web analytics
  

Pemkot Cimahi Tanggung Jamsostek 2.364 Ketua RW, RT dan Linmas

Kamis, 3 Desember 2020 18:23 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, Pemkot Cimahi Tanggung Jamsostek 2.364 Ketua RW, RT dan Linmas, Pemkot Cimahi,jamsostek,BPJS Ketenagakerjaan

Penyerahan Kartu Kepesertaan dan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan Kepada Ketua RT, RW dan Linmas Kota Cimahi. (Tri Junari)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Cimahi menjamin kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek para ketua Rukun Warga (RW), ketua Rukun Tetangga (RT) dan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Cimahi.

Pemerintah Kota Cimahi dibawah kepemimpinan Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana resmi mendapftarkan mereka dan menjamin iuran jaminan sosialnya sebagai bentuk apresiasi dan perhatian pemerintah.

"Pemkot Cimahi berkewajiban memberikan rasa aman dan nyaman kepada para ketua RW, Ketua RT dan Satlinmas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Maka selayaknya kami juga memperhatikan jaminan keselamatan mereka dalam bekerja," kata Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, saat penyerahan simbolis Kartu Kepesertaan BP Jamsostek kepada perwakilan ketua RW, Ketua RT dan Satlinmas, Kamis (3/12/2020).  

Pemerintah Kota Cimahi bekerjasama dengan BP Jamsostek Cabang Cimahi menyerahkan kartu kepesertaan sebanyak 2.364 kepada para perwakilan. Termasuk memberikan santuan kematian kepada ahli waris dari Ketua RW 2 Kelurahan Citeureup.

Insentif perlindungan ketenagakerjaan mandiri yang diterima oleh para ketua RW, Ketua RT, dan anggota Satlinmas bukan selaku penerima upah golongan pekerja mandiri, melainkan sebagai insentif untuk pembayaran atas status kepesertaan. 

Ini berkaitan dengan kedudukan mereka sebagai mitra dari Pemkot Cimahi dalam membantu meningkatkan kelancaran tugas pemerintah dalam bidang pembangunan pemerintahan dan kemasyarakatan, serta keamanan serta ketentraman di wilayah kelurahannya masing-masing. 

"Jika terjadi hal-hal yang sudah menjadi bagian dari risiko tugasnya, minimal keluarga dari para pekerjanya bisa terbantu untuk berupaya bangkit kembali, seperti halnya pemberian santunan kepada ahli waris Ketua RW 02 Kelurahan Citeureup," ucapnya. 

Ngatiyana meminta agar ke depannya cakupan kepesertaan BP Jamsostek dapat diperluas meliputi seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Cimahi. Untuk itu, dia meminta setiap SKPD agar terus berkoordinasi dengan BP Jamsostek cabang Kota Cimahi, terkait masalah iuran jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian maupun berbagai masalah dan manfaatnya. 

"Semoga pelaksanaan kegiatan ini menjadi momentum positif dalam pelaksanaan program perlindungan ketenagakerjaan yang lebih optimal dan menyeluruh demi menciptakan ketenangan bekerja bagi seluruh komunitas pekerja di Kota Cimahi," pungkasnya. 

Kepala BPJamsostek Cabang Cimahi, Aang Supono mengatakan, jumlah cakupan kepesertaan para pekerja di Kota Cimahi baru mencapai 165.000. Baik pekerja yang dibayarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja maupun peserta mandiri.

"Kami ucapkan terima kasih ke Pemkot Cimahi yang sudah mendaftarkan Linmas, RT, dan RW, menjadi peserta BP Jamsostek. Semoga bagi perusahaan, institusi pemerintah, dan swasta yang belum, segera daftarkan pekerjanya agar mendapatkan manfaat," imbuhnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers