web analytics
  

Bandung Zona Merah, PSBB atau Tidak Diputuskan Besok

Rabu, 2 Desember 2020 15:22 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Bandung Zona Merah, PSBB atau Tidak Diputuskan Besok, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,PSBB,PSBB Bandung Raya,Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),30 Kecamatan di Kota Bandung Zona Merah,Bandung Zona Merah

Wakil Wali Kota Bandung Yana. (ayobandung/Nur Khansa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Wali Kota Bandung Yana mengatakan pihaknya akan menggelar rapat terbatas dengan para pimpinan kota esok hari. Rapat tersebut digelar untuk membahas opsi pembatasan kegiatan warga Kota Bandung terkait status zona merah Covid-19.

Ia mengatakan, terdapat beberapa opsi regulasi pembatasan kegiatan warga yang akan dibahas. Salah satunya adalah opsi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Untuk bisa memutuskan itu (PSBB), ada di ranahnya para pimpinan kota dan daerah, rencananya besok akan rapat," ungkap Yana di Balai Kota Bandung, Rabu (2/12/2020).

Selain PSBB, ia mengatakan, opsi lainnya yang dapat dilakukan di antaranya adalah pengetatan relaksasi berbagai pusat kegiatan warga. Wisatawan dari luar Kota Bandung juga diimbau untuk tidak memasuki wilayah Kota Bandung untuk sementara.

"Mungkin saja yang sudah kita beri relaksasi, akan dikurangi. Apakah kuotanya dibatasi atau seperti apa, nanti akan dibahas di rapat. Cukup banyak faktor yang harus dipertimbangkan dengan seluruh pimpinan daerah lain," ungkapnya.

Selain itu, penyekatan akses menuju Kota Bandung di wilayah-wilayah perbatasan juga akan dipertimbangkan. Sumber daya manusia yang harus disiapkan untuk mengawal pengetatan kegiatan warga tersebut menjadi persoalan.

"Belum tahu, harus diputuskan bersama besok karena menyangkut sumber daya. (Pengawasan di perbatasan) kan harus 24 jam, untuk PSBB juga harus koordinasi dengan TNI dan Polri tentang kesiapannya. Besok akan disampaikan," ungkapnya.

Bandung Dinyatakan Zona Merah
Kota Bandung kembali masuk ke dalam zona kewaspadaan tinggi penyebaran Covid-19 alias zona merah. Hal tersebut dibenarkan Koordinator Bidang Perencanaan Data Kajian dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara.

"Iya betul masuk zona merah," ungkapnya ketika dihubungi lewat pesan singkat, Selasa (1/12/2020).

Sebelumnya beredar informasi melalui grup WhatsApp wartawan yang menyatakan bahwa Kota Bandung kembali masuk ke dalam zona merah. Pada Senin (30/11/2020) Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengumumkan 7 kota/kabupaten yang masuk ke dalam kategori zona merah di Jabar, dan Kota Bandung bukan salah satunya.

Data yang menyatakan Kota Bandung masuk ke dalam zona merah dapat diakses di https://covid19.go.id/peta-risiko. Berdasarkan laman tersebut, diakses hari ini pukul 12.57 WIB, Kota Bandung masuk ke dalam zona risiko tinggi bersama lima kota/kabupaten lainnya, yakni Kota Banjar, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Karawang.

Berdasarkan data yang dimiliki Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, status zona merah Kota Bandung tersebut didasarkan pada hasil evaluasi mingguan pada periode 23 November 2020-29 November 2020.

Evaluasi dihitung dari belasan indikator yang menyangkut epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, hingga pelayanan masyarakat. 

Nantinya skor akan dikalkulasi sehingga menghasilkan angka dengan skala 0-3. Ketetapannya adalah:

  • Zona merah atau risiko tinggi: skor 0 sampai 1,8
  • Zona oranye atau risiko sedang: skor 1,9 sampai 2,4
  • Zona kuning atau risiko rendah: skor 2,5 sampai 3,0
  • Zona hijau atau tidak terdampak: nihil kasus positif Covid-19
     
  •  
Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers