web analytics
  

Lolos Grup B Liga Champions: Madrid, Inter, Gladbach, Shakhtar?

Rabu, 9 Desember 2020 23:18 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Lolos Grup B Liga Champions: Madrid, Inter, Gladbach, Shakhtar?, Liga Champions,Borussia Moenchengladbach,real madrid,Shakhtar Donetsk,Inter Milan

Liga Champions. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Liga Champions 2020/2021 akan memainkan laga terakhir penyisihan malam ini, atau Kamis (10/12/2020) dini hari WIB. Dalam deretan laga malam ini, yang paling ditunggu tampaknya laga tim-tim di Grup B, yaitu Borussia Moenchengladbach, Shakhtar Donetsk, Real Madrid dan Inter Milan.

Hal itu karena Grup B Liga Champions musim ini bisa disebut sebagai grup neraka, lantaran keempat tim sampai detik ini masih sama-sama berpeluang meraih tiket lolos ke babak 16 Besar.

Diketahui, sejauh ini Gladbach masih memuncaki klasemen sementara Grup B dengan koleksi 8 poin. Sementara di posisi kedua hingga keempat, berturut-turut diisi Shaktar Donetsk (7 poin), Real Madrid (7), dan Inter Milan (5).

Dua nama terakhir yakni Madrid dan Inter, paling menjadi sorotan karena sebagai klub besar yang notabene sudah berpengalaman di kompetisi Eropa --Madrid bahkan pemegang gelar terbanyak Liga Champions-- harus terseok-seok di babak penyisihan.

Malam ini, Real Madrid akan menghadapi tamunya Moenchengladbach di laga pamungkas, yang akan dimainkan pada pukul 03.00 WIB Kamis dini hari nanti. Sementara pada jam yang sama, Inter Milan bakal menjamu Shakhtar Donetsk di Giuseppe Meazza.

Jika berpedoman pada klasemen sementara Grup B ini, Inter jadi satu-satunya tim yang nasib kelolosannya tidak sepenuhnya berada di tangan sendiri. Sedangkan tiga tim lain bakal otomatis lolos apabila mampu meraih kemenangan malam ini.

Berikut penjelasan skenario dan peluang lolosnya masing-masing tim di Grup B ini ke babak 16 Besar:

Borussia Moenchengladbach

Gladbach menjadi tim dengan posisi dan peluang paling besar untuk meraih tiket ke 16 Besar. Kalau pun tidak menang, imbang saja melawan Real Madrid pun mereka masih akan lolos, tak peduli hasil yang diraih Inter vs Shakhtar. Bahkan jika dikalahkan Madrid pun, Gladbach masih bisa lolos asalkan Inter vs Shakhtar hanya bisa imbang.

Real Madrid

Real Madrid butuh kemenangan atas Moenchengladbach apabila ingin memastikan tiket lolos ke fase gugur tanpa bantuan tim lain, artinya tak peduli hasil laga Inter vs Shakhtar.

Namun, skema atau skenario lain yang bisa berlaku adalah jika Los Blancos --julukan Madrid-- dan Gladbach imbang, namun Inter Milan harus jadi pemenang di laga kontra Shakhtar Donetsk malam ini.

Shakhtar Donetsk

Shakhtar Donetsk yang sementara ini menduduki posisi runner-up klasemen Grup B, juga bakal memastikan lolos jika bisa meraih kemenangan atas Inter Milan, tak peduli apa pun hasil laga lainnya.

Namun di sisi lain, mereka juga bisa lolos dengan skenario hasil imbang melawan Inter Milan, dengan syarat bukan Real Madrid yang menang dalam laga kontra Gladbach.

Inter Milan

Inter Milan adalah yang posisinya paling sulit di Grup B saat ini, namun bukan sama sekali tanpa peluang. Posisi ini mereka alami karena sudah kalah dua kali di lima laga babak penyisihan sebelum ini.

Nasib Inter tidak sepenuhnya berada di tangan mereka sendiri. Selain harus menang, peluang lolos tim asuhan Antonio Conte juga masih harus ditentukan hasil laga Madrid vs Gladbach.

Jika berhasil mengalahkan Shakhtar, Inter Milan baru bisa lolos ke babak 16 Besar Liga Champions dengan syarat ada pemenang di laga lainnya. Namun apabila Madrid vs Gladbach berakhir imbang, maka El Real yang akan melaju ke fase gugur bersama tim asal Jerman itu.

Pasalnya, hasil imbang sudah akan membuat Madrid mengoleksi delapan poin, sama dengan tim Nerazzurri jika mereka menang lawan Shakhtar, namun unggul head-to-head (menang dua kali) dari Inter Milan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers