web analytics
  

Tempat Ibadahnya Megah tapi Kondisi Toiletnya Mengenaskan

Senin, 7 Desember 2020 15:37 WIB Netizen Sam Edy Yuswanto
Netizen, Tempat Ibadahnya Megah tapi Kondisi Toiletnya Mengenaskan, Toilet,masjid,Islam

Ilustrasi. (Pixabay)

Sam Edy Yuswanto

Penulis lepas, tulisannya tersebar di berbagai media, lokal hingga nasional.

AYOBANDUNG.COM -- Menurut saya, keberadaan toilet merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat dimaklumi karena toilet atau kamar mandi adalah tempat bagi kita untuk membuang hajat, mencuci pakaian, bahkan bersuci (wudu) ketika akan melakukan salat.

Begitu pentingnya keberadaan toilet sehingga ia tak mungkin bisa dipisahkan dari tempat-tempat ibadah seperti musala dan masjid. Sayangnya, saya sering menjumpai toilet yang kondisinya begitu mengenaskan, terutama saat sedang bepergian. Misalnya, ketika keluar kota dan saya ingin buang hajat sekaligus salat di sebuah masjid di pinggir jalan.

Sungguh sangat memprihatinkan ketika melihat bangunan masjid yang tampak sangat megah dan bersih, tapi kondisi toiletnya bertolak belakang dengan kemegahan masjid tersebut. Misalnya, kondisi bangunan toilet itu terkesan seadanya, ala kadar, asal-asalan, sempit, dan kotor. Bahkan kadang saya menjumpai toilet yang tak hanya kotor tapi juga bau pesing yang begitu menyengat. Entah, saya heran dengan orang-orang yang gemar buang hajat tapi enggan menyiram kotorannya hingga bersih. Sungguh sangat egois orang-orang yang memiliki karakter seperti ini.

Seperti hari Minggu lalu (22/11) ketika saya pulang dari Purwokerto dalam rangka menghadiri undangan dari sebuah media lokal, di tengah jalan saya ingin mampir ke masjid untuk salat Asar, sekalian ingin buang air kecil tentu saja. Saya berhenti di sebuah masjid di tepi jalan yang bangunannya cukup bagus dan bersih. Tapi sayangnya, kondisi toiletnya sangat memprihatinkan. Akhirnya, saya hanya numpang salat saja. Saya tak jadi ke toilet untuk buang hajat, sebab toilet tersebut kondisinya sangat kotor, bau pesing, bahkan engsel pintunya rusak sehingga tak bisa ditutup secara rapat. Cantelan buat baju dan celana juga tidak ada, hanya ada paku menancap di dinding.

Persoalan toilet dan bangunan masjid yang megah sebenarnya sudah mengemuka sejak dulu. Saya yakin, para pembaca juga kerap mengalami kejadian yang pernah saya alami, yakni menyaksikan toilet di tempat-tempat ibadah dengan kondisi yang sangat jauh dari kelayakan. Menurut saya, ketika kita menjumpai toilet semacam itu (kotor dan bau pesing), kita bisa mengguyur lantainya agar bersih dan tak lagi bau. Meskipun kita tak jadi buang hajat di situ. Anggap saja ini sebagai amal kebaikan bagi kita.

Menurut saya, mestinya setiap tempat ibadah berusaha memikirkan bagaimana menyediakan tempat bersuci (toilet) dan tempat berwudu yang nyaman buat masyarakat umum yang hendak beribadah di sana. Sebab yang saya lihat selama ini, seolah-olah tempat ibadah yang sangat megah tersebut terkesan pelit memberikan fasilitas tempat dan air untuk bersuci, padahal salah satu syarat diterima ibadah kita adalah ketika kondisi anggota tubuh kita sudah suci. Lalu bagaimana kita bisa bersuci dengan nyaman ketika kondisi toilet tersebut sangat memprihatinkan? Bau pesing, dengan kondisi pengairan ala kadar, hanya sebuah ember dan gayung di pojokan, yang bisa dengan mudah kecipratan air sisa membersihkan najis?  

Melalui tulisan ini, saya sangat berharap kepada para pembaca, khususnya bagi para pengelola tempat ibadah, agar ke depan lebih memperhatikan kondisi toiletnya. Buatlah toilet yang layak dan nyaman digunakan oleh masyarakat umum. Bukankah setiap Jumat (bahkan di depan pintu masuk masjid) ada kotak amal yang uangnya bisa digunakan untuk (salah satunya) membangun toilet yang layak pakai untuk masyarakat umum?

Jangan sampai pihak pengelola tempat ibadah mempunyai pikiran seperti ini; “Ah, Cuma toilet kok, nggak usah dibuat terlalu dibuat bagus.” Pikiran seperti ini menurut saya sangat keliru. Justru toilet harus dibuat yang layak dan bagus agar penggunanya merasa nyaman. Untuk kepentingan kebersihan dan bersuci, mestinya kita tidak boleh pelit berbagi atau hitung-hitungan dengan orang lain. Masa sih, persoalan menyediakan tempat bersuci kita hitung-hitungan dengan Tuhan? Bahkan, meskipun orang tersebut hanya ingin numpang buang hajat saja di toilet masjid, tidak apa-apa, anggap saja kita telah menolong kebutuhan orang lain dengan cara menyediakan toilet umum.  

Intinya, jangan sampai keberadaan bangunan tempat ibadah yang sangat mewah dan megah terlihat kontras dengan kondisi toiletnya sangat jauh dari kelayakan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan introspeksi bersama. Wallahu a’lam bish-shawaab.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

terbaru

Interpretasi dalam Geowisata

Netizen Kamis, 17 Juni 2021 | 19:40 WIB

Daya tarik geowisata Jawa Barat adalah jawaranya.

Netizen, Interpretasi dalam Geowisata, Interpretasi,geowisata,Jawa Barat

Akankah Bandung Jadi Kota Gurun?

Netizen Kamis, 17 Juni 2021 | 10:00 WIB

Sekitar 50 tahun terakhir ini, Kota Bandung telah kehilangan banyak pohon.

Netizen, Akankah Bandung Jadi Kota Gurun?, Bandung,Kota Gurun,degradasi lahan,Banjir Bandang

Koresponden Bintang Hindia

Netizen Rabu, 16 Juni 2021 | 13:07 WIB

Koresponden Bintang Hindia

Netizen, Koresponden Bintang Hindia, kartawinata,raden kartawinata,koresponden bintang hindia,pers,wartawan

Peran Psikolog Forensik dalam Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Netizen Senin, 14 Juni 2021 | 22:15 WIB

Lalu apa saja peran yang dapat dilakukan oleh Psikolog Forensik saat melakukan pendampingan anak korban kekerasan seksua...

Netizen, Peran Psikolog Forensik dalam Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak, Psikolog Forensik,Kasus,kekerasan seksual,Anak,anak di bawah umur

Menolak Lupa, Paket Album Super Junior Mamacita yang Dicurigai Berisi...

Netizen Jumat, 11 Juni 2021 | 13:05 WIB

Pada Oktober 2014, sebuah laporan menyatakan ada penemuan paket diduga bom di Jatinegara, Jakarta Timur.

Netizen, Menolak Lupa, Paket Album Super Junior Mamacita yang Dicurigai Berisi Bom, Paket Album Super Junior,Mamacita,Bom,Super Junior,ELF

Menurunkan Angka Kematian Ibu

Netizen Kamis, 10 Juni 2021 | 17:15 WIB

Permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini berkaitan dengan kaum ibu adalah masih tingginya angka kematian ibu...

Netizen, Menurunkan Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Ibu,AKI,Ibu

Menyoal Penggantian Nama Jalan Tol Japek

Netizen Kamis, 10 Juni 2021 | 14:40 WIB

Penggantian nama jalan Tol Japek (Jakarta— Cikampek) jadi hal yang patut diperdebatkan.

Netizen, Menyoal Penggantian Nama Jalan Tol Japek, Penggantian Nama Jalan Tol Japek,Tol Japek,Tol Japek (Jakarta— Cikampek),Jalan Layang Syeikh Mohammed Bin Zayed,Jalan Tol Layang Japek

Menikahkan Anak

Netizen Rabu, 9 Juni 2021 | 13:55 WIB

Dua tahun setelah diangkat menjadi zelfstandig patih Sukabumi, Raden Kartawinata mulai menikahkan anak-anaknya.

Netizen, Menikahkan Anak, Raden Kartawinata,Raden Kartawinata mulai menikahkan anak-anaknya,Raden Soeria Karta Negara,Soeria Karta Legawa

artikel terkait

dewanpers