web analytics
  

Pantau Kinerja ASN Kota Bandung dengan Aplikasi Mang Bagja

Rabu, 2 Desember 2020 10:53 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Pantau Kinerja ASN Kota Bandung dengan Aplikasi Mang Bagja, ASN Kota Bandung,Aplikasi Mang Bagja,Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,Kinerja ASN Bandung

Ilustrasi ASN Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan sistem informasi Manajemen Bandung Kinerja (Mang Bagja). Sistem tersebut menyediakan segala informasi pegawai, data, dan laporan kinerja setiap aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Bandung. 

Mang Bagja merupakan sistem informasi dalam rangka penilaian kinerja pegawai yang lebih objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan.

"Pemkot Bandung berinovasi di bidang kepegawaian. Ini agar lebih objektif dan akuntansi kinerja ASN," tutur Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada acara Gala Dinner Akhir Tahun Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung, di Hotel Pullman, Selasa (1/12/2020) malam. 

Oded meyakini, sistem tersebut dapat mendukung optimalisasi visi misi Kota Bandung. "Manajemen ini dibuat sedemikian rupa sehingga mendukung optimal visi misi Kota Bandung," kata Oded. 

Sementara itu, Kepala BKPP Kota Bandung, Yayan A. Brillyana mengatakan, sistem informasi yang akan beroperasi tahun depan itu, memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi dan lebih mudah digunakan. 

"Ini tampilannya sederhana. Mudah diakses, terhubung dengan sistem informasi lainnya," kata Yayan. 

Lebih dari itu, Mang Bagja membantu Pemkot Bandung dalam melaksanakan penilaian kinerja pegawai agar tetap selaras dengan visi, misi, sasaran dan tujuan pemerintah. 

"Kontribusi pegawai secara individu dapat menunjang capaian kinerja Pemkot Bandung," ujarnya. 

Sistem informasi tersebut, lanjut Yayan, salah satu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk memberikan informasi kepada ASN lebih terintegrasi. 

"KASN merekomendasikan membuat sistem ini. Lebih mudah terintegrasi, aman untuk digunakan PNS. Rencananya 2021 sudah operasional," kata Yayan.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers