web analytics
  

Diresmikan 2021 Nanti, Gedung SLRT Jadi Rumah bagi Masyarakat Miskin

Rabu, 2 Desember 2020 19:22 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Diresmikan 2021 Nanti, Gedung SLRT Jadi Rumah bagi Masyarakat Miskin, Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT),Gedung SLRT,Masyarakat Miskin,Dinas Sosial Kabupaten Bandung

Gedung Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) Kabupaten Bandung, di Soreang terbakar pada 2 Oktober 2020. (Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung tengah membangun sebuah gedung Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang diperuntukan bagi masyarakat miskin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Nina Setiana mengatakan, gedung SLRT yang mulai dibangun pada 2016 tersebut berfungsi untuk penangan kemiskinan terutama dalam memastikan masyarakat apakah termasuk fakir miskin atau orang tidak mampu.

"Apakah masayarakat tersebut mendapatkan akses perlindungan dan pelayanan sosial secara terintegrasi, termasuk melaksanakan updating data terpadu kesejateraan sosial (DTKS) secara dinamis," tutur Nina, Rabu (2/12/2020).

Pembangunan gedung SLRT yang menelan anggaran Rp9 Miliar tersebut rencananya akan di launching pada 2021. Nantinya, gedung tersebut menjadi pusat pelayanan terpadu penanganan keluhan dan rujukan.

"Sekaligus data center tingkat Kabupaten Bandung. Nanti juga akan dilengkapi  1 mobil  ambulans sebagai kendaraan quick reaction, dan juga satu unit kendaraan operasional. Tahun 2021 kami berharap akan mendapatkan tambahan mobil ambulans lagi. Karena mobilisasi dengan jangkauan yang sangat luas, memang perlu ditambah mobil ambulans lag," ucap dia. 

SLRT milik Kabupaten Bandung tersebut saat ini dijadikan percontohan nasional. Dimana SLRT Sabilulungan Kabupaten Bandung masuk dalam 6 besar SLRT terbaik se-Indonesia. Tak hanya itu, Nina menuturkan jika SLRT Sabilulungan dinilai sebagai Best Practice SLRT oleh Kemensos RI. 

"Untuk pertama kalinya di Indonesia pada tahun 2018 Pemkab Bandung menjadi pelopor integrasi aplikasi program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. Ini wujud dari dorongan Pak Bupati yang terus berupaya agar Dinsos dapat meningkatkan pelayanan kepada masyakat miskin khususnya, dan umumnya bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Mudah-mudahan pada 2021 bisa diresmikan," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers