web analytics
  

Kasus Kerumunan di Megamendung, Habib Rizieq Dipanggil Polda Jabar

Jumat, 4 Desember 2020 13:08 WIB Fichri Hakiim
Umum - Regional, Kasus Kerumunan di Megamendung, Habib Rizieq Dipanggil Polda Jabar, Habib Rizieq diperiksa polisi,Habib Rizieq di Megamendung,Rizieq Shihab Megamendung,Habib Rizieq langgar protokol kesehatan

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A. Chaniago. (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Polda Jawa Barat akan memanggil pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab terkait kasus kegiatan di Megamendung, Kabupaten Bogor, yang memicu kerumunan. Nantinya, Rizieq dijadwalkan akan dipanggil pada Kamis (10/12/2020). 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A. Chaniago mengatakan, surat panggilan terhadap Habib Rizieq akan segera dilayangkan oleh penyidik Polda Jabar. 

"Surat panggilan Insyaallah nanti hari Senin akan dikirimkan. Direncanakan tanggal 10 Desember akan kita panggil Bapak HRS, tanggal 10 itu diagendakan oleh penyidik dari Polda Jabar," ujarnya di Polda Jabar, Jumat (4/12/2020). 

Erdi menambahkan, pihaknya meminta agar Rizieq dapat hadir untuk memberikan keterangannya soal kegiatan di Megamendung tersebut. 

"Kasus kerumunan, pelan-pelan kita sudah berhasil untuk mendapatkan keterangan dari saksi yang sudah kita panggil. Memang dijadwalkan nanti tanggal 8 Desember dari penyelenggara, yaitu dari beberapa orang dari FPI akan dimintai keterangan, penyelenggara yang ada di Megamendung," jelasnya.

Erdi juga mengimbau, agar tidak terjadi kerumunan, diharapkan massa tidak hadir saat pemeriksaan Habib Rizieq. 

"Seyogianya yang namanya diperiksa itu kan hanya untuk mendapatkan keterangan atau memberikan keterangan, kita juga mengimbau tidak perlu membawa umatnya atau membawa orang-orang dalam jumlah yang banyak," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, Polda Jabar melakukan pemeriksaan terhadap beberapa perangkat daerah berkaitan dengan acara Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor. Beberapa perangkat daerah dimintai keterangan di Gedung Ditreskrimum Polda Jabar pada hari ini, Selasa (24/11/2020).

Kegiatan Habib Rizieq mengunjungi Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Kabupaten Bogor, menciptakan kerumunan. 

Dari foto yang beredar, terlihat massa mengabaikan protokol kesehatan dan tidak mengenakan masker. Akibat kegiatan tersebut, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya karena dinilai tidah menegakkan protokol kesehatan.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers