web analytics
  

7 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah Dua Pekan Berturut-turut

Selasa, 1 Desember 2020 05:55 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, 7 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah Dua Pekan Berturut-turut, Zona merah Jawa Barat,zona merah jabar,zona Covid-19 Jabar,zona corona Jabar

Warga berfoto di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (1/9/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 7 daerah di Jawa Barat (Jabar) masuk ke zona merah atau zona risiko tinggi penyebaran Covid-19 selama dua pekan berturut-turut.

7 daerah tersebut adalah:

1. Kabupaten Tasikmalaya

2. Kabupaten Bandung

3. Kabupaten Karawang

4. Kabupaten Purwakarta

5. Kabupaten Bekasi

6. Kota Bekasi

7. Kota Cimahi

"Daerah resiko tinggi masih ada di tujuh daerah. Ada beberapa daerah yang melaksanakan Pilkada menjadi resiko tinggi, yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Karawang," ungkap Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dalam konferensi pers di Mapolda Jabar, Senin (30/11/2020).

Meski jumlah daerah yang masuk zona merah minggu ini tak bisa dibilang sedikit, Uu mengatakan penyebaran Covid-19 di Jabar masih relatif terkendali. Angka reproduksinya masih berada di bawah 1.

"Penyebaran ada di 0,72, ini terkendali," ungkapnya.

Uu menyebutkan, penyebaran Covid-19 di beberapa daerah di Jabar ditemukan dalam klaster rumah tangga. Sehingga, penyebaran paling banyak diduga berasal dari kantor yang kemudian terbawa sampai ke rumah, atau sebaliknya.

Di samping itu, angka keterisian atau okupansi rumah sakit-rumah sakit rujukan Covid-19 di Jabar juga mengalami peningkatan. Keterisiannya sudah berada di atas batas maksimal yang ditetapkan WHO, yakni 65%.

"Keterisian di Jabar sekarang sudah 75%. Sebenarnya ini sudah di ambang batas yang 65%. Tapi ini didominasi oleh Bodebek. Kalau wilayah lain relatif aman, tapi dari jumlah tersebut diakumulasikan (menjadi angka okupansi) di Jabar," jelasnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers