web analytics
  

Daftar 6 Daerah Zona Merah Jabar Pekan Ini, Tak Ada Bodebek

Rabu, 2 Desember 2020 07:35 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Daftar 6 Daerah Zona Merah Jabar Pekan Ini, Tak Ada Bodebek, Zona merah Jawa Barat,zona merah jabar,Zona Covid-19,zona Covid-19 Jabar,Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah), Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi (kiri), Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugrogo Budi Wiryanto (kanan) di Puskesmas Garuda, Jalan Dadali, Kota Bandung, Senin (14/9/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 6 daerah di Jawa Barat (Jabar) pekan ini dinyatakan sebagai zona merah atau zona risiko tinggi Covid-19. Keenam daerah itu di antaranya:

  1. Kota Bandung
  2. Kabupaten Bandung Barat
  3. Kota Banjar
  4. Kabupaten Purwakarta
  5. Kabupaten Indramayu
  6. Kabupaten Karawang

Zona Covid-19 Jabar ditunjukkan di laman Peta Risiko Satgas Penanganan Covid-19 nasional. Pemetaan ini berdasarkan data pemerintah pusat pada periode 23 November-29 November 2020.

Menariknya, wilayah Bodebek yang kerap menjadi 'langganan' zona merah di Jabar pekan ini seluruhnya berada di zona resiko sedang atau oranye. Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap, keadaan tersebut dapat dipertahankan hingga membaik di kemudian hari.

"Pertama kali wilayah Bodebek tidak ada yang berstatus zona merah. Mari pertahankan menuju kuning dan semoga hijau," ujar dia di akun Instagram pribadinya, Selasa (2/12/2020). 

Dua di antara keenam daerah yang dinyatakan zona merah pekan ini akan melangsungkan Pilkada Serentak. Oleh karenanya, Emil meminta dua daerah tersebut, yakni Indramayu dan Karawang untuk siaga.

"Dua daerah yang akan Pilkada yaitu Indramayu dan Karawang juga harus siaga satu menjelang pencoblosan minggu depan, karena berada di zona merah," ungkapnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers