web analytics
  

Sempat Trauma, Ini Cerita Jatuh Bangun Rambah Bisnis dari Asisten Pelatih Persib 

Minggu, 29 November 2020 20:38 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Sempat Trauma, Ini Cerita Jatuh Bangun Rambah Bisnis dari Asisten Pelatih Persib , Pelatih Bandung United, Budiman Yunus,Asisten pelatih Persib Budiman Yunus,Budiman Yunus,Persib Bandung

Asisten Pelatih Persib Budiman Yunus (Asisten pelatih Persib Bandung, Budiman Yunus. (Eneng Reni))

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Siapa sangka, jauh sebelum aktif membantu tim elite Tanah Air, Persib Bandung, Budiman Yunus memiliki cerita panjang saat mencoba merambah usaha. 

Berbagai bisnis, sempat Budiman jajal saat masih aktif sebagai pesepak bola Indonesia. Eks pemain Persija Jakarta itu mengatakan sempat membangun berbisnis sebanyak enam kali. Apesnya, seluruh bisnis budiman tak bertahan lama hingga mengalami kebangkrutan. 

Budiman ingat betul, pernah berbisnis truk besar untuk mengangkut pasir dari Lembang. Sayangnya bisnis itu terpaksa gulung tikar karena ada masalah internal pada karyawan hingga kehilangan suku cadang dari truknya.

"Enam kali lah, saya sempat punya truk dua ya untuk angkut pasir di Lembang. Cuma gitu ya banyak akal-akalannya, ujung-ujungnya dilepas lagi. Traumalah beda kalau terjun langsung," kata Budiman.

"Yang paling lama itu truk satu tahun lebih. Saya modal truk dua cuma ujungnya harus ganti ini, ganti ini, asalnya setoran 2-4 bulan lancar ke sininya dapat setengah kemudian mandek ban juga harus diganti, perasan ban baru. Bak juga copot kata saya 'wah ini sudah gak bener' dan dari sana kapok sekarang fokus sepak bola," lanjut Budiman.

Selain itu, Budiman juga mengaku, sempat bisnis sembako hingga buah-buahan. Namun, lagi-lagi, bisnisnya itu kembali kandas lantaran kesibukannya di dunia sepak bola.

"Enam kali gagal itu pasir, terus di kredit, buah buahan pernah, beras, daging juga waktu jadi pemain. Cuma itu lah kalau kita gak terjun dan percaya orang ujungnya malah rugi. Lupa lagi berapa tahun tapi lama. Tapi tuhan telah memberikan rezeki di sepak bola ya mungkin jalannya disitu syukuri aja," katanya.

Kini demi tabungan hari tua, Budiman enggan patah semangat untuk kembali berbisnis. Budiman mengaku ingin mencoba bidang lain. Dia ingin kembali membuka bisnis dalam waktu dekat. Eks pelatih Persib Junior itu mengaku ingin merambah bisnis properti dan lapangan mini soccer.

"Iya investasi tapi kalau kita tidak terjun langsung ujung-ujungnya dibohongi juga. Trauma lah. Sekarang mah lagi kumpulin uang buat kos-kosan sama mini soccer yang jelas," ujarnya.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers