web analytics
  

Ritual 'Ngamandian Ucing' Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda KBB

Kamis, 3 Desember 2020 20:01 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Ritual 'Ngamandian Ucing' Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda KBB, Ngamandian Ucing,Kemendikbud,Warisan Budaya Tak Benda (WBTB)

Ritual 'Ngamandian Ucing'. (Youtube Hernandi Tismara)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menetapkan 2 ritual budaya asal Kabupaten Bandung Barat (KBB) sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tahun 2020.

2 ritual itu yaitu Mikul Lodong dari Kampung Cikurutug, Desa Tagogapu, Kecamatan Padalarang dan Ngamandian Ucing dari Kampung/Desa Nyenang, Kecamatan Cipeundeuy.

Kepala Seksi Bina Budaya pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat, Hernandi Tismara mengatakan dua ritual yang masuk WBTB itu sudah melalui proses panjang dari tahun 2019. 

"Dari tahun 2019 yang lalu, kami sudah mengusulkan, asalnya ada empat ritual budaya dari Bandung Barat, tapi kemarin setelah hasil kajadian dari Kemendikbud pusat, yang ditetapkan dua yaitu Mikul Lodong dan Ngamandian Ucing," ujar Hernandi, Kamis (3/12/2020).

Hernandi mengatakan, ritual tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan masyarakat setempat secara turun temurun dan masih bertahan hingga sekarang. 

"Kegiatan atau ritual ini sudah ada di masyarakat, jadi tidak akan hilang, sebab warga disana terus melakukan dari generasi ke generasi," ungkapnya. 

Ia mengungkapkan dua ritual ini sangat unik dan memiliki pesan dan makna mendalam. Secara konsep juga sudah dalam tahap kajian. 

Sementara itu, ia pun berharap kedepannya generasi mendatang terus belajar dan melestarikan kebudayaan di Jawa Barat yang sangat melimpah.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers