web analytics
  

Menikmati Udara Segar di Tahura Djuanda

Kamis, 3 Desember 2020 09:31 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Wisata, Menikmati Udara Segar di Tahura Djuanda, Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda,Tahura Dago,wisata alam,Wisata Alam Liar,Wisata Bandung

Kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura). (Ani Siti Nur’aeni Wahidah.)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Menikmati keindahan alam yang sejuk dan menyegarkan setelah waktu bekerja dan sekolah sangat menyenangkan dan menenangkan pikiran serta tubuh. Keindahan alam itu bisa dirasakan di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura). Komplek Tahura ini terletak di Jalan Ir. H. Djuanda No. 99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Memiliki luas hingga 590 hektare, taman ini memiliki berbagai macam objek wisata mulai dari Gua Jepang, Gua Belanda, Tebing Keraton, Curug Omas, Curug Dago, dan lainnya. 

Taman ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mencari udara segar di tengah penatnya suasana kota. Berbagai jenis pohon yang tinggi menjulang saling berjejer sepanjang jalan sehingga membuat suasana sangat asri dan udaranya sangat segar. Jika sedang beruntung, kita juga bisa melihat beberapa ekor monyet yang berkeliaran di jalan. Hal ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Fasilitas yang ada di Taman Hutan Raya Djuanda ini cukup lengkap. Sejumlah warung yang bisa dikunjungi untuk membeli camilan dan minuman ringan. Ada juga beberapa saung kecil yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak ketika lelah. Musala dan wc umum yang terdapat di sana pun sangat nyaman untuk digunakan.

Taman hutan yang sangat luas ini memiliki empat pintu masuk yang sangat mudah diakses dari berbagai arah.
Pintu Masuk I dan II di Dago Pakar dapat ditempuh dari Terminal Dago.
Pintu Masuk III di Kolam Pakar dapat ditempuh dari arah PLTA Bengkok atau dari Tangga Seribu/Curug Dago
Pintu Masuk IV di Maribaya bisa ditempuh dari arah Lembang.

Hanya diperlukan Rp15.000 sebagai tiket masuk ke taman ini. 

Namun sayangnya di tengah pandemi sekarang ini jumlah pengunjung dibatasi hanya sebanyak 250 orang saja setiap harinya yang harus melakukan reservasi sehari sebelumnya di website Tahura. Protokol kesehatan pun dilakukan dengan cukup ketat. Terdapat tempat cuci tangan lengkap dengan sabun yang harus digunakan oleh para pengunjung. Para pengunjung pun harus saling menjaga jarak masing-masing dan tidak bergerombol. (Ani Siti Nur’aeni Wahidah / Magang)

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers