web analytics
  

Manfaat Kopi Organik Dibandingkan Kopi Konvensional

Kamis, 3 Desember 2020 15:46 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Manfaat Kopi Organik Dibandingkan Kopi Konvensional, kopi konvensional,kopi organik,kanker,Kesehatan

[Ilustrasi] Biji kopi organik dibudidayakan tanpa menggunakan pestisida dan pupuk berbahaya. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Selain kopi konvensional, biji kopi organik menjadi pilihan alternatif yang sehat. Apa itu biji kopi organik? Biji kopi ini dibudidayakan tanpa menggunakan pestisida dan pupuk berbahaya. Tidak ada proses kimia yang digunakan dalam pemurniannya atau proses lainnya. kopi organik memiliki rasa lebih unggul karena tumbuh pada suhu yang dingin.

Dilansir dari Joy Beans, berikut manfaat kopi organik.

1. Manfaat Kesehatan

Pestisida yang digunakan dalam produksi biji kopi dapat menyebabkan kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Dengan konsumsi kopi secara berlebihan, pestisida masuk ke tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem reproduksi dan saraf.

Dengan  minum kopi alami, Anda mungkin bisa menghilangkan semua risiko kesehatan ini. Agen stimulasi dalam kopi organik membantu meningkatkan metabolisme yang menghasilkan penurunan berat badan dengan cepat.

Kopi alami pun tinggi antioksidan, mineral, dan vitamin. Risiko penyakit kanker dan diabetes dapat berkurang secara signifikan jika mengonsumsi kopi alami setiap hari. Selain itu, mengonsumsi kopi alami membantu meredakan nyeri karena kafein berfungsi meredakan nyeri secara alami.

2. Manfaat Lingkungan

Penanam kopi konvensional dalam upaya meningkatkan produksi kopi murah bisa merusak kawasan hutan luas yang menyebabkan deforestasi. Unsur hara dari tanah hilang dan persediaan air tanah mengering. Kopi organik ditanam di bawah naungan hutan dan memastikan ekosistem tidak terpengaruh. Karena pestisida tidak digunakan dalam produksinya, tidak ada bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam biji kopi dan dianggap sepenuhnya aman untuk dikonsumsi.

3. Manfaat Bagi Petani

Petani yang menanam biji kopi organik mendapat dukungan dari koperasi sehingga mampu mengelola biaya produksi yang tinggi. Hal ini memungkinkan petani kopi organik mempertahankan mata pencaharian mereka. Kebun tersebut diakreditasi dan disertifikasi sehingga semua prinsip dan prosedur pertanian diikuti untuk memastikan biji kopi bebas bahan kimia.

Kacang organik membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Karena tidak ada bahan kimia atau racun berbahaya yang tertelan dalam tubuh saat Anda meminum minuman ini, kopi organik dapat membantu melindungi Anda dari radikal bebas dalam tubuh. Namun, memang, biji kopi organik harganya lebih mahal daripada biji kopi konvensional. Namun, manfaat kesehatannya jangan diragukan lagi.

Banyak perusahaan kopi menawarkan varian organik populer untuk dijual dan Anda dapat membuat pilihan tergantung pada preferensi rasa tertentu. Kopi organik tersedia dalam bentuk biji utuh dan Anda dapat membuat pilihan sesuai selera. (Deni Suhendar)

Sumber : https://www.joybeans.com.au/single-post/2016/07/18/Wholesale-organic-coffee-why

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers