web analytics
  

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun, Bisa Cegah Stroke Hingga Kanker

Minggu, 29 November 2020 07:56 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun, Bisa Cegah Stroke Hingga Kanker, Khasiat minyak zaitun,Manfaat minyak zaitun,Minyak Zaitun,Cegah kanker dengan minyak zaitun

Minyak zaitun ekstra virgin mengurangi gula darah dan kolesterol lebih dari jenis lemak lainnya. (Pixabay)

AYOBANDUNG.COM -- Tanaman Zaitun dan minyak zaitun sudah sejak lama mempunyai manfaat dan khasiat dalam bidang kesehatan. Bahkan, ada banyak bukti ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut.

Zaitun juga dikenal memiliki kandungan rendah kolesterol dan sumber serat makanan yang sangat baik, dan  dibutuhkan tubuh untuk kesehatan usus. Zaitun juga kaya akan zat besi dan tembaga.

Minyak zaitun dibuat dengan menghancurkan buah zaitun, kemudian memisahkan minyaknya.

Minyak ini memainkan peran untuk mencegah seseorang terhindar dari penyakit jantung hingga penyakit kanker, dan disarankan untuk konsumsi rutin setiap pagi.

Berikut beragam manfaat konsumsi minyak zaitun tiap, seperti dilansir dari Boldsky, Sabtu (28/11/2020), di antaranya yaitu:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Banyak dari kita, orang awam, akan berpendapat bahwa setiap jenis minyak pada umumnya mengandung lemak tidak sehat dan tidak baik bagi jantung, bukan?

Nah, beberapa minyak organik seperti minyak zaitun mengandung asam lemak sehat yang dapat menjaga arteri Anda tetap melebar dan terlumasi dengan baik sehingga memudahkan aliran darah ke jantung, sehingga membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sekali lagi, banyak dari kita mungkin mengira bahwa mengonsumsi minyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan banyak orang yang memperhatikan berat badannya cenderung menghindari semua jenis minyak.

Namun, karena minyak zaitun hanya mengandung lemak sehat, minyak ini membantu meningkatkan laju metabolisme Anda, yang pada gilirannya memungkinkan penurunan berat badan lebih cepat.

3. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi 1 sendok minyak zaitun setiap pagi hari juga diketahui dapat mencegah perkembangan kolesterol tinggi.

Selain itu, juga dapat menurunkan kadar kolesterol pada orang yang menderita kolesterol tinggi, karena minyak zaitun dapat menghilangkan penumpukan plak di arteri, dengan cara melumasi dinding arteri.

4. Mengurangi Nyeri Sendi

Nyeri sendi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti obesitas, artritis, usia tua, osteoporosis, dll. Ketika jaringan pada persendian membengkak menyebabkan nyeri sendi.

Minyak zaitun adalah pelumas alami yang membuat persendian Anda tetap fleksibel untuk mencegah rasa sakit. Selain itu, minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang juga dapat mengurangi nyeri sendi secara signifikan.

5. Mencegah Stroke

Tadi kita membaca bahwa minyak zaitun memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit jantung dan dapat menurunkan kolesterol tinggi.

Seperti kita ketahui, penyakit jantung dan kadar kolesterol tinggi adalah dua penyebab utama stroke kelumpuhan, karena penyakit ini tidak memungkinkan darah beroksigen cukup untuk masuk ke otak. Nah, secara tidak langsung minyak zaitun juga bisa mencegah stroke yang bisa berakibat fatal!

6. Mencegah Alzheimer

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mendengar penyakit otak degeneratif, Alzheimer, bukan? Ketika sel-sel otak mulai merosot dengan cepat, itu dapat menyebabkan Alzheimer, di mana orang menderita kehilangan ingatan, kehilangan kognisi dan koordinasi, kehilangan keterampilan sosial, mudah tersinggung, agresi, dan depresi.

Minyak zaitun juga memiliki kemampuan untuk menyehatkan sel-sel otak Anda dan menjaganya tetap sehat untuk waktu yang lebih lama, ini dapat mencegah Alzheimer.

7. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah kelainan metabolisme yang umum terjadi di mana kadar gula darah naik di atas normal sehingga menimbulkan sejumlah gejala yang tidak diinginkan. Ada dua jenis diabetes - tipe 1 dan tipe 2.

Nah pada diabetes tipe 2, tubuh tidak memproduksi cukup insulin. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi buah zaitun secara rutin dapat menjaga kesehatan produksi insulin dalam tubuh Anda, sehingga mencegah terjadinya diabetes tipe 2.

8. Mencegah Kanker

Seperti yang telah kita ketahui, kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan yang dapat menyerang manusia, karena gejalanya bisa sangat merusak dan juga bisa berakibat fatal!

Sel kanker mulai berkembang biak dengan kecepatan yang mengkhawatirkan di bagian tubuh tertentu, menyebabkan penyakit ini.

Kini, studi penelitian telah membuktikan bahwa minyak zaitun memiliki khasiat anti kanker, yang dapat mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya kanker.

9. Meredakan Radang Perut

Mengkonsumsi 1 sendok makan minyak zaitun setiap pagi dapat meredakan dan mengurangi sakit maag, karena antioksidan dalam minyak zaitun dapat mengurangi kandungan asam dalam lambung dan juga dapat menyembuhkan jaringan yang terkena tukak lambung.

10. Mengurangi Sembelit

Jika Anda ingin meredakan sembelit dan bisa buang air besar dengan mudah, setiap hari, maka mengonsumsi satu sendok makan minyak zaitun di pagi hari dapat membantu karena minyak zaitun melumasi usus dan melembutkan kotoran, sehingga memungkinkan tinja untuk dikeluarkan dari tubuh Anda dengan mudah.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers