web analytics
  

Bawaslu Jabar Awasi Ketat Pilkada Cianjur

Selasa, 1 Desember 2020 20:40 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Bawaslu Jabar Awasi Ketat Pilkada Cianjur, Bawaslu Jabar,Pilkada Cianjur

Logo Bawaslu. (Istimewa)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat akan memperketat pengawasan menjelang masa tenang di pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur 2020, di antaranya kampanye uang, kampanye hitam, dan netralitas aparatur sipil negara.

Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan mengatakan, ada tiga prioritas pengawasan dalam masa tenang pada pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur 2020. 

“Ketiga fokus tersebut, yakni kampanye uang, kampanye hitam, dan netralitas aparatur sipil negara,” kata Abdullah pada wartawan, Selasa (1/12/2020).

Abdullah menjelaskan,  selain ketiga fokus tersebut, yakni kesesuaian jumlah DPT dengan surat suara di TPS, kesiapan logistik dan mengawasi PPS saat hari H pencoblosan.

"Belajar dari pengalaman dari Pilkada ke Pilkada, misalkan keterlambatan surat suara hingga administrasi," ucapnya.

Abdullah menuturkan, harus diantisipasi pada pelaksanaan hari H adalah ada pemilih yang mencoblos dua kali. Harus dipastikan juga, warga yang sudah memiliki hak pilih tapi belum memiliki KTP elektronik yang menggunakan surat keterangan, maka suratnya yang terkonfirmasi dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah setempat.

"Penghitungan suara menjadi poin penting, yakni rekapitulasi hasil suara, soal bagaimana proses penghitungan yang benar dan tepat antara DPT dan jumlah surat suara," tandasnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers