web analytics

15 Album Girl Group KPop Terlaris Sepanjang Masa

clockKamis, 10 Desember 2020 09:16 WIB userRedaksi AyoBandung.Com
Umum - Internasional, 15 Album Girl Group KPop Terlaris Sepanjang Masa, KPOP,Kpop Bandung,Kpop Idol terkaya,Industri musik

Ilustrasi industri musik. ( Pexels dari Pixabay )

KOREA SELATAN, AYOBANDUNG.COM – Saat ini, penggemar K-Pop biasanya lebih sering mendengarkan lagu favorit mereka melalui aplikasi streaming atau unduhan digital. Meskipun begitu, penjualan album fisik masih menjadi bagian yang sangat penting dalam dunia musik Korea.

Terlepas dari era digital ini, masih banyak grup menghasilkan penjualan fisik dalam jumlah besar tak kalah dengan jumlah grup yang populer pada tahun 1990-an dan awal 2000-an.

Dikutip dari Koreaboo pada Kamis (10/12/2020), berikut adalah daftar 15 girl group K-Pop dengan penjualan album fisik sepanjang masa.

15. Big Mama
Big Mama adalah girl group yang memulai debutnya pada tahun 2003 dan bubar pada 2012. Grup beranggotakan empat orang ini menjual total 567,5 ribu album, dengan satu album terlaris mereka “It’s Unique”, dirilis pada Mei 2005 dengan sekitar 160,1 ribu penjualan.

14. f(x)
f(x) memulai debutnya pada September 2009 di bawah naungan SM Entertainment. Meskipun mereka masih belum resmi dibubarkan, grup ini sudah tidak aktif sejak album terakhir mereka, “All Mine”, dirilis pada 2016. Meskipun begitu, mereka masih menjadi salah satu girl group K-Pop terlaris, dengan total penjualan 599,8 ribu album. Album terlaris mereka bertajuk “Pink Tape” yang dirilis pada Juli 2013 memiliki penjualan sebanyak 103,9 ribu.

13. MAMAMOO
MAMAMOO memulai debutnya pada Juni 2014 di bawah RBW Entertainment dengan “Mr. Ambiguous”, yang oleh beberapa kritikus disebut sebagai salah satu debut terbaik dalam sejarah K-Pop. Mereka menjadi semakin sukses dan populer hingga sekarang dan telah menjual 651 ribu eksemplar album mereka. Album terlaris mereka, “Reality in Black”, dirilis pada November 2019 dengan penjualan mencapai 124,8 ribu.

12. 2NE1
Girl group beranggotakan empat orang ini memulai debutnya di bawah YG Entertainment pada awal 2009 bersama BIGBANG dengan lagu “Lollipop”. Single pertama mereka “Fire” menjadi hits dengan lebih dari satu juta penonton di hari pertama (merupakan suatu pencapaian yang sangat besar saat itu). Hingga pembubaran mereka pada akhir tahun 2016, grup ini telah menjual 791 ribu album, dengan salah satu album terlaris mereka “EP 2NE1” yang menghasilkan penjualan hingga 194,3 ribu setelah perilisannya pada Juli 2009.

11. GFRIEND
Meskipun berasal dari sebuah agensi kecil, Source Music, debut GFRIEND pada Januari 2015 dengan “Glass Bead” terbilang cukup sukses. Mereka mendapat sejumlah penghargaan rookie di awal karir mereka, dan popularitas mereka semakin meroket semenjak saat itu. Hingga kini, mereka telah menghasilkan total 914,7 ribu penjualan album. Album terlaris mereka, “Time for Us”, menghasilkan 96 ribu penjualan sejak dirilis pada Januari 2009.

10. Apink
Apink memulai debut sebagai girl group dengan tujuh orang anggota pada April dengan sinle utama “Mollayo” di bawah agensi Play M Entertainment. Mereka berhasil memenangkan penghargaan pertama di tahun yang sama dengan debutnya. Sejak debut, Apink telah menjual 1,04 juta album. Album yang paling laris adalah “Pink Memory” dengan 90,1 ribu penjualan setelah dirilis pada Juli 2015.

9. T-ARA
T-ARA memulai debutnya di bawah MBK Entertainment pada Juli 2009 dengan single “Lie” namun hiatus sejak 2018. Popularitas mereka meningkat setelah dirilisnya “Roly Poly” pada tahun 2011 yang menjadikannya single paling laris di tahun tersebut. Karena lagu itu pula mereka menemukan kesuksesan besar di Jepang hingga menandatangani kontrak dengan perusahaan manajemen Jepang J-Rock dengan nilai yang terbilang fantastis. Selain Jepang, T-ARA juga menjadi salah satu grup K-Pop paling terkenal di Cina. Meskipun popularitas mereka sedikit menurun sejak 2012 karena adanya konflik internal, namun mereka adalah grup yang sangat sukses dengan berhasil menjual total 1,14 juta eksemplar album.

8. Red Velvet
Red Velvet memulai debutnya dengan empat anggota pada Agustus 2014 dengan single “Happiness”, lalu Yeri bergabung pada bulan Maret tahun berikutnya. Setelah enam tahun debut, grup ini telah memiliki beberapa lagu hit yang sangat sukses dan memenangkan banyak penghargaan, termasuk lagu “Power Up” yang merupakan satu-satunya lagu SM Entertainment yang mencapai Perfect All Kill. Meskipun tahun ini banyak masalah yang harus dihadapi, termasuk cedera parah yang dialami Wendy dan kontroversi Irene, Red Velvet tetaplah salah satu girl group K-Pop dengan penjualan album terlaris hingga 1,55 juta album. Album terlaris mereka adalah “The ReVe Festival: Day 1” dirilis pada Juni 2019 dengan penjualan mencapai 169,4 ribu.

7. Fin.K.L
Fin.K.L adalah salah satu girl group yang populer pada tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an. Memulai debut pada tahun 1998 di bawah DSP Media dengan album “Blue Rain” dan single utama berjudul sama. Meskipun mereka hanya aktif hingga 2005, grup beranggotakan empat orang ini telah melakukan reuni pada Juli 2019 di sebuah acara variety show dan merilis “Fin.K.L Best Album, yang termasuk lagu baru berjudul “남아 있는 노래 처럼 (Just Like The Song That Remains)”. Secara total, mereka telah menjual 2,16 juta copy album selama karier mereka, dengan album terlaris mereka, “White”, yang menghasilkan angka penjualan hingga 593,8 ribu sejak dirilis pada Mei 1999.

6. BLACKPINK
BLACKPINK memulai debutnya pada Agustus 2016 di bawah naungan YG Entertainment dengan dua single yaitu “BOOMBAYAH” dan “Whistle” yang meraih kesuksesan sangat besar. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mereka kini telah menjadi salah satu girl group paling populer sejak mereka debut. Hingga saat ini, mereka telah menjual 2,32 juta eksemplar album, dengan “The Album” yang menjadi karya mereka yang paling laris dengan penjualan hingga 1,09 juta eksemplar sejak dirilis pada Oktober tahun ini.

5. IZ*ONE
IZ*ONE merupakan girl group yang tercipta melalui reality show Produce 48 dan memulai debutnya pada Oktober 2018 dengan lagu “La Vie en Rose” yang langsung mencapai kesuksesan. Tidak heran, mereka bahkan dengan cepat memenangkan sejumlah penghargaan dan memulai debutnya di Jepang. Girl group ini telah menjual 2,47 juta total album dengan album terlaris mereka “Oneirici Diary” yang sejak dirilis pada Juni tahun ini telah terjual sebanyak 552,9 ribu eksemplar.

4. S.E.S
S.E.S adalah girl group yang dibentuk oleh SM Entertainment dan memulai debutnya pada tahun 1997 dengan album “I’m Your Girl” yang terjual hingga 650 ribu kopi dan menjadi album girl group K-Pop terlaris kedua pada saat itu. S.E.S bubar pada tahun 2002 dan melakukan reuni untuk merayakan ulang tahun ke-20 mereka dengan album berjudul “Remember” pada tahun 2017. Mereka kini masih menjadi salah satu girl group K-Pop yang memiliki penjualan album terlaris dengan jumlah hingga 3,58 juta eksemplar. Sejak dirilis pada Oktober 1999, album terlaris mereka yang berjudul “Love” telah terjual hingga 760,5 ribu.

3. KARA
KARA memulai debutnya pada tahun 2007 dengan single “Break It” dibawah naungan DSP Media. Meskipun album mereka dipuji para kritikus musik, namun publik tidak terlalu menerima keberadaan mereka karena dibayangi oleh beberapa girl group populer dan sukses lain termasuk senior mereka di agensi, yaitu Fin.K.L. Setelah pergantian anggota dan perubahan konsep mereka, KARA mulai mendulang kesuksesannya pada tahun 2009 dengan dirilisnya “Honey” yang menjadi single pertama mereka yang mencapai peringkat satu di acara musik.

Popularitas KARA terus meningkat sejak saat itu. Mereka sangat sukses di Korea dan juga Jepang. Hingga pembubaran mereka pada Januari 2016, KARA telah menjual sebanyak 3,94 juta album dengan “Super Girl” yang merupakan album Jepang mereka sebagai album terlaris hingga mencapai 778 ribu penjualan setelah rilis pada November 2011.

2. Girls’ Generation
Girls’ Generation debut dengan lagu “Into the New World” di bawah SM Entertainment pada Agustus 2007. Di awal karirnya mereka menerima banyak kritik hingga black ocean, di mana para penonton menunjukkan ketidaksukaannya dengan mengacuhkan penampilan mereka di panggung dan mematikan lightstick. Girls’ Generation mulai diterima publik setelah merilis “Gee” dan dikenal sebagai “Nation’s Girl Group”. Sepanjang karirnya mereka telah menerima banyak penghargaan dan sukses menjual hingga 6,03 juta album. Album terlaris mereka bertajuk “Girls’Generation” merupakan album Jepang yang telah terjual hingga 871 ribu kopi sejak dirilis pada Juni 2011.

1. TWICE
TWICE memulai debutnya pada Oktober 2015 di bawah JYP Entertainment dengan lagu “Like OOH-AHH”. Dalam hitungan bulan, lagu tersebut menjadi salah satu musik video debut yang paling banyak ditonton di dunia K-Pop. Dengan dirilisnya “Cheer Up” dan “TT”, popularitas mereka pun semakin meroket. TWICE menjadi salah satu grup yang telah menerima penghargaan terbanyak. Karena popularitasnya, TWICE telah menjual 10,03 juta kopi album dengan album terlaris mereka bertajuk “More & More” yang telah terjual hingga 569,1 eksemplar sejal dirilis pada Juni tahun ini. (Ani Siti Nur’aeni Wahidah/magang)

Editor: Andres Fatubun

terbaru

Sering Olok-olok Vaksin di Medsos, Seorang Pria Meninggal karena Covid...

Internasional Minggu, 25 Juli 2021 | 13:24 WIB

Stephen Harmon (34 tahun), seorang pria asal Kalifornia, Amerika Serikat (AS), meninggal akibat Covid-19. Dia sempat men...

Umum - Internasional, Sering Olok-olok Vaksin di Medsos, Seorang Pria Meninggal karena Covid-19, Covid-19 Amerika Serikat,Pasien Covid-19 Meninggal,Vaksinasi Covid-19,Amerika Serikat

Hati-hati Emosi, Ini Rekomendasi 6 Drakor Bertema Perselingkuhan

Internasional Minggu, 25 Juli 2021 | 07:08 WIB

Drama Korea (Drakor) tak melulu tentang percintaan. Ada pula drakor tentang perselingkuhan yang bisa membuat penontonnya...

Umum - Internasional, Hati-hati Emosi, Ini Rekomendasi 6 Drakor Bertema Perselingkuhan, Drakor perselingkuhan,The World of the Married,Second Husband,Love Affairs in the Afternoon,One Spring Night,My Wife is Having an Affair this Week,The Last Empress

Bingung Main Game Google Doodle Olimpiade Tokyo 2020 ? Simak Caranya !

Internasional Jumat, 23 Juli 2021 | 14:49 WIB

Setelah sebelumnya diundur karena masalah covid-19, akhirnya olimpiade Tokyo 2020 dapat dilaksanakan. Meski digelar tanp...

Umum - Internasional, Bingung Main Game Google Doodle Olimpiade Tokyo 2020 ? Simak Caranya !, Google Doodle,Olimpiade Tokyo,arcade

Dikenal Tampan, Eks Menpora Malaysia Syed Saddiq Ternyata Tersandung K...

Internasional Kamis, 22 Juli 2021 | 13:19 WIB

Jerat hukum tengah menimpa mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga Malaysia Syed Saddiq. Bekas menteri termuda dan ganteng d...

Umum - Internasional, Dikenal Tampan, Eks Menpora Malaysia Syed Saddiq Ternyata Tersandung Korupsi, Menpora Malaysia Syed Saddiq,Syed Saddiq,korupsi menpora Malaysia,Malaysia

Cina Tolak Penyelidikan WHO soal Asal Usul Virus Corona

Internasional Kamis, 22 Juli 2021 | 12:47 WIB

Cina pada Kamis menolak rencana Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk tahap kedua penyelidikan tentang asal usul virus...

Umum - Internasional, Cina Tolak Penyelidikan WHO soal Asal Usul Virus Corona, Asal Usul Virus Corona,Asal Usul Virus Corona Wuhan,Penyelidikan WHO,asal-usul virus corona di Cina,pelanggaran protokol laboratorium di Cina,asal virus penyebab COVID-19,penelusuran asal virus corona

Selandia Baru Suntik Dana Rp15 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Ind...

Internasional Kamis, 22 Juli 2021 | 11:19 WIB

Selandia Baru memberikan tambahan bantuan NZ$1,5 juta--sekitar Rp15 miliar--untuk mendukung Indonesia dalam menanggapi l...

Umum - Internasional, Selandia Baru Suntik Dana Rp15 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia, Selandia Baru,COVID-19,Eijkman

WHO: Jika Tak Terkendali, Penularan Bisa Munculkan Varian Covid Lebih...

Internasional Kamis, 22 Juli 2021 | 07:31 WIB

WHO memperingatkan tentang rantai penularan Covid-19 secara global. Jika tak terkendali maka potensi munculnya varian ba...

Umum - Internasional, WHO: Jika Tak Terkendali, Penularan Bisa Munculkan Varian Covid Lebih Berbahaya, Varian Covid Lebih Berbahaya,varian baru Covid-19,Varian Baru Virus Corona,rantai penularan Covid-19,kasus Covid-19,kasus Covid-19,Jumlah kasus Covid-19 Indonesia,WHO

Bagaimana dengan Polusi dari Penerbangan Jeff Bezos ?

Internasional Rabu, 21 Juli 2021 | 14:43 WIB

Jeff Bezos meluncur ke luar angkasa pada hari Selasa, 20 Juli 2021, dalam penerbangan awak pertama dari kapal roketnya,...

Umum - Internasional, Bagaimana dengan Polusi dari Penerbangan Jeff Bezos ?, Jeff Bezos,Jeff Bezos keluar angkasa,CEO Amazaon Jeff Bezos,pesawat luar angkasa jeff bezos
dewanpers
arrow-up