web analytics
  

Bandung Zona Merah, Pemkot Pertimbangkan PSBB

Selasa, 1 Desember 2020 16:05 WIB
Bandung Raya - Bandung, Bandung Zona Merah, Pemkot Pertimbangkan PSBB, PSBB,Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),PSBB Bandung Raya,Zona Merah Covid-19,zona merah

Ilustrasi--Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) (Dok. Pemprov Jabar)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Menyusul penetapan Kota Bandung sebagai zona merah, Pemerintah Kota Bandung membuka opsi untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Berbagai kemungkinan bisa terjadi (PSBB), kami sudah siapkan opsi itu," ujar ketua harian gugus tugas penanganan covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Selasa (1/12).

Menurutnya, tindakan pengawasan pada pemberlakuan PSBB yaitu keberadaan cek poin untuk memperketat mobilitas orang masuk ke Kota Bandung. Ia mengatakan, pihaknya akan segera mempercepat rapat terbatas membahas kondisi terkini penyebaran Covid-19. 

"PSBB, kebijakan di wali kota. Ratas dipercepat minggu ini. Kalau zona merah, ada konsekuensi, sekarang belum mulai karena perwal belum direvisi," ungkapnya.

Ema melanjutkan, kasus positif aktif Covid-19 di Kota Bandung mengalami peningkatan signifikan. Menurutnya, saat ini kasus aktif mencapai 759 kasus dengan jumlah kasus kumulatif mencapai 3.560. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan antisipasi.

Ia mengatakan, gugus tugas akan tegas menindak masyarakat maupun pelaku usaha yang melanggar protokol kesehatan. Selain itu, ruang-ruang publik di Kota Bandung tidak boleh digunakan yang berpotensi menciptakan kerumunan.

Ema mengatakan pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penanganan Covid-19. Selain itu, penyemprotan disinfektan akan kembali dilakukan secara rutin oleh petugas di ruang-ruang publik. 

"Yang membandel ditindak tegas," ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan bahwa status level kewaspadaan penyebaran covid-19 telah berubah dari zona oranye ke zona merah. Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana sempat mengatakan Kota Bandung masuk ke zona merah namun pernyataan tersebut di revisi kembali. 

"Ya (zona merah)," ujar Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara saat dikonfirmasi, Senin (1/12).

Ia mengatakan, perubahan status zona merah disebabkan kasus positif aktif yang terus ditemukan dari fasilitas pelayanan kesehatan. Menurutnya, pihaknya terus mengimbau agar masyarakat disiplin dan mematuhi protokol kesehatan. 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers