web analytics
  

Aturan Baru Liga Inggris Pasca Brexit Telah Disetujui

Rabu, 2 Desember 2020 18:40 WIB Khoirur Rozi
Olahraga - Sepak Bola, Aturan Baru Liga Inggris Pasca Brexit Telah Disetujui, Brexit,Liga Inggris

Ilustrasi -- Brexit. (Pixabay)

LONDON, AYOBANDUNG.COM -- Inggris akan resmi keluar dari Uni Eropa pada 31 Desember 2020. Tak hanya berdampak kepada ekonomi dan politik, Brexit juga membuat diberlakukannya aturan baru di ranah sepak bola Inggris.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), Liga Primer Inggris (EPL), dan Liga Sepak Bola Inggris (EFL) telah menyetujui aturan baru transfer pemain luar negeri pasca-Brexit. Selain itu, proposal Pengesahan Badan Pengurus (GBE) juga telah disetujui.

Dilansir dari Metro, setelah aturan baru tersebut disahkan, setiap klub di Inggris wajib mematuhinya. Ada kriteria khusus terkait transfer pemain asing yang akan bermain di Inggris.

Aturan baru melarang setiap klub merekrut pemain asing di bawah 18 tahun. Selain itu, klub juga hanya boleh memiliki tiga pemain asing di bawah usia 21 tahun dan hanya enam pemain asing per musim. Aturan ini mulai berlaku pada bursa transfer Januari tahun depan.

Kemudian, pasca Brexit, pemain dari negara-negara Uni Eropa wajib mengantongi izin dari GBE. Hal ini serupa dengan sistem izin kerja untuk pemain luar negeri lainnya. Sebelumnya, pemain dari Uni Eropa tak perlu memiliki izin tersebut.

Kepala Eksekutif Liga Premier Inggris, Richard Masters mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan FA untuk memastikan Brexit tidak mengganggu sepak bola Inggris. Dia juga menyebut tim-tim di Inggris tak perlu khawatir soal aturan baru tersebut.

"Kami menyambut baik berita bahwa Kantor Dalam Negeri telah menyetujui rencana Pengesahan Badan Pimpinan untuk jendela transfer Januari 2021," katanya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, Liga Primer Inggris dan kompetisi lainnya tetap kompetitif pasca Brexit. Pemain lokal dan asing tetap bisa berkembang di Inggris.

"Liga Premier tetap kompetitif dan menarik dan solusinya akan melengkapi filosofi pengembangan pemain kami tentang bakat asing terbaik bersama dengan pemain lokal terbaik," jelas Richard.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers