web analytics
  

Keamanan Vaksin Merah Putih Akan Dijamin

Selasa, 1 Desember 2020 14:42 WIB Adi Ginanjar Maulana
Umum - Nasional, Keamanan Vaksin Merah Putih Akan Dijamin, Vaksin Merah Putih,COVID-19

Dialog Produktif KPCPEN, Selasa (1/12/2020). (Youtube)

AYOBANDUNG.COM--Keamanan Vaksin Merah Putih yang saat ini masih dalam tahap proses diharapkan disebar kepada masyarakat dalam waktu dekat.

Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Ede Surya Surya Darmawan mengatakan, untuk keamanan vaksin pihaknya menyerahkan penuh kepada tim yakni dari Unpad, RSHS, dan Bio Farma selaku produsen nantinya.

"Peneliti sudah mempertimbangkan dan meneliti vaksin tersebut sebaik-baiknya agar aman ketika diberikan ke masyarakat," ujarnya saat Dialog Produktif KPCPEN, Selasa (1/12/2020).

Pihaknya pun menyatakan keberadaan vaksin terus diuji agar tetap efektif. Sehingga ketika vaksinasi bisa bekerja dengan baik.

"Pertama kali diberikan usia 18-49 tahun, supaya tidak ada dampak pascaimunisasi yang tidak diharapkan," katanya.

Dia menjelaskan, penanganan Covid-19 berbeda dengan penanganan penyakit lainnya. "Covid itu tinggakat penularannya tinggi. Sehingga prosedur penanganannya pun dengan tingkat tinggi sehingga tidak ada infeksi terhadap dokter, perawat, dan sebagainya," paparnya.

Seperti diketahui, vaksin Covid-19 telah mulai dikirimkan oleh para produsen ke berbagai negara di dunia, termasuk ke Indonesia. 

Tentunya ini merupakan langkah yang lebih maju dalam upaya menanggulangi penularan Covid-19. Kedatangan vaksin tentunya disambut gembira. 

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers