web analytics
  

Bandung Zona Merah, Pakai Masker Jangan Asal, Ini Cara yang Benar

Rabu, 2 Desember 2020 12:46 WIB M. Naufal Hafizh
Bandung Raya - Bandung, Bandung Zona Merah, Pakai Masker Jangan Asal, Ini Cara yang Benar, Kota Bandung,Kabupaten Bandung Barat,zona merah,COVID-19,masker

Warga memakai masker di Terminal Cicaheum, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (3/11/2020). Kegiatan yang dilaksanakan serentak di Kota Bandung tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi serta menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang penggunaan masker guna menekan laju penyebaran pandemi Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pada Selasa, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan 4 daerah lainnya di Jawa Barat masuk kembali ke zona merah Covid-19.

Keempat wilayah lain yang masuk zona merah Covid-19 di Jawa Barat yaitu Kota Banjar, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Karawang.

Koordinator Bidang Perencanaan Data Kajian dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara membenarkah bahwa Kota Bandung masuk kembali zona merah Covid-19. "Iya betul masuk zona merah," ungkapnya ketika dihubungi lewat pesan singkat, Selasa (1/12/2020).

Sementara itu, secara nasional, 50 kota/kabupaten masuk zona merah covid-19. Data selengkapnya bisa diakses di sini.

Lantas, bagaimana cara memakai masker yang benar. Memakai masker sendiri menjadi salah satu cara yang paling efektif mencegah penularan covid-19 di Kota Bandung dan Bandung Barat yang kini zona merah.

Untuk mengurangi risiko penyebaran corona, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengimbau masyarakat tetap waspada dan melakukan upaya pencegahan dengan cara:

Pertama, menggunakan masker secara benar. Masker sekali pakai, seperti masker medis, hanya digunakan sekali. Masker kain harus dicuci sebelum digunakan kembali.

Kedua, selalu menjaga jarak dengan siapapun di luar rumah dan hindari kerumunan.

Ketiga, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir selama minimal 20 detik.

Lantas, bagaimana cara menggunakan masker yang benar untuk mencegah tertular virus corona?

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setidaknya ada 7 hal yang mesti diperhatikan saat menggunakan masker, yakni:

1. Pakai masker secara seksama untuk menutupi mulut dan hidung, kemudian eratkan dengan baik untuk meminimalisasi celah antara masker dan wajah.

2. Saat digunakan, hindari menyentuh masker.

3. Lepas masker dengan teknik yang benar. Misalnya, jangan menyentuh bagian depan masker, tapi lepas dari belakang dan bagian dalam.

4. Setelah dilepas jika tidak sengaja menyentuh masker yang telah digunakan, segera cuci tangan.

5. Gunakan masker baru yang bersih dan kering, segera ganti masker jika masker yang digunakan terasa mulai lembap.

6. Jangan pakai ulang masker yang telah dipakai.

7. Buang segera masker sekali pakai dan lakukan pengolahan sampah medis sesuai SOP.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers