web analytics
  

Selain Mengamankan, Polisi Akan Pastikan Penerapan Prokes di TPS

Rabu, 2 Desember 2020 15:50 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Selain Mengamankan, Polisi Akan Pastikan Penerapan Prokes di TPS, Pilkada Kabupaten Bandung 2020,Pilkada 2020

Ilustrasi Pilkada. (Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Polresta Bandung melakukan simulasi pemungutan suara Pilkada Kabupaten Bandung 2020 untuk memastikan proses pemungutan suara sesuai dengan ketentuan.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, ada perbedaan dalam pelaksanaan pemungutan suara dalam Pilkada 2020 jika dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

"Ada hal yang berbeda dengan pemilu sebelumnya. Lebih menekankan aspek kesehatan," tutur Hendra selepas simulasi pengamanan pemungutan suara Pilkada Kabupaten Bandung di Soreang, Rabu (2/12/2020).

Selain mengamankan, petugas kepolisian bertugas memastikan penerapan protokol kesehatan di TPS saat proses pemungutan suara berlangsung.

"Seluruh penyelenggara diharuskan menggunakan alat pelindung diri, baik masker, face shield, sarung tangan dan memastikan harus ada tempat cuci tangan di TPS," ujarnya.

Petugas kepolisian yang bertugas mengamankan TPS juga diminta tidak menyentuh logistik. Selain untuk meminimalisasi kontak langsung dengan benda asing, hal tersebut sebagai bagian protokol pengamanan agar polisi terhindar dari kecurigaan tidak netral dalam pilkada.

"Nanti juga akan ada bilik suara khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat Celsius. Itu juga butuh pengangan khusus," tuturnya.

Dengan melakukan simulasi, Hendra berharap agar petugas kepolisian yang melakukan pengamanan di TPS bisa mengetahui peran dan fungsinya di lapangan.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers