web analytics
  

Ini 5 Tips Sederhana Untuk Jaga Kesehatan Jantung

Sabtu, 5 Desember 2020 10:29 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Ini 5 Tips Sederhana Untuk Jaga Kesehatan Jantung, pemicu sakit jantung,Penderita Sakit Jantung,sakit jantung,jantung koroner,hipertensi dan penyakit jantung koroner,Tips Kesehatan,jaga jantung

Ilustrasi jantung beredebar. (Pexels dari Pixabay )

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dewasa ini, penyakit kardiovaskular (CVD) menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Menurut Federasi Jantung Dunia, pemicu penyakit kardiovaskular pun bisa sangat beragam. Mulai dari kebiasaan merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, hingga polusi udara. Untuk menjaga kesehatan jantung, berikut lima tips sederhana yang bisa Anda lakukan secara rutin.

Makan sehat

Melansir dari DNA India, pola makan sehat menjadi salah satu hal yang berpengaruh pada risiko pengembangan penyakit jantung. Beberapa pola makan yang tidak disarankan adalah mengonsumsi makanan olahan, gemar menyantap junk food atau makanan cepat saji hingga makananan berlemak jenuh. 

Sementara makanan yang disarankan adalah biji-bijian serta makanan kaya protein seperti ayam, telur, daging, lentil. Anda juga perlu memilih minyak sehat dan konsumsi berbagai asupan produk susu.

Manajemen stres

Melansir dari Insider, stres kronis atau stres yang berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu risiko serangan jantung.

Stres juga dapat meningkatkan detak jantung, serta memicu perliaku tidak sehat.  Peristiwa yang terasa seperti serangan jantung yaitu sindrom patah hati atau kardiomiopati takutsubo. Ini juga dikenal sebagai kardiomiopati akibat stres.

Oleh karena itu, di masa pandemi ini Anda perlu mengelola stres dengan berbagai kegiatan positif dan tetap terhubung dengan orang-orang tersayang.

Lakukan aktivitas fisik

Berolahraga setidaknya selama 45 menit dalam sehari atau hanya sekadar banyak jalan bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Pola Tidur

Dilansir dari Science Daily, orang-orang yang tidur kurang dari enam jam meningkatkan peluang penyakit kardiovaskular hingga 54 persen. Sementara orang yang tidur lebih dari delapan jam akan meningkatkan 39 persen risiko kardiovasakular.

Dengan begitu, maka Anda disarankan untuk tidak tidur terlalu lama atau terlalu sebentar. Para peneliti mengatakan bahwa pola tidur seimbang berdurasi antara 6-8 jam setiap malam.

Lakukan skrining rutin

Selain memastikan bahwa Anda mengikuti semua hal di atas, pemeriksaan rutin untuk memastikan kesehatan jantung secara keseluruhan juga penting untuk dilakukan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

artikel terkait

dewanpers