web analytics
  

Waspada, Badai La Nina Ancam Cianjur pada Desember

Minggu, 29 November 2020 21:13 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Artis, Waspada, Badai La Nina Ancam Cianjur pada Desember , Bencana Alam,Bencana alam Indonesia,Fenomena La Nina,La Nina,Cianjur

Bencana longsor di Sukanagara. (ayobandung/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Berdasarkan perkiraan cuaca, wilayah Kabupaten Cianjur pada Desember mendatang akan terdampak badai La Nina. Dinas PUPR Cianjur pun menyiapkan sejumlah alat berat untuk menangani dampak dari bencana.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, menuturkan disiapkan delapan unit alat berat yang disiagakan untuk membantu sewaktu-waktu terjadi bencana tanah longsor. Kedelapan alat berat itu terdiri dari lima unit eksavator PC 45, dua unit eksavator PC 200, dan satu unit loader.

"Sudah kita siapkan alat berat, kan sewaktu-waktu dibutuhkan, kita siapkan alat beratnya kalau terjadi bencana," kata Eri pada Ayobandung.com, Minggu (29/11/2020).

Semua alat berat kondisinya bagus. Saat ini ada yang disimpan di workshop dan ada juga yang disiagakan di UPTD Dinas PUPR di beberapa kecamatan di wilayah selatan.

Dalam kurun beberapa bulan terakhir, Dinas PUPR dimintai bantuan BPBD mengevakuasi material tanah longsor yang menutup badan jalan. Frekuensi permintaannya relatif cukup tinggi mengingat intensitas kebencanaan juga meningkat akhir-akhir ini di wilayah selatan.

"Kan kita itu pendukung saja, karena memang keberadaan alat berat ini juga untuk pekerjaan proyek," tuturnya.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Mochammad Irfan Sofyan, mengaku intensitas bencana hidrometeorologi akhir-akhir ini cukup meningkat. Utamanya di wilayah selatan yang ditandai beberapa kali terjadi banjir bandang akibat luapan sungai serta tanah longsor dari kawasan perbukitan atau tebing hingga menutup badan jalan.

"Kita selalu berkoordinasi lintas sektoral. Untuk alat berat, kita selalu berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Cianjur maupun provinsi untuk menangani material tanah longsor yang menutup badan jalan," terang Irfan. 

 

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers