web analytics
  

Kuliner Bandung: Roti Legendaris di Jalan Gempol

Kamis, 10 Desember 2020 15:32 WIB Netizen Alda Gracia Heptana Tinambunan
Netizen, Kuliner Bandung: Roti Legendaris di Jalan Gempol, Gempol,Roti Gempol,Kuliner Bandung,Kuliner legendaris Bandung

Roti bakar ririungan. (Alda Gracia)

Alda Gracia Heptana Tinambunan

Mahasiswi Jurusan Televisi dan Film Universitas Padjadjaran 2020.

GEMPOL, AYOBANDUNG.COM -- Kecil, sempit, dan kuno. Tiga kata tersebut cocok sekali menggambarkan suasana toko Roti Gempol, roti legendaris yang sudah ada di Jalan Gempol sejak 1958. 

Walaupun tempatnya kecil, toko roti ini tidak pernah sepi oleh pelanggan. Selalu ada saja yang membeli roti di tempat ini. Selain enak, Roti Gempol menawarkan konsistensi sejak dulu sehingga memiliki pelanggan yang setia. 

gempol-1Roti Gempol yang sedang dibakar (Alda Gracia)

 

Untuk menuju ke lokasi, Anda perlu melewati gapura Jalan Gempol terlebih dahulu. Setelah itu tinggal mengikuti jalan. Tenang saja karena jalannya satu arah dan belok ke kanan di pertigaan yang pertama. Harum roti yang dibakar dapat memberikan petunjuk lebih tempat ini. Toko ini memang agak tersembunyi karena tidak ada plang di luarnya. Hanya ada tulisan ‘ROTI GEMPOL’ di atas pintu masuknya.

Berdasarkan sumber, toko Roti Gempol didirikan oleh Lydia pada tahun 1958. Ia melihat adanya peluang berjualan di tempatnya berkuliah, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).  Dia pun memutuskan untuk berjualan roti dengan resep dari keluarganya. Setelah berjualan cukup lama, ia membuka tokonya di Jalan Gempol dan memberi nama rotinya sesuai nama tempatnya berjualan. 

Sekarang toko roti ini mempekerjakan 14 orang pegawai dari awalnya hanya enam orang. Roti Gempol juga sudah bekerja sama dengan salah satu kedai kopi, yaitu Kopi Anjis di Jalan Bengawan. Walaupun sudah lama berdiri, toko roti ini tidak membuka cabang di mana pun. Hanya di Jalan Gempol saja.

Menu yang dijual di Roti Gempol beragam. Mulai dari roti manis, roti asin, dan minuman. Untuk roti manis, tersedia rasa cokelat, susu, kacang, nanas, srikaya, dan stroberi. Sedangkan untuk roti asin ada rasa keju, telur, dan daging. 

Cara memesannya cukup mudah, Anda tinggal menuliskan pesanan Anda di atas kertas yang sudah disediakan dan langsung membayarnya ke kasir. Pesanan pun akan langsung dimasak oleh juru masak roti Gempol. Harus agak bersabar sih memang menunggu pesanan sampai tiba, tapi waktu tersebut setimpal dengan apa yang akan Anda cicipi. 

gempol-4Menu Roti Gempol (Alda Gracia)

 

Kalau mau makan bersama keluarga atau teman, Anda dapat memesan roti "ririungan". Ririungan dalam bahasa Sunda artinya kumpul-kumpul. Roti ririungan ini cukup untuk tiga sampai empat orang. Sedangkan jika Anda datang sendiri, menu perseorangan adalah yang paling tepat. 

Harga Roti Gempol dimulai dari Rp12.000 hingga yang paling mahal seharga Rp54.000. 

Untuk pilihan roti ada dua rasa yang dapat dicoba, yaitu roti putih dan roti gandum. Kebanyakan orang memilih roti gandum karena jenis roti ini yang paling terkenal. Jika Anda bingung ingin memilih rasa apa, Anda juga dapat mencampurnya hingga tiga rasa. 

Selain roti bakar, Anda juga dapat membeli roti tawarnya mulai dari Rp9.000 hingga Rp15.000. Roti tawar di Roti Gempol ini dibuat sendiri karena pabrik rotinya berdiri tepat di sebelah toko roti. 

Sedangkan untuk menu minuman terdapat pilihan berupa kopi, teh, atau susu. Susu murni yang dijual juga lumayan terkenal. Cocok untuk menjadi pendamping roti. Namun sayangnya kopi yang disediakan hanya kopi jenis sachet.

Toko Roti Gempol buka mulai jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Kursi yang disediakan juga hanya sedikit. Walaupun begitu, tempat ini terasa seperti rumah jadi tetap nyaman saja jika Anda mau makan di tempat. 

Sebagai tips untuk parkir, karena jalan Gempol sempit dan hanya muat satu mobil, Anda harus parkir di luar Jalan Gempol. Sedangkan jika membawa motor, Anda dapat memarkirkan kendaraan persis di depan toko.

Selamat mencicipi Roti Gempol! 

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Andres Fatubun

terbaru

Menilik Tradisi Tahlilan dari Perspektif Sosiologis

Netizen Selasa, 20 April 2021 | 14:23 WIB

Tahlil berasal dari kata hallala-yuhallilu, yang artinya membaca kalimat "laailaaha illallah".

Netizen, Menilik Tradisi Tahlilan dari Perspektif Sosiologis, Tradisi Tahlilan,Tradisi,Tahlilan,Nahdhatul Ulama

Momen Ramadan Semasa Kecil yang Selalu Dirindukan Generasi Z

Netizen Selasa, 20 April 2021 | 13:12 WIB

Hadir satu kali dalam setiap tahun, kedatangan bulan Ramadan selalu ditunggu oleh umat Muslim.

Netizen, Momen Ramadan Semasa Kecil yang Selalu Dirindukan Generasi Z, Ramadan,Muslim,generasi z

Menikah Bukan Kompetisi Ibadah

Netizen Selasa, 20 April 2021 | 11:42 WIB

Menikah merupakan ibadah terlama yang akan dijalan oleh dua insan. Jadi, persiapkan dengan baik.

Netizen, Menikah Bukan Kompetisi Ibadah, Menikah,Islam,Anjuran Menikah,Menikah menurut empat ulama mazhab,Alasan Utama Menikah,Ibadah

Daftar Terbaru Badan / Lembaga Penerima Zakat yang Diakui Ditjen Pajak

Netizen Senin, 19 April 2021 | 19:02 WIB

Direktorat Jenderal Pajak telah menetapkan Badan/Lembaga sebagai penerima zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya w...

Netizen, Daftar Terbaru Badan / Lembaga Penerima Zakat yang Diakui Ditjen Pajak, Ditjen Pajak,Lembaga Penerima Zakat,Badan Penerima Zakat,Penitipan Zakat

Menakar Geliat Ekonomi di Bulan Ramadan 2021

Netizen Senin, 19 April 2021 | 11:32 WIB

Pandemi Covid-19 sudah setahun lebih membayang banyangi kehidupan kita

Netizen, Menakar Geliat Ekonomi di Bulan Ramadan 2021, Ekonomi,COVID-19,BPS

Bapak Ideologi Muhammadiyah Itu Menjadikan Puasa sebagai 'Kanopi Diri'

Netizen Minggu, 18 April 2021 | 19:10 WIB

Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si., Ketua Umum PP. Muhammadiyah, adalah kader otentik Muhammadiyah yang tidak ada irisa...

Netizen, Bapak Ideologi Muhammadiyah Itu Menjadikan Puasa sebagai 'Kanopi Diri', Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si.,Bapak Ideologi Muhammadiyah,Muhammadiyah

Merenungi Hikmah Puasa Ramadan

Netizen Jumat, 16 April 2021 | 10:35 WIB

Puasa akan melahirkan rasa cinta, kasih sayang, dan kelembutan kepada orang miskin.

Netizen, Merenungi Hikmah Puasa Ramadan, Puasa,Ramadan,Salat Tarawih,Hikmah Puasa,Merenungi Hikmah Puasa,puasa ramadan

Mengubah Peringatan Waspada Menjadi Rencana Tindakan

Netizen Jumat, 16 April 2021 | 09:16 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Rabu, 14 April 2021 sudah mengingatkan kepada masyarakat untuk...

Netizen, Mengubah Peringatan Waspada Menjadi Rencana Tindakan, BMKG,Cuaca ekstrem,cekungan bandung,Bencana Alam

artikel terkait

dewanpers