web analytics
  

Tersangka Penipuan Arisan Paket Bodong Rp9 Miliar Tak Berdaya

Rabu, 2 Desember 2020 16:30 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Tersangka Penipuan Arisan Paket Bodong Rp9 Miliar Tak Berdaya, Penipuan,arisan bodong

Tersangka penipuan arisan paket bodong Rp9 Miliar, berkerudung cokelat, tak berdaya di kursi roda saat jumpa pers, Rabu (2/12/2020). (Ayobandung.com/M Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Tersangka arisan paket bodong di Cianjur TH alias HA (45) bigbos CV Hoky Abadi Jaya lemah tak berdaya di kursi roda saat pertama kalinya diperlihatkan ke media pada jumpa pers di Mapolres Cianjur, Rabu (2/12/2020).

Tersangka diduga menggelapkan uang anggota arisan Rp9 miliar.  Jumlah tersebut berdasarkan laporan yang masuk ke Polres Cianjur.

Kasatreskrim Polres Cianjur AKP Anton mengatakan, “Kami menerima 2 laporan, dari laporan tersebut ditaksir kerugian mencapai Rp9 miliar.”

Jumlah kerugian tersebut belum menggambarkan kerugian total penipuan dengan modus arisan paket. Hal itu karena perhitungan hanya berdasarkan laporan yang ada di Polres Cianjur, belum mencakup korban lainnya yang belum melapor.

“Iya taksiran kerugian ini belum secara keseluruhan. Kami masih menunggu laporan lainnya dari para anggota yang merasa menjadi korban penipuan,” tuturnya.

"Kami terus lakukan pengembangan, dengan adanya dugaan tindak pidana pencucian uang yang juga dilakukan tersangka. Apalagi tersangka melakukannya sejak 2014 lalu," ujarnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHPidana, pasal 372 KUHPidana, dan pasal 46 (1) Undang-Undang RI No 10/1998 tentang perubahan atas Undang-Undang No 47/1992 tentang perbankan.

"Tersangka terancam dengan hukuman kurungan penjara tujuh tahun. Kini masih mendekam di sel tahanan Mapolres Cianjur," ucapnya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers