glikogen yang merupakan bahan bakar untuk sel-sel dalam tubuh akan habis ketika seseorang belum makan. Di sisi lain, hal ini juga bisa membakar lemak.

Jennifer Lea, seorang pelatih di Johnson & Johnson Human Performance Institute, mengatakan massa otot membantu kinerja dan metabolisme tubuh.

Waktu sebelum makan bisa bervariasi pada setiap individu. Umumnya disarankan untuk makan satu atau dua jam sebelum olahraga.

Hal ini membuat perut kosong saat olahraga dan memastikan proses pencernaan tak terganggu. Namun jika kamu sudah makan beberapa jam sebelum olahraga, camilan dibutuhkan agar menghindari rasa lelah sehingga tubuh bisa bekerja dengan baik.

Lalu apa yang harus kamu makan?

Makanan kaya asam dan makanan berlemak (dalam beberapa kasus, misalnya produk susu) harus dihindari sebelum berolahraga.

Ahli diet merekomendasikan makanan ringan dengan karbohidrat dan protein di bawah 200 kalori untuk meningkatkan energi yang sempurna. Granola, kacang, telur rebus, buah kering atau sepotong roti panggang adalah beberapa opsi yang bisa kamu pilih.

Menurut Jones, minum sekitar dua cangkir air beberapa jam sebelum berolahraga dan satu cangkir air 10 hingga 20 menit sebelum latihan adalah cara yang baik untuk memulai olahraga.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers