web analytics
  

3 Kontestan Pilbup Kabupaten Bandung Beberkan Cara Hadapi Pandemi Covid-19 

Sabtu, 28 November 2020 20:27 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, 3 Kontestan Pilbup Kabupaten Bandung Beberkan Cara Hadapi Pandemi Covid-19 , Pilkada Serentak 2020,Ragam Pilkada,Pilbup Bandung 2020,Pilbup Bandung

Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung. (Ryan Suherlan/Magang)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Tiga kontestan Pemilihan Bupati Bandung membebeberkan cara menghadapi pandemi Covid-19 dalam debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati di Soreang, Sabtu (28/11/2020).

Masing-masing pasangan memiliki program unggulan dari mulai pencegahan hingga pemberian stimulus agar perekonomian bergerak kembali.      

Pilkada secara serentak akan diadakan pada 9 Desember 2020. 

NU Pasti Soroti Ruang Isolasi dan Relawan
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung nomor urut 1 Kurnia Agustina-Usman Sayogi menyiapkan sejumlah program penanganan Covid-19 apabila mereka terpilih. Dua di antaranya, peningkatan kapasitas ruang isolasi dan perekrutan relawan. 

Calon Bupati Nia Kurnia mengatakan langkah dan strategi pihaknya dalam penaganan covid-19 apabila terpilih menjadi bupati bandung adalah peningkatan layanan kesehatan.

"Dalam aspek kesehatan, akan dilakukan peningkatan layanan Puskesmas dan RSUD terutama dalam kaitan ruang isolasi dan rekrutmen relawan," tutur Kurnia dalam debat.
Dua hal tersebut dinilai akan mampu menangani masalah pelayanan kesehatan dalam masa pandemi.

Untuk penanganan dampak pandemi terhadap ekonomi, pasangan NU Pasti Sabilulungan memiliki program swasembada dan permodalan.

"Ada pembiayaan inovatif untuk 70.000 UMKM 4.0, jadi akan memperbanyak pasar daring baik ecommerce maupun marketplace," ujarnya.

Dalam bidang pendidikan, tokoh yang akrab disapa Teh Nia tersebut akan membuat 2.000 ruang kelas baru untuk proses adaptasi dan relaksasi pendidikan.

"Penambahan laboratorium khusus suspek melalui swab tes juga akan dilakukan," ujarnya. 

Stimulus dari Pasangan Yena-Atep
Sementara pasangan calon Bupati dan Wakil Bandung nomor urut 2 Yena Iskandar Ma'soem-Atep Rizal memiliki dua langkah dalam mengangani pandemi covid-19, yakni menangani penyakit dan dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi.

"Dalam menangani panyakit, ada dua hal yang akan dilakukan. Melindungi masyarakat dari paparan virus dan melindungi garda terdepan yakni tenaga medis, kepolisian, TNI dan Relawan," kata Yena. 

Untuk penanganan dampak akibat Covid-19, Yena mengatakan akan memberikan stimulus kepada ekonomi kerakyatan. mulai dari bidang UMKM, pertanian, hingga peternakan.

"Caranya memberikan pupuk gratis, pemberian bibit, suntikan permodalan dengan pinjaman modal tanpa bunga, bekerja sama dengan asuransi dan memprioritaskan program padat karya," ujarnya.

3 Jurus dari Bedas
Sedangkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung nomor urut 3, Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan (Bedas) akan menjalankan 3 langkah strategis dalam menangani pandemi covid-19, yakni pencegahan, rehabilitasi, dan pemberdayaan.

"Ada tiga langkah memperbaiki yang berfokus pada industri pariwisata, idustri pertanian dan industri kreatif," tutur Dadang Supriatna.

Untuk mendorong industri pertanian, hal yang akan dilakukan adalah pemberian pupuk bersubsidi ayng diawali dengan dorongan pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) sebagai sayarat penerimaan bantuan dari pemerintah.

Pasangan Bedas juga menjanjikan bantuan modal terhadap industri kratif melalui program bantuan Rp60juta/RW.

Namun langkah penanggulangan gagal disampaikan karena keterbatasan waktu dari penyelenggara. Dadang Supriatna tidak bisa memanfaatkan waktu 1 menit 30 detik untuk menyampaikan langkah strategisnya.

Editor: Andres Fatubun

terbaru

Pupuk Kompos Gapoktan Taruna Mukti dapat Penghargaan Kementan

Soreang Selasa, 26 Januari 2021 | 18:52 WIB

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Taruna Mukti, Desa Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung mendapat penghar...

Bandung Raya - Soreang, Pupuk Kompos Gapoktan Taruna Mukti dapat Penghargaan Kementan, Pupuk Kompos,Gapoktan Taruna Mukti,Penghargaan Kementan,peternakan sapi,kotoran ternak

Penanganan Limbah Ala Masyarakat Cisondari

Soreang Selasa, 26 Januari 2021 | 18:03 WIB

Limbah kotoran sapi pernah menjadi masalah pencemaran sungai di Desa Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Bandung Raya - Soreang, Penanganan Limbah Ala Masyarakat Cisondari, Ternak Sapi,Limbah Kotoran Sapi,Gapoktan Taruna Mukti

Klaster Keluarga Jadi Penyebab Kabupaten Bandung Masuk Zona Merah

Soreang Selasa, 26 Januari 2021 | 17:48 WIB

Dua pekan berturut-turut, Kabupaten Bandung dikategorikan zona merah karena adanya peningkatan kasus positif.

Bandung Raya - Soreang, Klaster Keluarga Jadi Penyebab Kabupaten Bandung Masuk Zona Merah, klaster keluarga,Kabupaten Bandung Masuk Zona Merah,Covid-19 Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung Kembali Masuk Zona Merah, Bandung Barat Keluar

Soreang Selasa, 26 Januari 2021 | 10:56 WIB

Terjadi lonjakan kasus di Kecamatan Dayeuhkolot selama dua hari terakhir.

Bandung Raya - Soreang, Kabupaten Bandung Kembali Masuk Zona Merah, Bandung Barat Keluar, Kabupaten Bandung Zona Merah,Kabupaten Bandung Barat Zona Merah,Covid-19 Kabupaten Bandung,Update Covid-19 Bandung Barat,Update Covid-19 Kabupaten Bandung

Keroyok Preman hingga Tewas, 13 Orang Diamankan Polresta Bandung

Soreang Selasa, 26 Januari 2021 | 09:12 WIB

Pengeroyokan terjadi di Kampung Caringin Tilu (Cartil), Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (18/...

Bandung Raya - Soreang, Keroyok Preman hingga Tewas, 13 Orang Diamankan Polresta Bandung , Preman Dikeroyok petani Cimenyan,Preman dikeroyok petani,Preman tewas dikeroyok,Pengeroyokan preman Bandung

Lokasi dan Syarat SIM Keliling Kabupaten Bandung 26 Januari 2021

Soreang Selasa, 26 Januari 2021 | 06:20 WIB

Lokasi dan Syarat SIM Keliling Kabupaten Bandung 26 Januari 2021

Bandung Raya - Soreang, Lokasi dan Syarat SIM Keliling Kabupaten Bandung 26 Januari 2021, SIM Keliling Bandung,SIM Bandung,perpanjangan sim bandung,Syarat permohonan SIM Bandung,Cara Buat SIM Bandung,Jadwal SIM Keliling Bandung,SIM Online Keliling Bandung,Lokasi SIM online Bandung,SIM Online Polresta Bandung

Bupati Bandung: Tingkat Kebencanaan Menurun

Soreang Senin, 25 Januari 2021 | 20:09 WIB

Bupati Bandung Dadang M Naser mengklaim dalam beberapa tahun terakhir tingkat kebencanaan terus mengalami penurunan.

Bandung Raya - Soreang, Bupati Bandung: Tingkat Kebencanaan Menurun, Bupati Bandung Dadang M Naser,Tingkat Kebencanaan Kabupaten Bandung,Bencana di Kabupaten Bandung

Perpanjang PPKM, Pemkab Bandung Segera Rapid Test Antigen Massal

Soreang Senin, 25 Januari 2021 | 19:30 WIB

Selama perpanjangan PPKM, Pemkab Bandung akan melakukan rapid tes anti gen secara massal.

Bandung Raya - Soreang, Perpanjang PPKM, Pemkab Bandung Segera Rapid Test Antigen Massal, Rapid Test Antigen Massal,Pemkab Bandung,PPKM diperpanjang,Rapid Test Antigen di Kabupaten Bandung

artikel terkait

dewanpers