web analytics
  

RS Ummi Beri Penjelasan Terkait Kepulangan Habib Rizieq

Minggu, 29 November 2020 15:00 WIB
Umum - Regional, RS Ummi Beri Penjelasan Terkait Kepulangan Habib Rizieq, RS UMMI Bogor,Habib Rizieq kabur dari RS UMMI,Habib Rizieq RS UMMI,Hasil swab Habib Rizieq

RS Ummi di Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor tempat Habib Rizieq Shihab sempat dirawat. (Ist/Republika)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Rumah Sakit Ummi mengkonfirmasi pulangnya Habib Rizieq Shihab pada Sabtu (28/11/2020) malam. Habib Rizieq pulang atas permintaan sendiri, bukan rumah sakit yang memulangkan.

Berdarkan keterangan dari Direktur Utama RS Ummi, Andi Tatat, kepulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI) atas permintaan sendiri. Pihak RS Ummi telah mengedukasi pasien dan keluarga sebelum pulang. Sebab, hasil pemeriksaan terhadap pasien yang bersangkutan, Habib Rizieq, belum keluar.

"Pasien dan keluarga pada Sabtu malam menginformasikan ke pihak rumah sakit untuk meminta pulang atas permintaan sendiri. Pihak RS Ummi mengedukasi pasien dan keluarga mengenai hasil pemeriksaan yang belum ada hasil, tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," ungkap Andi melalui pesan singkat, Minggu (29/11/2020).

Untuk itu, RS Ummi tidak bertanggungjawab jika terjadi sesuatu terhadap Habib Rizieq setelah memaksa pulang. Berdasarkan keterangannya, Andi mengatakan, pihak Habib Rizieq bersedia menandatangani dokumen jika kepulangannya atas kemauan Habib Rizieq beserta keluarga.

"Istilah di rumah sakit kejadian tersebut merupakan pulang atas permintaan sendiri, bukan rumah sakit yang memulangkan," kata Andi.

RS Ummi juga menyerahkan sepenuhnya hasil tes swab Habib Rizieq kepada pihak keluarga. Menurut RS Ummi, selama diobservasi Habib Rizieq dalam keadaan baik.

"Untuk hasil karena beliau sudah meninggalkan rumah sakit, dapat ditanyakan langsung ke pasien dan keluarga," kata Andi.

Habib Rizieq melakukan tes swab pada Jumat (27/11) di RS Ummi. Andi mengatakan, pelaksanaan tes swab itu dilakukan dengan didampingi oleh tim medis pribadi yang ditunjuk keluarga Habib Rizieq.

"Kami melaporkan bahwa kondisi Habib Rizieq selama observasi general check up, Alhamdulillah Sabtu (28/11/2020) malam kondisi sehat. Dan meminta untuk pulang dan kembali diserahkan ke dokter pribadi untuk pulang," jelasnya.

Andi juga menyinggung adanya miskomunikasi antara rumah sakit dengan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

"Sehingga kemarin kami langsung koordinasi dengan wali kota meminta waktu untuk menyampaikan semuanya agar beliau memahami secara lengkap," tambahnya.

Habib Rizieq tidak lagi berada di RS Ummi. Dia didapati meninggalkan kamarnya pada Sabtu (28/11/2020) malam.

Informasi tersebut dihimpun dari surat Kapolres Kota Bogor Kombes Pol Hendri Fiuser kepada Kapolda Jabar melakukan pengecekan terhadap keberadaan Habib Rizieq pada Sabtu malam. Namun, dari hasil koordinasi dengan petugas di RS Ummi, ternyata Habib Rizieq sudah tidak lagi berada di kamarnya.

"Hasil koordinasi dan komunikasi dengan security RS Ummi, bahwa saudara Muhammad Rizieq Shihab telah meninggalkan RS Ummi sekitar pukul 20.50 WIB melalui pintu belakang," kata Hendri melalui keterangannya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers