web analytics
  

Ada 3 Pelanggaran Prokes di Pilkada Cianjur

Jumat, 4 Desember 2020 13:26 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Ada 3 Pelanggaran Prokes di Pilkada Cianjur, Prokes Covid-19,Pilkada Cianjur

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Cianjur Hadi Dzikri Nur. (Ayobandung.com/M Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur menemukan tiga pelanggaran protokol kesehatan selama masa kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur 2020, tetapi mereka tidak dikenai tindak pidana, hanya sanksi administrasi saja.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Cianjur Hadi Dzikri Nur menuturkan, pelanggaran protokol kesehatan selama masa kampanye terjadi di dua kecamatan, Campakamulya dan Kadupandak.

“Temuannya dari petugas pengawas pemilu di tingkat kecamatan (Panwascam). Ada tiga pelanggaran protokol kesehatan saat masa kampanye," kata Hadi, Jumat (4/12/2020).

Namun, laporan pelanggaran tersebut tidak termasuk kategori pidana. Hanya diberikan sanksi administrasi berupa surat teguran ataupun surat peringatan tertulis. 

Pemberian sanksi administrasi itu sesuai Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 0580/K.Bawaslu/PM.06.00/X/2020 tertanggal 6 Oktober 2020. Hadi menuturkan, pengawasan protokol kesehatan pun akan dilakukan saat hari H pemungutan suara pada 9 Desember 2020. 

"Termasuk saat pencoblosan pun kita tidak hanya pelanggaran pemilu, tetapi juga soal protokol kesehatan,” tuturnya.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur Selly Nurdinah menjamin protokol kesehatan akan diterapkan dengan ketat saat pemungutan suara 9 Desember nanti.

“Selain tidak hentinya melakukan sosialisasi protokol kesehatan, juga sudah menyiapkan alat pelindung diri (APD), di antaranya faceshield, masker, sarung tangan, kemudian sarana-sarana mencuci tangan," ucapnya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers