web analytics
  

Guru Kota Bandung Terbitkan Modul ‘Aki Bagi' untuk Siswa Sulit Akses Internet

Selasa, 1 Desember 2020 08:51 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Guru Kota Bandung Terbitkan Modul ‘Aki Bagi' untuk Siswa Sulit Akses Internet, pembelajaran jarak jauh (PJJ),Tugas saat PJJ,Modul Aki Bagi,Pembelajaran Daring,sekolah daring

Kepala Seksi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Bandung Akhmal Taufan Hidayat, Guru SDN 053 Kota Bandung Haviz Kurniawan, dan Guru SMPN 13 Kota Bandung Heli Setiawati dalam Program Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Senin (30/11/2020). (dok. Humas Setda Kota Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Guru SDN 053 Kota Bandung, Haviz Kurniawan, mengatakan, guru Kota Bandung telah menerbitkan Modul ‘Aki Bagi’. Modul tersebut diinisiasi Dinas Pendidikan Kota Bandung yang berkolaborasi dengan guru-guru bagi peserta didik yang sulit mengakses internet. 

“Program 'Aki Bagi' itu modul yang disiasati oleh dinas pendidikan. Karena kita tahu peserta didik itu tidak semuanya bisa melakukan daring," ujar Haviz, dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com.

"Modul ini disusun oleh guru-guru dengan tema 1-4 plus PAI dan PJOK. Kumpulan semuanya adalah kompetensi dasar yang esensial muali materi sampai evaluasinya,” jelas Haviz.  

Ia mengungkapkan, sesuai Surat Edaran Mendikbud No. 4/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), sekolah harus memilih kompetensi dasar yang esensial. 

“Jadi kami tidak menuntaskan semua kurikulum yang ada di kurilukum 2013. Tapi kami memilih kompetensi dasar yang esensial. Itu yang kami berikan kepada peserta didik,” jelasnya. 

Guru SMPN 13 Kota Bandung, Heli Setiawati, mengakui masa pandemi Covid-19 menuntut para guru untuk berkreasi dan mampu memberikan pendidikan kepada siswa agar paham. 

Guru juga harus mulai memberikan pembelajaran kepada siswa yang memiliki akses internet sampai yang belum mampu mengakses internet. 

“Edukasi kepada orang tua, tidak hanya via WhatsApp tapi mulai pakai aplikasi yang mudah dikenalkan untuk orang tua,” kata Heli yang juga sebagai guru Bahasa Inggris.

“Tantangan bagi guru harus bisa berkreasi pembelajaran agar menarik, bermain visualisasi. Dengan banyak animasi fitur yang bergerak buat peserta didik menarik perhatian,” ucapnya.

Cageu, Bageur, Pinter

Kepala Seksi Kurikulum SD, Dinas Pendidikan Kota Bandung, Akhmal Taufan Hidayat, mengatakan para guru dituntut untuk lebih kreatif di masa pandemi yang telah berlangsung selama 8 bulan. Terlebih, pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan di Kota Bandung. 

“Masa pandemi ini guru dituntut kreativitasnya untuk melaksanakan kegiatan atau proses belajar mengajar secara daring atau luring. Karena tidak semua siswa di Kota Bandung bisa melaksanakan secara daring," ujar Akhmal.

"Oleh karenanya, kita juga harus memberikan layanan secara luar jaringan (luring),” ujarnya. 

Di masa pandemi ini, Akhmal menyebut, sesuai pentunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelajaran lebih menerapkan pendidikan karakter siswa.

“Tentunya sesuai petuntuk kementerian, dalam melaksanakan pendidikan bagi siswa itu sendiri lebih menekankan pendidikan karekternya. Karena yang lebih utama bagaimana menanamkan kareakter anak  harus Cageur, Bageur, Pinter,” tuturnya. 

Cageur di sini sehat, untuk mencapai sehat anak ini harus bisa memelihara dan melaksanakan PHBS untuk dirinya dan lingkungan. Tentunya dengan menjaga kebersihan diri,” lanjut Akhmal. 

Tak hanya itu, ia sampaikan juga dalam hal Bageur, siswa itu rukun dan patuh terhadap orang tua bahkan guru ketika diberikan tugas. 

“Patuh kepada orang tuanya juga gurunya. Anak itu mempunyai tanggung jawab disiplin dan semangat. Sehingga harus ada komunikasi antara guru dengan orangtua untuk kolaborasi mencapai yang diharapkan,” tuturnya.  

Menurut Akhmal, pembelajaran jarak jauh juga terbantu dengan hadirnya media televisi Bandung 132.  

Bandung 132 merupakan kanal tv IBB (Integrated broadcand Broadcasting) yang disalurkan melalui satelit, mampu memberikan materi bagi para siswanya mulai paud, TK, SD sampai SMP. 

"Ini menjadi semangat bagi para siswa untuk belajar. Bandung 132 juga memberikan pendampingan dan keteladanan bagi siswa, guru, orang tua dan pengawasan dalam media pembelajaran," ungkapnya. 

Sementara itu, mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), ia menjelaskan guru di Kota Bandung memiliki modul untuk pembelajaran. 

“Guru membuat modul pembelajaran sampai membuat kisi-kisi. Tentunya kita tidak mengedepankan target kurikulumnya, tapi bagaimana praktiknya. Kita harus menghargai siswa itu dilihat dengan ketercapaian pembelajarannya,” jelas Akhmal.  

Sedangkan untuk siswa Sekolah Luar Biasa (SLB), ia sampaikan Kota Bandung melayani pembelajaran dengan inklusi. 

“Untuk siswa luar biasa itu penangananya ada di provinsi. Untuk pelayanan ini kita memberikan kebebasan guru di sekolah," katanya. 

"Seperti ada kunjungan ke rumah secara berkala bahkan ada tatap muka yang terbatas 2-3 siswa dengan menerapkan protokol kesehatan. Itu juga pelayanannya tidak setiap hari,” tuturnya.

Editor: Fira Nursyabani

terbaru

bjb syariah Apresiasi Kejati Jabar atas Ditangkapnya Terpidana Pembobo...

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 18:41 WIB

bjb syariah Appresiasi Kejati Jabar atas Ditangkapnya Terpidana Pembobol Bank

Bandung Raya - Bandung, bjb syariah Apresiasi Kejati Jabar atas Ditangkapnya Terpidana Pembobol Bank, pembobol bank bjbs,Andy Winarto,Penangkapan Andy Winarto,Kejati Jabar,bank bjbs,bjbs

Antapani, Buahbatu, dan Lengkong, 3 Kecamatan dengan Kasus Aktif Covid...

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 15:32 WIB

Tiga kecamatan tersebut adalah Antapani, Buahbatu, dan Lengkong.

Bandung Raya - Bandung, Antapani, Buahbatu, dan Lengkong, 3 Kecamatan dengan Kasus Aktif Covid Tertinggi di Bandung, kasus positif aktif Covid-19 tertinggi di Bandung,kasus positif aktif Covid-19 tertinggi,Pusat data dan informasi Covid-19 Kota Bandung,kasus Covid -19 kumulatif Kota Bandun,Ahyani Raksanegara

Berbagai Alasan, 1.151 Nakes dan Petugas Penunjang di Bandung Absen Di...

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 15:03 WIB

Penyebabnya berbagai macam di antaranya tidak lolos di tahap pemeriksaan kesehatan

Bandung Raya - Bandung, Berbagai Alasan, 1.151 Nakes dan Petugas Penunjang di Bandung Absen Divaksin, Vaksinasi Nakes Covid-19,vaksinasi nakes di Kota Bandung,Ahyani Raksanegara,absen divaksinasi,penyuntikkan vaksin Covid-19

Memahami Penyebab Angin Puting Beliung

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 13:06 WIB

Memahami Penyebab Angin Puting Beliung

Bandung Raya - Bandung, Memahami Penyebab Angin Puting Beliung, penyebab puting beliung,Angin Puting Beliung,Puting Beliung,cumulonimbus,awan cumulonimbus,bmkg,musim pancaroba

Gugur Saat Tugas, Roy Febrianto Diberi Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 12:47 WIB

SK kenaikan pangkat bernomor 44/I/2021 tersebut dibacakan oleh Komandan Dodik Bela Negara Kodam III/Siliwangi Letkol (In...

Bandung Raya - Bandung, Gugur Saat Tugas, Roy Febrianto Diberi Kenaikan Pangkat Luar Biasa, Pratu Roy Febrianto,TNI gugur di Papua,TNI ditembak di Papua,TMP Cikutra

Saung Angklung Udjo Terancam Tutup, Ini Kata Disbudpar

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 10:37 WIB

Saung Angklung Udjo Terancam Tutup, Ini Kata Disbudpar

Bandung Raya - Bandung, Saung Angklung Udjo Terancam Tutup, Ini Kata Disbudpar, Saung Angklung Udjo,Saung Angklung Udjo tutup,Dampak Covid-19,Disbudpar Kota Bandung,Wisata Bandung

Iring-iringan Mobil TNI Antar Jenazah Pratu Roy Febrianto ke TMP Cikut...

Bandung Minggu, 24 Januari 2021 | 09:27 WIB

Selain sanak keluarga, prajurit TNI juga turut mengantar Pratu Roy ke tempat Peristirahatan terakhir.

Bandung Raya - Bandung, Iring-iringan Mobil TNI Antar Jenazah Pratu Roy Febrianto ke TMP Cikutra, Pratu Roy Febrianto,TNI ditembak di Papua,TNI gugur di Papua,TMP Cikutra

Kejaksaan Tangkap Pembobol Bank BUMD Rp 548 Miliar, Pelaku Diamankan d...

Bandung Sabtu, 23 Januari 2021 | 11:38 WIB

Kejaksaan Tangkap Pembobol Bank BUMD Rp 548 Miliar, Pelaku Diamankan di Bali

Bandung Raya - Bandung, Kejaksaan Tangkap Pembobol Bank BUMD Rp 548 Miliar, Pelaku Diamankan di Bali, Andy Winarto,pembobol bank bumd

artikel terkait

dewanpers