web analytics
  

Minum Kopi Efektif Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya

Minggu, 29 November 2020 06:15 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Minum Kopi Efektif Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya, diet,Diet Sehat,Kopi,Jejak Pabrik Kopi Bandung,Kopi di Bandung

Ilustrasi - Kopi dijadikan sebagai menu diet karena diyakini dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh (Anja#helpinghands #solidarity#stays healthy dari Pixabay )

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemanfaatan kopi untuk diet dilakukan karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi diyakini dapat meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Namun, benarkah kopi efektif untuk menurunkan berat badan? 

Ada beragam produk kopi untuk diet yang beredar di pasaran. Salah satu yang populer adalah ekstrak biji kopi hijau yang dipercaya berkhasiat dalam menurunkan berat badan.

Dikutip dari alodoker, kopi dijadikan sebagai menu diet karena diyakini dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Sejumlah zat aktif pada kopi yang dapat memengaruhi metabolisme antara lain:

  1. Kafein, yaitu stimulan utama sistem saraf pusat
  2. Teobromin dan teofilin, yaitu zat yang juga memiliki efek stimulan
  3. Asam klorogenat, yaitu senyawa aktif yang dapat membantu memperlambat proses penyerapan karbohidrat
  4. Senyawa yang paling dikenal luas dari ketiga zat di atas adalah kafein, karena ini merupakan stimulan paling kuat pada kopi dan juga paling banyak dipelajari. Selain membuat Anda menjadi terbangun dan berenergi, kafein juga memiliki beberapa manfaat lain.

Kafein diketahui dapat merangsang pemecahan jaringan lemak. Ditambah lagi, senyawa ini juga dapat meningkatkan laju metabolisme, sehingga lemak yang telah dipecah lebih cepat dibakar dan menghilang untuk menghasilkan energi, bahkan ketika Anda sedang beristirahat sekalipun.

Selain itu, kafein juga diklaim mampu merangsang terjadinya proses thermogenesis, yaitu cara tubuh menghasilkan panas dan energi dari mencerna makanan. Kafein juga dapat menurunkan nafsu makan meski dalam waktu yang singkat.

Meski telah ada klaim mengenai efektivitas kopi untuk diet, faktanya belum ada bukti bahwa efek ini dapat dirasakan dalam jangka panjang. Hal ini karena tubuh bisa mengalami toleransi terhadap efek kafein. Artinya, lama kelamaan efek kopi bisa tidak berpengaruh seperti ketika awal pertama mengonsumsinya.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa efek kopi untuk meningkatkan metabolisme tidak terlalu signifikan pada orang yang sudah mengalami obesitas dan akan menurun seiring bertambahnya usia.

Kebiasaan orang dalam mengonsumsi kopi juga turut memengaruhi kinerja kafein dalam menurunkan berat badan. Bagi yang mengonsumsi kopi dengan tambahan gula, krim, atau pemanis buatan, penurunan berat badan akan lebih sulit untuk diperoleh. Pasalnya, hal ini justru dapat menambah jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Efek Samping Kopi untuk Diet
Agar manfaat kopi untuk diet dapat diperoleh, Anda harus memperhatikan takaran konsumsinya. Asupan kafein yang dianjurkan per hari adalah 400 mg. Ini kira-kira setara dengan 3–4 cangkir (± 200 ml/cangkir) kopi hitam dalam sehari.

Namun, perlu diingat bahwa Anda juga perlu menghitung asupan dari makanan dan minuman lain yang juga mengandung kafein, misalnya teh, soda, cokelat, dan minuman berenergi. Jadi, jika Anda juga mengonsumsi minuman atau makanan tersebut, konsumsi kopi harus dikurangi agar asupan kafein harian Anda tidak berlebihan.

Mengapa itu penting untuk diperhatikan? Alasannya adalah karena konsumsi kafein secara berlebih dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti insomnia, gangguan pencernaan, dan gangguan kecemasan. Padahal, tidur yang cukup, pencernaan yang lancar, dan emosi yang stabil juga berperan besar dalam diet menurunkan berat badan.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan menggunakan kopi untuk diet maupun untuk konsumsi sehari-hari jika memiliki penyakit diabetes, glaukoma, tekanan darah tinggi, osteoporosis, atau sedang hamil atau menyusui.

Jika sedang mengonsumsi obat untuk masalah jantung, tulang, paru-paru, menopause, maupun gangguan kesehatan mental, Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi untuk diet.

Jika Anda masih bingung dan ingin tahu apakah konsumsi kopi bisa efektif untuk menurunkan berat badan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli gizi. Dokter bisa melakukan evaluasi dan menentukan pola diet yang sesuai untuk kondisi Anda.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers